Cara Membuat Mochi

Enak Banget, Ini Dia Tips Membuat Mochi Kacang Merah!

Daripada gabut di rumah, yuk kita bikin mochi!

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Tidak seperti jajanan donat, Mochi terbuat dari beras ketan japonica(mochigome). Secara tradisional, mochi dibuat dengan metode khusus. Nasi ketan dimasak dan ditumbuk dengan palu kayu (kine) dengan lesung tradisional (usu). Proses menumbuk mochi ini disebut "mochitsuki (餅 つ き)". Kemudian mochi dibentuk menjadi bentuk bulat atau persegi panjang.

Karena mochi yang baru dibuat memakan waktu cukup lama, Jadi kita juga bisa membuat mochi dengan shiratamako atau mochiko (ketan/tepung beras manis). Tepung dicampur dengan air dan dikukus di atas kompor atau di microwave.

Dengan metode cepat ini, mochi lengket yang gurih siap santap dalam waktu yang singkat. Kali ini Empatpagi.com akan menunjukkan cara membuat mochi dengan metode cepat!

Peralatan yang Dibutuhkan

  • Sendok adonan kue (lebih kecil dari sendok es krim)
  • Rolling pin
  • Pemotong kue 3,5 inci (9 cm) atau mangkuk bundar

Bahan-bahan yang Perlu Disiapkan

Berikut adalah bahan yang perlu disiapkan dalam membuat mochi kacang merah yang lezat, yuk kita lihat daftar di bawah ini:

  • ¾cangkir shiratamako (tepung ketan/tepung beras manis) (¾cangkir=100 g)
  • ¾gelas air (¾gelas=180 ml)
  • ¼cangkir gula (¼cangkir=50 g)
  • ½cangkir tepung kentang / tepung maizena (½cangkir=100 g)
  • 1½cangkir pasta kacang merah

Baca: 7 Makanan Ini Bisa Dijadikan Kue Ulang Tahun, Biar Gak Monoton!

Instruksi Pembuatan Mochi Kacang Merah

1. Kumpulkan semua bahan yang telah disiapkan
.
.
2. Campurkan shiratamako dan gula dalam mangkuk dan kocok semuanya
.
.
.
3. Tambahkan air dan aduk rata sampai tercampur
.
.
4. Metode Microwave

Jika kita menggunakan microwave untuk memasak mochi, tutup mangkuk dengan plastik pembungkus (jangan tutup terlalu rapat). Masukkan mangkuk ke dalam microwave dan panaskan dengan api besar (1100w) selama 1 menit.

Baca: Doyan Traveling? Ini 5 Rekomendasi Makanan Enak Khas Berbagai Negara, Wajib Coba!

Keluarkan dan aduk dengan spatula karet basah. Tutup kembali dan masak selama 1 menit. Aduk lagi, tutup, dan masak selama 30 detik untuk menyelesaikan memasak. Warna mochi akan berubah dari putih menjadi hampir transparan.

.
.
.
5. Metode Mengukus

Jika kita menggunakan alat pengukus, tutupi tutup kukusan dengan handuk agar kondensasi tidak jatuh ke dalam campuran mochi.

Masukkan mangkuk ke dalam keranjang kukusan dan tutupi untuk memasak selama 15 menit.

Setengah masak, aduk dengan spatula karet basah dan tutupi untuk menyelesaikan memasak. Warna mochi akan berubah dari putih menjadi hampir transparan.

.
.
.
6. Tutupi permukaan dengan kertas roti dan taburi dengan tepung kentang. Kemudian pindahkan mochi yang sudah matang di atasnya
.
.
7. Agar tidak lengket, taburkan lebih banyak tepung kentang di atas mochi. Setelah agak dingin, kita bisa menyebarkan mochi menjadi lapisan tipis dengan tangan atau dengan penggilas adonan. Pastikan untuk mengoleskan tepung kentang di tangan dan penggilas adonan. Disarankan menggunakan penggilas adonan karena lebih mudah menyebar secara merata.
.
.
8. Pindahkan mochi dengan kertas roti ke atas loyang besar. Dinginkan selama 15 menit sampai mochi mengeras
.
9. Keluarkan mochi dari lemari es dan potong 7-8 lingkaran dengan cetakan kue
.
.
10. Bersihkan sisa tepung kentang dengan sikat kue. Jika menemukan bagian yang lengket, tutupi area tersebut dengan tepung kentang terlebih dahulu lalu bersihkan. Letakkan bungkus plastik di atas piring lalu bungkus mochi di atasnya, lalu taruh lagi selapis pembungkus plastik.
Ulangi untuk semua pembungkus. Dengan sisa adonan mochi, gulung menjadi bola lalu ratakan menjadi lapisan tipis lagi dan potong menjadi lebih banyak pembungkus lingkaran (kira-kira dengan bahan segini bisa membuat sekitar 12 bungkus mochi)
.
.
.
11. Sekarang kita siap membuat mochi. Letakkan satu lembar bungkus plastik dengan lapisan mochi di atasnya. Dengan menggunakan sendok kue, keluarkan kacang merah di atas bungkus mochi.
.
.
12. Jepit keempat sudut lapisan mochi untuk membungkus kacang merah. Kemudian cubit sudut yang tersisa menjadi satu.
.
.
.
13. Taruh sedikit tepung kentang di area tertutup dan sisihkan. Lanjutkan membuat mochi lainnya. Simpan di tempat kering yang sejuk dan nikmati dalam dua hari.
.
.

Baca: Tahu Lover? Ini 10 Kuliner Olahan Tahu Terenak di Jakarta dan Tangerang!

Baca: Ini 3 Resep Makanan yang Mudah yang Bisa Kamu Buat Saat Karantina Mandiri!

Baca: Ini 5 Kumpulan Resep Masakan Viral Ala TikTok, Gampang Banget Buat Cobain di Rumah!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium