Komedo

5 Cara Menghilangkan Komedo Membandel Dengan Bahan Dapur Alami

Berbagai masalah pada wajah ada banyak, beberapanya adalah jerawat, bekas jerawat, berminyak, kering, kusam dan masih banyak lagi.

Featured-Image
Ilustrasi hidung bebas komedo

EMPATPAGI.COM - Selain beberapa hal tersebut yang sering kita alami adalah komedo, biasanya karena menumpuknya kotoran dan minyak pada wajah.

Ada dua jenis komedo yaitu blackheads dan whiteheads. Biasanya blackheadsterjadi karena menumpuknya kotoran dan sel kulit mati berlebih pada wajah, kalau whiteheadsmuncul karena menumpuknya minyak pada pori-pori.

Nah, banyak bahan dapur alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan komedo lho. Lumayan kan buat bikin kantong kamu enteng!

5 Cara Menghilangkan Komedo Membandel

1.   Putih Telur 

Ilustrasi Telur
Ilustrasi Telur

Bahan ini memang terkenal ampuh untuk memangkas habis komedo. Selain menghilangkan komedo juga ternyata bermanfaat untuk melembabkan serta menghambat penuaan dini pada kulit. 

Baca: Jangan Sembarangan! Ini 5 Bahan Masker Alami yang Bahaya untuk Kulit Sensitif

Cara penggunaannya seperti memakai pore pack, usapkan putih telur pada kapas atau tissue lalu tempelkan pada area kulit kamu yang berkomedo. Lalu tunggu 15 menit, cuci area hidung dengan air hangat bersih lalu cuci lagi dengan air dingin.

2.   Garam

Ilustrasi Garam
Ilustrasi Garam

Garam mempunyai efek yang lebih keras terhadap kulit, teksturnya yang kristal bagus digunakan dengan teknik scrub. Enggak hanya membasmi komedo, ternyata bagus juga untuk menenangkan jerawat yang meradang. 

Caranya, campurkan satu sendok teh garam dapur dengan satu sendok makan air bersih. Usapkan ke area kulit kamu yang berkomedo secara perlahan, tunggu dahulu selama 5 menit lalu bilas dengan air bersih. Ingat ya, harus diusap secara perlahan supaya kulit kamu enggak sensitif.

3.   Jeruk Nipis

Ilustrasi Jeruk Nipis
Ilustrasi Jeruk Nipis

Jeruk nipis merupakan buah yang mengandung anti-oksidan dan vitamin C yang tinggi, ampuh membantu kulit kamu terhindar dari jerawat dan penuaan dini. Maka dari itu jeruk nipis juga dipercaya bisa menghilangkan komedo secara alami karena bisa mengangkat sel kulit mati dengan mudah.

Baca: 5 Obat Jerawat Paling Ampuh, Jerawat Hilang dalam Semalam!

Caranya, oleskan perasan jeruk nipis pada area kulit kamu yang berkomedo, diamkan selama 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

4.   Ampas kopi

Biji Kopi
Ilustrasi kopi

Kopi bermanfaat untuk peremajaan kulit dan juga mengangkat komedo karena mengandung kafein yang baik. Setelah minum kopi jangan dibuang ampasnya, biarkan dulu semalaman.

Caranya, usapkan ampas kopi tersebut pada area kulit kamu yang berkomedo, gosok perlahan sampai butiran kopinya meresap pada pori-pori lalu mengangkat komedo. Sehabis itu bilas sampai bersih dengan air.

5.   Ampas Teh

Ilustrasi Teh
Ilustrasi Teh

Selain menyehatkan tubuh saat dikonsumsi, ternyata teh juga bisa menghilangkan komedo karena kandungan vitamin E nya. Selain itu juga bisa menangkal radikal bebas lho.

Caranya, cukup tempelkan ampas teh yang sudah diseduh pada area kulit kamu yang berkomedo. Tunggu hingga 15 menit, lalu bilas dengan air bersih.

Itulah beberapa rekomendasi bahan dapur alami yang bisa dijadikan cara menghilangkan komedo. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya!

Baca: 5 Cara Memerahkan Bibir dari Rumah Secara Permanen

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz