5 Cara Paling Mudah Untuk Rawat Kucing Ras, Gak Banyak PR-nya Ko!

Memelihara binatang memang merupakan hal yang menyenangkan, terlebih jika kamu merupakan pecinta hewan.

Featured-Image
Ilustrasi Kucing Ras

EMPATPAGI.COM - Hewan seperti anjing, kucing, hingga ikan pun kerap dijadikan sebagai binatang peliharaan. Namun, kucing merupakan hewan yang paling sering dimiliki untuk dipelihara. Meskipun wujudnya yang menggemaskan, nampaknya merawat hewan ini bukanlah hal yang mudah, terlebih dengan kucing ras. 

Kucing ras diketahui lebih rentan terkena panyakit, seperti salah satunya adalah bulu yang rontok. Untuk itu, berikut 5 cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk merawat hewan peliharaan yang menggemaskan ini.

Cara Mudah Merawat Kucing Ras

1. Memilih Makanan yang Tepat

Memilih Makanan yang Tepat
Memilih Makanan yang Tepat

Tidak seperti kucing domestik pada umumnya, kucing ras cenderung tidak dapat mengonsumsi makanan secara sembarangan. Resiko yang dapat ditimbulkan jika memberikan kucing ras makanan yang sembarang akan menimbulkan penyakit seperti bulu rontok hingga masalah pencernaan. Sejumlah makanan seperti Royal Canin, Kitchen Flavor, merupakan makanan yang cocok untuk kucing ras karena menggunakan bahan yang premium, sehingga dapat membantu melindungi kesehatan hewan peliharaan satu ini.

2. Memandikan Kucing

Memandikan Kucing
Memandikan Kucing

Tidak hanya manusia yang membutuhkan kebersihan, hewan peliharaan satu ini juga membutuhkan kebersihan yang cukup ekstra dalam merawatnya. Jika tidak, penyakit seperti jamuran hingga kutuan akan dengan mudah menyerang kulit kucing ini. Memandikan secara rutin dapat menghindari timbulnya penyakit-penyakit kulit tersebut. Kamu bisa memandikannya sendiri ataupun membawanya ke sebuah petshop.

Baca: Cocok dengan Milenials, Ini 5 Tips Desain Rumah Minimalis!

3. Memberikan Vitamin

Memberikan vitamin
Memberikan vitamin

Vitamin merupakan suplemen yang bersifat harus untuk diberikan kepada peliharaan yang menggemaskan ini. Meskipun terdengar sepele, namun vitamin merupakan salah satu amunisi yang dapat memberikan kekebalan tubuh hewan berbulu ini. Kamu dapat memberikan vitamin seperti minyak ikan untuk merawat pencernaan maupun kesehatan bulu kucing ras ini.

4. Sisir Bulu Kucing

Sisir Bulu Kucing
Sisir Bulu Kucing

Tak hanya manusia yang butuh untuk merapihkan rambut, namun kucing pun perlu merapihkan bulunya guna menghindari kerontokan pada bulu kucing. Berdasarkan informasi yang didapatkan dari salah satu seorang pemilik petshop, menyisirkan bulu kucing diketahui dapat mengurangi potensi rontoknya bulu pada tubuh kucing.

5. Lakukan Rangkaian Vaksin

lakukan vaksinasi
lakukan vaksinasi

Vaksin merupakan suatu hal yang wajib dilakukan kepada hewan peliharaan berbulu ini guna menjaga imun pada kucing, mengingat kucing ras yang lebih rentan terjangkit penyakit. Biasanya, vaksin ini dilakukan dalam rentang waktu tiga bulan sekali yang dilakukan sebanyak tiga kali. 

Nah, itu lah kelima cara yang perlu kamu perhatikan jika hendak memelihara kucing ras. Semoga bermanfaat!

Baca: Jangan Dengerin Sendirian! Ini 5 Lagu Barat Paling Galau Sedunia

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz