Biji Kopi

5 Perbedaan Antara Biji Kopi Arabika dan Robusta!

Kopi memang banyak digemari oleh semua kalangan karena rasa nya yang nikmat.

Featured-Image
Kopi

EMPATPAGI.COM- Bagi kamu yang baru menggandrungi dunia kopi, kamu mungkin telah memperhatikan bahwa terdapat beberapa biji kopi yang mengandung 100% Arabika atau bahkan Robusta. Tapi apa sih sebenarnya Arabika dan Robusta itu?

Terdapat lebih dari 100 spesies kopi yang berbeda. Biji kopi Arabika dan Robusta adalah dua spesies jenis kopi yang berbeda, tetapi keduanya adalah biji kopi yang paling umum dibudidayakan untuk dikonsumsi. Tapi apa saja perbedaan antara biji kopi Arabika dan Robustaitu? Yuk kita bahas di bawah berikut!

5 Perbedaan Antara Biji Kopi Arabika dan Robusta

1. Bentuk Biji Kopi dan Lokasi Pembudidayaan

.

Biji kopi Arabika memiliki bentuk oval dan lebih tipis. Amerika Latin, khususnya Brazil, saat ini merupakan penghasil kopi Arabika terbesar, sedangkan Vietnam memimpin dalam produksi kopi Robusta.

Biji kopi Arabika biasanya ditanam di dataran tinggi, lebih rentan terhadap hama, dan lebih sulit untuk dirawat dan dipanen. Biji kopi Arabika dalam sekali panen menghasilkan hasil panen yang lebih rendah.

Baca: 5 Manfaat Kopi Untuk Kulit, Jangan Salah Kaprah!

Sedangkan untuk biji kopi Robusta memiliki bentuk yang lebih kceil dan lebih bulat dari biji kopi Arabika. Biji kopi Robusta dapat tumbuh di dataran rendah, dan umumnya dibudidayakan di belahan bumi Timur, di tempat seperti Afrika, Indonesia, dan Vietnam.

Biji kopi Robusta jauh lebih mudah untuk dibudidayakan, biji kopi Robusta sendiri lebih tahan terhadap hama dan penyakit. Biji kopi Robusta sendiri membutuhkan lebih sedikit perawatan daripada biji kopi Arabika. Biji kopi Robusta juga menghasilkan hasil panen yang lebih tinggi sehingga lebih efisien dalam pembudidayaan.

2. Kandungan Kafein, Antioksidan, dan Gula

.

Biji kopi Robusta mengandung lebih banyak kafein daripada biji kopi Arabika. Biji kopi Robusta mengandung 2,7% kandungan kafein sedangkan biji kopi Arabika memiliki 1,5% kandungan kafein.

Bagi para peminum kopi di pagi hari, mengonsumsi kopi denan biji kopi Robusta adalah pilihan tepat karena memiliki kandungan hampir dua kali lipat dari kandungan kafein di biji kopi Arabika.

Biji kopi Arabika juga mengandung 60% lebih banyak kandungan lemak dan memiliki hampir dua kali lipat jumlah kandungan gula jika dibandingkan dengan biji kopi Robusta.

3. Harga Biji Kopi

.

Harga untuk biji kopi Arabika lebih mahal daripada biji kopi Robusta, hal ini disebabkan oleh permintaan pasar yang tinggi hampir sebesar 75% dan tingkat kesulitan dalam merawat biji kopi tidak sebanding dengan tingkat hasil panen yang terbatas.

4. Penggunaan Biji Kopi

.

Meskipun biji kopi Arabika adalah jenis biji kopi paling populer untuk digunakan dalam minuman kopi, terutama pada coffeeshop pada umumnya, tetapi bukan berarti tidak ada peminat untuk biji kopi Robusta.

Baca: Jangan Ngaku Coffee Addict, Sebelum Tahu Jenis-jenis Kopi Ini!

Pada biji espresso, terutama biji kopi Italia, kita dapat menemukan campuran biji kopi Arabika dan Robusta. Biji kopi Robusta secara umum digunakan dalam dalam produksi kopi instan. Karena kopi instan mementingkan tingkat kafein bagi para konsumer dan tidak terlalu mementingkan rasa.

5. Segi Rasa

.

Biji kopi Robusta memiliki tingkat kafein yang tinggi dan kandungan gula yang lebih sedikit, cenderung terasa lebih kuat, pahit, bernuansa tanah, dan agak pedas. Biji kopi Robusta cocok untuk espresso karena menambahkan banyak rasa pada secangkir kopi.

Biji kopi Arabika cenderung memiliki rasa yang lebih lembut, ringan, berbuah, dan lebih manis jika dibandingkan dengan biji kopi Robusta, sehingga membuatnya lebih digandrungi dibandingkan biji kopi Robusta.

Semoga artikel di atas dapat menambah ilmu kamu mengenai dunia perkopian ya, dan jangan lupa untuk dibarengin dengan olahraga biar badan kamu sehat terus untuk dapat menikmati kopi!

Baca: Buat para Coffee Lovers, Ini Dia 10 Menu Paling Enak di Starbucks! Ada Secret Recipe Juga!

Baca: 5 Tempat Ngopi di Kemang Ini Miliki Ruang Terbuka, Nongkrong di Tengah Pandemi!

Baca: 5 Cafe Murah di Depok yang Asik Buat Nongkrong, Chill Abis!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium