Apa Yang Terjadi Pada Uji Coba Vaksin COVID-19? Begini Kabarnya!

Beberapa kabar dari Vaksin Covid-19 yang dinanti oleh masyarakat

Featured-Image
Sumber: Tekno Tempo Co

EMPATPAGI.COM- Sudah mulai memasuki bulan kedelapan semenjak Covid-19 masuk ke Indonesia, sudah beberapa kali juga PSBB diterapkan di berbagai daerah. Namun, meskipun begitu tidak dapat dipungkiri aktifitas masyarakat yang sibuk setiap harinya tak dapat dibendung dengan berbagai jenis PSBB.

Jalan keluar dari semua itu hanyalah satu, dengan adanya Vaksin. Lalu bagaimana kabar terbaru vaksin-vaksin Covid-19 memasuki akhir tahun 2020 ini?

Begini Kabar Yang Terjadi Pada Vaksin Covid-19!

Rusia beritahu RI kalau Vaksin Sputnik V lebih murah daripada Sinovac!

Duta Besar Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva memastikan kalau Vaksin Sputnik V lebih murah dibandingkan dengan Sinovac, walaupun belum mengetahui harga pasti pasarannya. Tapi, ia dapat menjamin kalau harganya tidak akan mencapai ratusan dollar AS.

Sejauh ini pemerintah Indonesia telah berulang kali menggemborkan berita ke publik bahwa mereka akan membeli Vaksin buatan China, yaitu Sinovac. PT. Bio Farma persero menyebutkan kalau harga Vaksin tersebut berkisar antara Rp.200 Ribu per dosis.

Baca: Target Ekonomi Indonesia Di Masa Covid 19

Ada Kabar buruk dari uji coba Vaksin Sinovac di Brasil

Kabar Buruk datang dari uji coba Vaksin Covid-19 di Brasil, Uji Klinis yang diadakan sejak akhir Oktober lalu ini akhirnya ditangguhkan dengan alasan adanya insiden yang serius.

Anvisa, Otoritas Kesehatan Brasil tidak mau merinci kejadian pasti tersebut karena alasan privasi. Dan langkah ini pastinya merupakan kemunduran dari pengembangan Vaksin yang sudah ditunggu-tunggu oleh masyarakat dunia.

Direktur Institut Butanan Sao Paulo, Dimas Covas menduga uji coba ini ditangguhkan akibat adanya relawan yang meninggal dunia, tetapi ia menambahkan kalau kematian itu tidak ada kaitannya dengan Vaksin Sinovac. Sehingga Dimas heran pada Anvisa yang tidak ingin menjelaskan secara rinci ke muka publik.

"Ada lebih dari 10.000 relawan uji coba vaksin saat ini, kematian tentu dapat terjadi, namun ini adalah kematian yang tidak ada hubungannya dengan vaksin, karena itu bukan saatnya untuk menghentikan uji coba," kata Dimas Covas, seperti dikutip dari Reuters.

Pemerintah RI tertarik pada Vaksin AstraZeneca!

Selain Vaksin Sinovac, pemerintah Indonesia nampaknya juga tertarik untuk membeli Vaksin asal Inggris, AstraZenecca. Bahkan disebut-sebut Indonesia melakukan pembayaran muka untuk Vaksin Covid-19 tersebut sebesar Rp, 36,7 Triliun akhir Oktober lalu.

Baca: Fashion: Mengenal 7 Motif Batik Indonesia Yang Mendunia!

Konfirmasi dari Airlangga Hartanto

Dalam forum dialog virtual yang diadakan oleh BNPB Indonesia, Senin (12/10), Menteri Koordinator Bidang Perekonomian sekaligus Ketua Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional Airlangga Hartanto memberi sinyal, bahwasannya pemerintah RI belum tertarik untuk membeli vaksin asal Rusia, Sputnik V.

"Kami sudah berbicara dengan beberapa, AstraZeneca, Sinovac, Sinopharm, Johnson &Johnson, tentu ini nanti kami membahas dan garap yang kami garap sampai saat ini dan yang insyaallah sudah dipastikan," tutur Airlangga.

Menerapkan 3T dan 3M selagi menunggu Vaksin COVID-19

3M merupakan Protokol Kesehatan yang ditetapkan selama Pandemi Covid-19 berlangsung, yaitu, Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan. Sementara 3T adalah upaya yang dilakukan pemerintah dalam mengurangi kasus pandemi Covid-19 ini, Tracing, Testing, dan Treatment. Penerapan 3T dan 3M ini harus sejalan agar Indonesia bisa mengatasi pandemi selagi menunggu Vaksin tiba.

Namun yang terjadi di lapangan, proses 3T yang kurang transparansi, serta masyarakat yang masih bebal dalam menerapkan 3M membuat Indonesia masih jauh dari kata-kata berhasil dalam mengatasi pandemi.

Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menghadapi pandemi ini dengan menerapkan 3M yang lebih rajin lagi sambil menunggu Vaksin tiba, agar setidaknya kita dapat meminimalisir kemungkinan untuk tertular Covid-19 dan dapat beraktifitas seperti biasanya.

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium