Kantung Mata

7 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Kantung Mata!

Kantung mata dapat menyebabkan efek yang buruk kepada bentuk wajah kita.

Featured-Image
Eye Bags

EMPATPAGI.COM- Meskipun terdapat banyak produk kecantikan di pasaran yang mengklaim dapat membantu menghilangkan dan mencerahkan area di bawah mata, belum tentu produk tersebut selalu berhasil.

Kantung mata dapat disebabkan oleh alergi, eczema, kelelahan, masalah pigmentasi, terpapar sinar matahari berlebih, dan penuaan. Satu-satunya cara untuk mengurangi kemunculannya dalam jangka panjang adalah dengan melakukan beberapa perubahan gaya hidup yang sehat. Terkadang kantung mata dan lingkaran hitam juga diwariskan secara genetik.

Berikut adalah 7 tips ampuh dari Empatpagi.com untuk menghilangkan kantung mata!

7 Tips Ampuh Untuk Menghilangkan Kantung Mata

1. Trik Kantung Teh

.

Ternyata teh bukan hanya untuk diminum saja. Kita sebenarnya dapat menggunakan kantong teh yang mengandung kafein untuk membantu mengatasi lingkaran hitam dan kantong mata.

Baca: Ampuh Lembapkan Kulit, Ini 7 Sabun Mandi Untuk Kulit Kering Terbaik

Kafein dalam teh mengandung antioksidan kuat dan dapat meningkatkan aliran darah ke kulit kita. Zat Ini juga dapat melindungi kulit dari sinar UV dan berpotensi memperlambat proses penuaan.

Cara Melakukan:

  • Seduh dua kantong teh selama 3 sampai 5 menit.
  • Biarkan kantong teh dingin di lemari es selama 20 menit.
  • Kemudian, peras kantong teh dan oleskan ke area bawah mata kita.
  • Biarkan kantong teh di mata selama 15 hingga 30 menit.

2. Mengompres Mata dengan Bahan yang Dingin

.

Kompres lingkaran hitam di mata dengan menggunakan kompres dingin yang dapat dibuat menggunakan bahan yang sudah kita miliki. Menerapkan suhu dingin ke area tersebut dapat membantu pembuluh darah mengerut dengan cepat.

Beberapa opsi bahan yang dapat digunakan:

  • Sendok teh yang didinginkan
  • Timun yang didinginkan
  • Kain basah yang didinginkan

3. Stay Hydrated

.

Air adalah komponen penting tubuh kita, sekitar 60 persen berat tubuh kita adalah air. Mengingat hal ini, tidak mengherankan bahwa dehidrasi dapat menyebabkan kantung mata.

Meningkatkan asupan air dapat membantu meremajakan kulit kembali. Para ahli merekomendasikan minum sekitar 13 cangkir air per hari untuk pria, dan sekitar 9 cangkir air untuk wanita, per hari.

4. Menggunakan Produk Pencerah Kulit

.

Krim pencerah kulit mengandung bahan yang disebut Hydroquinone. Bahan ini mengganggu produksi melanin di kulit. Hal Ini dapat membantu mengurangi munculnya kantung hitam atau lingkaran di bawah mata.

Banyak krim, gel, dan losion yang dijual bebas mengandung 2 persen hydroquinone. Kita bisa mendapatkan konsentrasi yang lebih tinggi dengan resep dari dokter kulit. kita perlu menggunakan produk ini secara teratur untuk mendapatkan hasil yang tahan lama. Untuk menghindari iritasi, gunakan krim pencerah di waktu malam.

5. Menggunakan Tabir Surya Saat Beraktifitas di Luar Rumah

.

Melindungi kulit kita dari sinar matahari dapat membantu mengatasi sejumlah masalah dermatologis, seperti penuaan dini, kanker kulit, dan perubahan warna. Oleh karena itu,  menggunakan tabir surya juga dapat membantu mengatasi kantung mata dan lingkaran hitam di bawah mata.

Baca: 5 Manfaat Kopi Untuk Kulit, Jangan Salah Kaprah!

American Academy of Dermatology menyarankan agar semua orang memakai tabir surya saat beraktifitas di luar rumah. Perlindungan spektrum luas terhadap sinar UVA dan UVB adalah hal yang penting. Ingat, kita harus juga memilih formula yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi dan tahan air.

6. Membersihkan Make Up Sebelum Tidur

.

Memperbaiki rutinitas pada malam hari dapat membantu kita menghindari kantung mata. Penting untuk mencuci muka sebelum tidur setiap malam. Ada beberapa alasan mengapa kita tidak boleh tidur dengan riasan.

Pertama, jika kita tidur dengan maskara atau riasan mata lainnya di mata kita, maka bisa menyebabkan iritasi pada wajah dan dapat menimbulkan reaksi alergi seperti kemerahan, bengkak, atau gejala lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada area mata

7. Tidur Yang Cukup

.

Seberapa lama kita tidur juga merupakan faktor penyebab munculnya kantung mata. Sedikit nya waktu tidur dapat membuat kulit kita lebih pucat. Kita harus berusaha untuk tidur antara tujuh dan delapan jam setiap malam.

Baca: Nggak Beri Efek Samping, Ini 15 Rekomendasi Toner Untuk Kulit Berminyak

Baca: Kulit Sensitif? Ini 5 Primer dengan Kandungan Paling Aman!

Baca: 5 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak di Rumah, Solusi Alami!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium