Kecantikan

12 Cara Memerahkan Bibir dari Rumah Secara Permanen

Ingin bibir merah alami tanpa pakai lipstik? Coba lakukan cara-cara ini di rumah!

Featured-Image
Memerahkan bibir alami

EMPATPAGI.COM - Memiliki bibir dengan warna yang cenderung gelap tentu akan menjadi salah satu masalah bagi sebagian besar perempuan. Ya, bibir merupakan salah satu aset terpenting dalam penampilan para perempuan.

Selain letaknya yang terpampang nyata di wajah, memiliki bibir yang gelap juga sering disebut sebagai orang yang punya pola hidup gak sehat.

Di jaman yang serba instan, para wanita cenderung memilih memerahkan bibir mereka dengan cara menyulamnya. Namun, menggunakan cara yang instan dalam memerahkan bibir tentu akan menghasilkan hasil yang sementara.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 12 cara memerahkan bibir yang alami dan permanen versi Empat Pagi!

12 Cara Memerahkan Bibir dengan Alami

1. Eksfoliasi

Eksfoliasi bibir
Eksfoliasi bibir

Eksfoliasi merupakan salah satu cara terbaik untuk mengangkat sel-sel kulit mati pada kulit. Ketika berhubungan dengan bibir, mengeksfoliasi kulit bibir dengan gula merupakan cara yang tepat guna memerahkan bibir. Kamu bisa mencampurkan gula dengan minyak almond, kemudian menggosokannya ke bibir.

  • Scrub madu + gula
  • 2 minggu sekali
  • Aplikasi 10 menit atau lebih

Baca juga: Kulit Sensitif? Ini 5 Primer dengan Kandungan Paling Aman!

2. Lidah Buaya

Lidah buaya
Lidah buaya

Lidah buaya sudah dikenal baik dengan segudang khasiatnya, yang mana menjadikan lidah buaya sebagai bahan alami terbaik untuk melembapkan kulit wajah, hingga bibir. Gak hanya sebagai bahan yang dapat memerahkan bibir, lidah buaya juga dapat melembutkan bibir.

  • Mengandung vitamin A dan C
  • Aplikasikan 10 - 15 menit
  • Bisa eksfoliasi untuk wajah

3. Strawberry

Strawberry
Strawberry

Strawberry merupakan buah yang kaya akan vitamin dan diketahui baik untuk mengeksfoliasi serta mencerahkan kulit yang gelap. Kamu bisa membuat sebuah lip mask dengan campuran strawberry, satu sendok teh madu, dan satu sendok teh minyak zaitun.

  • Aplikasikan selama 10 menit
  • Bilas dengan kain basah
  • Lakukan seminggu sekali

Baca juga: 5 Obat Jerawat Paling Ampuh, Jerawat Hilang dalam Semalam!

4. Biji Buah Delima

Biji buah delima (pomegranate)
Biji buah delima (pomegranate)

Buah delima diketahui dengan khasiatnya yang baik untuk merawat tubuh bagian dalam maupun bagian luar. Ketika menikmati sebuah jus buah delima, kamu bisa menggunakan sisaan bijinya sebagai masker bibir.

Kandungan buah delima diketahui mengandung punicalagins, yakni antioksidan yang kuat yang terkandung di dalam buah delima yang diketahui baik untuk menghambat produksi melanin serta memerahkan bibir.

  • Digerus dan campur dengan krim susu dingin
  • Aplikasikan 10 menit
  • Bilas dengan air hangat

5. Minum Air dengan Cukup

Minum Air yang Cukup
Minum Air yang Cukup

Kata siapa meminum air yang cukup bukanlah salah satu cara untuk memerahkan bibir? Ya, meminum air putih dengan cukup dalam sehari-hari diyakini dapat bantu memerahkan bibir.

Kulit bibir yang kering akan mengelupas dan meninggalkan bekas kehitaman pada kulit bibir itu sendiri. Membuat bibir tetap lembap dan sehat dapat dilakukan dengan setidaknya meminum 2 liter air putih seharinya.

6. Gunakan Sunscreen

Person Pouring Plastic Tube Bottle
Sunscreen (Pexels.com/Moose Photos)

Suncreen merupakan salah satu rangkaian skincare yang biasa digunakan untuk melindungi kulit tubuh dari penggelapan akibat sinar matahari secara langsung. Namun nyatanya, menggunakan sunscreen pun dibutuhkan untuk kulit bibir demi memerahkan bibir kembali. 

Kamu bisa gunakan lip balm dengan kandungan 15 SPF di dalamnya guna memerahkan bibir serta melindungi bibir dari sinaran matahari. 

7. Hindari Bahan Tidak Alami

Woman Putting Lipstick
(Pexels.com/Burst)

Menggunakan produk kecantikan seperti pelembap ataupun pemerah warna bibir yang nggak mengandung bahan yang alami bisa menjadi salah satu pemicu gelapnya warna pada kulit bibir.

Untuk itu, kamu bisa menghindari bahan-bahan non alami dengan menggantikannya dengan produk yang mengandung bahan yang alami sebagai salah satu cara untuk memerahkan bibir secara efektif.

8. Aplikasikan Vitamin E

Crop Nurse Demonstrating Small Double Colored Pill
Vitamin E (Pexels.com/Artem Podrez)

Vitamin E merupakan vitamin yang dikenal baik untuk menutrisi serta memelihara sel-sel pada kulit tubuh, termasuk bibir. Vitamin E berfungsi untuk meregenerasi kulit sekaligus menghindari penuaan pada kulit.

Kamu bisa gunakan vitamin E sebagai cara untuk memerahkan bibir dengan ampuh.

  • Gerus atau buka kapsul vitamin E
  • Aplikasikan serbuk vitamin E pada bibir
  • Diamkan selama 15 menit, lalu bilas.

9. Essential Oil

Person Holding White And Gold Dropper
Essential Oil (Pexels.com/Shiny Diamond)

Banyak produk pelembap menggunakan sejumlah kandungan essential oil di dalamnya yang mana baik untuk melembapkan kulit dengan menyeluruh. Kamu pun bisa gunakan essential oil sebagai cara untuk memerahkan bibir dari rumah.

Kamu bisa gunakan minyak almond yang dikenal dengan kandungan vitamin E dan vitamin B2 yang baik untuk mengembalikan bibir yang lembap.

10. Yogurt

Bottle Container Cream Creamy
Yogurt (Pexels.com/Burst)

Yogurt merupakan salah satu makanan yang biasa dikonsumsi untuk kamu yang tengah menjalani program diet. Kandungan protein yang terkandung di dalam yogurt sangat baik untuk menghindari pengerutan pada kulit serta mengencangkan kulit.

Kamu bisa gunakan yogurt di bibir kamu sebagai cara untuk mencegah pigmentasi pada kulit bibir, sehingga bibir akan terus berwarna merah dan cerah.

11. Semangka

Hand Holding A Slice Of Watermelon With Blue Swimming Pool Water In The Background
Semangka (Pexels.com/Elaine Bernadine Castro)

Buah semangka diketahui dengan buah yang kaya akan kandungan air di dalamnya, dan hal tersebut menjadikan buah semangka sebagai salah satu buah yang baik untuk menghidrasi tubuh.

Selain dapat menghidrasikan tubuh, semangka pun dapat melembapkan serta memerahkan bibir dengan cukup baik. Kamu bisa mengonsumsi semangka secara langsung atau menjadikan sari buah semangkan sebagai scrub bibir.

12. Lemon

Close Up Photography Of Sliced Lemon
Lemon (Pexels.com/Lisa Fotios)

Dikenal sebagai pencerah alami, lemon pun merupakan salah satu jawaban untuk kamu yang ingin memerahkan bibir secara alami. Kandungan astringent alami di dalam lemon merupakan hal yang ampuh untuk meratakan warna kulit yang tak merata.

  • Peras jeruk lemon
  • Campurkan dengan madu
  • Aplikasikan ke bibir
  • Diamkan salaam 30 menit
  • Lalu, bilas dengan air.

Nah, itu lah 12 cara untuk memerahkan bibir yang alami dan paling efektif versi Empat Pagi. Selamat mencoba!

Baca: 5 Cara Mudah Menghilangkan Wajah Berminyak, Dijamin Makin Flawless!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz