Takut Hamil? Ini 5 Cara Mencegah Kehamilan Paling Efektif!

Ada banyak cara untuk mencegah kehamilan yang aman dan juga ampuh

Featured-Image
Ilustrasi berhubungan

Berhubungan intim dengan lawan jenis merupakan salah satu cara untuk membuahkan janin di dalam kandungan seorang perempuan. Tujuan dari berhubungan intim sendiri tentu bukan hanya untuk mengandung buah hati, namun juga untuk kesehatan tubuh seperti meredakan stress maupun kecemasan. 

Tak sedikit orang yang belum siap untuk memiliki anak namun masih ingin tetap berhubungan intim. Ada banyak cara untuk mencegah kehamilan yang aman dan juga ampuh. Untuk itu, berikut adalah 5 cara mencegah kehamilan yang bisa kamu terapkan sebelum atau pasca berhubungan intim!

5 Cara Mencegah Kehamilan

1. Berhubungan Intim di Waktu yang Tepat

Metode satu ini merupakan cara yang tepat untuk mencegah kehamilan. Kamu perlu mengetahui kapan waktu datang bulan mu tiba biasanya dan juga melakukan konsultasi terhadap ahli kesuburan untuk mengetahui kapan hari ovulasi mu tiba. Dengan begitu, kamu bisa menghindari hari ovulasi yang biasanya tiba sekitar 2 minggu sebelum hari datang bulang tiba. 

2. Gunakan Proteksi

Proteksi di sini bisa berupa proteksi untuk pria maupun perempuan. Namun pada umumnya, proteksi ini digunakan pada pria. Kegunaan kondom merupakan cara mencegah kehamilan dengan persentasi tertinggi, yakni sekitar 98 persen. 

Baca: 7 Film Romantis Barat Terbaik di Netflix yang Wajib Ditonton

3. Gunakan Jeda Saat Berhubungan Intim

Cara satu ini merupakan cara yang kuno yang perlu pria lakukan guna mencegah kehamilan. Cara ini memang tidak sepenuhnya ampuh, namun dengan melakukan hal ini kamu akan menurunkan kemungkinan untuk mengandung. Pria perlu berhenti sebelum dirinya melakukan ejakulasi. 

4. Birth Control

Melakukan birth control merupakan cara yang ampuh dalam mencegah kehamilan. Jenis birth control ini bervariasi, mulai dari mengonsumsi pil, hingga injeksi yang disuntik pada tubuh. Namun, kamu perlu patuhi tata cara yang dianjurkan oleh pemberi birth control dengan baik agar kesempatan untuk mengandung kurang dari 1 persen, atau birth control akan berfungsi sekitar 99 persen.

Baca: Hindari Obat! Begini 5 Cara Mengatasi Penyakit Maag

5. Konsumsi Makanan Pencegah Kehamilan

Banyak makanan yang dapat mencegah kehamilan, mulai dari buah-buahan hingga sayur-sayuran. Seperti yang dilansir dari Parenting First Cry, buah-buahan seperti papaya, apricot, dan nanas adalah buah-buahan yang baik untuk mencegah kehamilan lantaran kandungan yang dimiliki buah masing-masing. 

Nah, itu lah kelima cara mencegah kehamilan untuk kamu yang ingin berhubungan intim namun belum siap untuk memiliki momongan. Semoga bermanfaat!

Baca: Ini 5 Pria yang Dinobatkan Sugar Daddy Paling Hot

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz