Singkatan

11 Kepanjangan dari Singkatan yang Kita Gunakan Sehari-hari!

Kita telah menggunakan banyak sekali singkatan dalam berkomunikasi dengan orang di keseharian kita, tapi apa kalian tahu kepanjangan dari singkatan-singkatan tersebut?

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Terdapat beberapa fakta unik yang dimiliki oleh manusia, pada tahu gak kalau wanita itu ternyata bisa berbicara sebanyak 20.000 kata per hari, sedangkan pria hanya berbicara dengan jumlah kata yang lebih sedit dari perempuan, yaitu 7.000 kata per hari.

Sangking banyaknya kosakata yang kita ucapkan dalam keseharian kita, terlahirlah beberapa singkatan-singkatan yang membantu kita untuk berkomunikasi dengan orang. Singkatan ini ternyata diadaptasi dari kosakata percakapan kita sehari-hari.

Nah, sekarang kita bakal memberi kamu rangkuman 11 kepanjangan dari singkatan yang sering kita gunakan dalam percakapan sehari-hari!

11 Kepanjangan dari Singkatan yang Kita Gunakan Sehari-hari

1. HVS

Scattered white paper
Scattered white paper (Unsplash/Brandi Redd)

Semua orang pasti udah tau sama barang ini, apalagi bagi orang kantoran dan anak kuliahan barang ini merupakan komoditi penting. Ya, barang ini adalah HVS yang ternyata memiliki kepanjangan singkatan dari "Hout Vrij Schrift". Nah, HVS itu sendiri berarti kertas tulis, wah ternyata itu ya artinya!

Baca: 7 Fakta Penting dari Vape atau Pods yang Harus Kamu Ketahui, Bahaya Atau Enggak ya?

2. Laser

Unsplash/Zak Sakata
(Unsplash/Zak Sakata)

Kalau udah ngomongin Laser pasti kalian kebayang sama film perang pesawat luar angkasa dengan senjata laser yang dapat mengeluarkan cahaya warna warni. Nah, ternyata laser itu adalah singkatan dari "Light Amplification by Stimulated Emmission Raditiaton", bener-bener gak nyangka deh!

3. OK

Okay
Okay (Unsplash/Elena Rabkina)

Untuk kata ini tidak usah ditanya lagi, pasti semua pernah mengucapkannya sehari-hari. Kata ini dipakai untuk menyatakan maksud persetujuan akan suatu hal, ternyata kata OK ini juga memiliki singkatan loh! Kata “OK”diadaptasi dari bahasa inggris yaitu "All Correct", yang memiliki arti “semua benar”.

4. H&M

H&M Store
H&M Store

Pasti semuanya tidak asing kan dengan brand fashion asal Swedia yang satu ini? Nah, ternyata H&M merupakan singkatan dari nama Hennes&Mauritz. Pada awalnya H&M hanya bernama Hennes saja yang memiliki arti dari bahasa inggris “Hers” atau “milik perempuan”.

Pada tahun 1968, Hennes mulai mengubah namanya menjadi H&M dikarenakan terjadinya merger Hennes dengan brand fashion pria asal Stockholm, Maurits Widforss.

5. Ray-Ban

Ray-Ban Sunglasses
Ray-Ban Sunglasses

Ray-Ban terkenal sebagai brandkacamata hitam nya yang keren, tapi ternyata mereja juga menjual kacamata biasa juga loh! Brandkacamata ini berdiri dikarenakan dulu pernah ada permintaan dari seorang pilot untuk dibuatkan kacamata yang dapat menghalangi mata dari silau matahari selama dia terbang.

Baca: Bestfriend Goals, Ini 5 Fakta Persahabatan Vincent dan Desta Yang Sudah Terjalin 27 Tahun.

Nah, “menghalangi sinar matahari”dalam bahasa inggris disebut juga dengan “x-ray banned”. Karena pengucapannya yang sulit, perusahaan Bausch &Lomb menyempurnakan kembali nama dari brand ini dengan nama “Ray-Ban”, wah bisa begitu ya?!

6. DAMRI

DAMRI Buses
DAMRI Buses

Angkutan umum yang bernama DAMRI ini banyak dikenali oleh masyarakat dan sering digunakan untuk berpergian, seperti untuk berangkat kerja ke kantor, pergi ke luar kota, ataupun pergi ke bandara.

Tapi pernah gak sih terpikir kalau DAMRI itu kepanjangannya apa? Nah, DAMRI merupakan singkatan dari "Djawatan Angkoetan Motor Repoeblik Indonesia", yang pertama kali beroperasi pada 15 November 1946, wah tua juga ya!

7. GPS

Local SEO Google map image I created for a blog post on local marketing. An everyday interaction with technology.
Local SEO Google map image I created for a blog post on local marketing. An everyday interaction with technology. (Unsplash/henry perks)

Pas banget nih buat kamu yang suka nyasar kalau jalan kemana-mana, pasti kamu udah sering banget pake perangkat lunak ini! Ya, GPS adalah singkatan dari "Global Positioning System", untuk padanan kata secara bahasa Indonesia disebut juga “Sistem Pemosisi Global”.

8. BH

Unsplash/Uliana Kopanytsia
(Unsplash/Uliana Kopanytsia)

BH merupakan penyebutan untuk penyangga payudara bagi perempuan. Nah, buat kamu yang perempuan jangan sampai gak tahu nih sama kepanjangan dari singkatan barang penting ini! Ternyata BH adalah singkatan yang berasal dari bahasa Belanda yaitu ”Buste Hounder”.

9. WC

Yellow airport sign
Yellow airport sign (Unsplash/Paul Green)

Kita sejak kecil sudah sering banget ngucapin kata ini kalau mau BAB atau BAK. Perlu kita ketahui, WC adalah singkatan dari “Water Closet”yang berarti tempat untuk BAB atau BAK.

10. HP

HP Laptop
HP Laptop

BrandLaptop yang satu ini udah terkenal banget di kalangan masyarakat, memang brand nya bertuliskan “HP”, tapi jangan disebut dengan handphone ya! Brand laptop ini adalah singkatan dari “Hewlett Packard”. Brand laptop ini mengambil nama dari pendiri perusahaan HP, yaitu Bill Hewlett dan Dave Packard.

11. Robot

Unsplash/Fitore F
(Unsplash/Fitore F)

Penyebutan kata “Robot” sendiri bukanlah kosakata baku untuk nama barang ini. Robot adalah singkatan dari “Residents Official Board of Technology”yang memiliki arti “mesin yang bisa bergerak”.

Baca: Menggemaskan, Ini Dia Fakta Menarik dari Lesung Pipi!

Baca: Takut iPhone Kamu Barang BM Karena Imei Ga Tembus? Begini Caranya Cek Imei iPhone!

Baca: Ini 5 Tanda Pasangan Lo Orang yang Posesif, Bikin Toxic!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium