Kesehatan

Sinus Ganggu Keseharian? Ini 5 Cara Meredakan Nyeri Sinus dari Rumah

Cukup mudah tapi mujarab untuk redakan sinus!

Featured-Image
Cara redakan sinus (Pexels.com/Mojca J)

EMPATPAGI.COM –Merasa sulit napas, hidung kering, kepala pusing, hingga hidung mimisan merupakan sejumlah gejala dari penyakit sinus. Sinus merupakan penyakit yang disebabkan oleh adanya peradangan pada lubang pernapasan atau hidung.

Pada umumnya, penyakit sinus ini dapat dihilangkan dengan cara melakukan sebuah operasi agar penyakit sinus tersebut menghilang. Meskipun demikian, banyak orang (termasuk saya) yang takut untuk melakukan operasi.

Penyakit sinus ini bukanlah penyakit yang bersifat menetap tiap harinya, melainkan penyakit sinus ini merupakan penyakit yang kambuhan. Artinya, sinus akan kembali mengganggu para pengidapnya di waktu-waktu tertentu saja.

Meskipun penyakit sinus ini sifatnya tak dapat disembuhkan secara total bila dirawat dari rumah saja atau tanpa melakukan operasi, namun kamu bisa meredakan rasa nyeri yang kamu rasakan ketika sinus kamu kembali kambuh.

Untuk meredakan rasa nyeri sinus, berikut adalah sejumlah hal yang dapat kamu lakukan agar sinus nggak ganggu aktivitas kamu.

Cara Meredakan Nyeri Sinus

1. Istirahat yang Cukup

Woman In Gray Tank Top Lying On Bed
Istirahat (Pexels.com/Andrea Piacquadio)
Cara utama untuk meredakan nyeri sinus adalah dengan beristirahat. Meskipun terdengar cukup sederhana, namun dengan melakukan istirahat yang cukup nyatanya bisa mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh sinus.

Biasanya, sinus ini akan kambuh ketika kondisi tubuh kurang istrirahat dan atau kecapekan. Jadi, jangan terlalu berlebihan saat beraktivitas, ya!

2 Penuhi Asupan Cairan dalam Tubuh

Woman Drinking Water
Minum air yang banyak (Pexels.com/Daria Shevtsova)

Kurangnya cairan dalam tubuh merupakan faktor kambuhnya sinus kamu. Dehidrasi dapat membuat sinus mengering dan meningkatkan tekanan nyeri di permukaan wajah.

Baca juga: Nggak Cuman Bikin Segar, Ini 5 Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Tubuh

Untuk itu, minumlah banyak air mineral agar kamu tetap terhidrasi. Selain air mineral, kamu juga bisa mengonsumsi cairan lainnya seperti kuah kaldu sup, infused water, dan lain sebagainya.

3. Berjemur di Pagi Hari

Young Woman Resting On Sandy Beach
Berjemur (Pexels.com/Jonathan Borba)

Cara ampuh lainnya untuk mengurangi rasa nyeri sinus dari rumah adalah dengan berjemur di pagi hari. Sinus biasanya kambuh dengan suhu udara yang dingin, terlebih jika kamu merupakan tipikal orang yang 24/7 di dalam ruangan ber-AC.

Boleh saja kamu seharian di dalam ruangan ber-AC, namun setidaknya kamu menyempatkan diri sekitar setengah hingga 1 jam berjemur di bawah sinar matahari pagi, sekitar pukul 9 pagi hingga 10 pagi.

4. Gunakan Nasal Spray

Face mask with cleaning spray bottle or hand sanitizer
Ilustrasi Nasal Spray (Unsplash/Katie Harp)

Cara satu ini cukup membantu di mana pun kamu berada. Ya, kamu bisa menggunakan semprotan air nasal yang dapat membantu melembapkan lubang hidung sinus kamu yang kering.

Baca juga: Dari Rempah-rempahan, Ini 5 Obat Diet yang Alami

Kamu bisa menyemprotkan cairan air nasal ini beberapa kali dalam sehari untuk menjaga kelembapan lubang hidung sinus kamu.

Dengan begitu, kamu juga akan mengurangi rasa nyeri yang diakibatkan oleh kambuhnya sinus ini.

5. Gunakan Humidifier di Dalam Kamar

Turned On Air Purifier On The Floor Near Plant
Ilustrasi humidifier (Pexels.com/Roman Koval)

Humidifier merupakan sebuah alat yang menghasilkan uap yang berfungsi untuk melembapkan udara di sekitar. Dengan menghirup udara yang lembap, tentu akan mengurangi peradangan pada rongga hidung yang sinus.

Jika kamu tak punya alat humidifier, kamu bisa mandi dengan air hangat tiap harinya untuk membantu melonggarkan sistem sekresi pada hidung.

Baca:

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium