Ini Ciri-ciri Kanker Payudara, Deteksi Sejak Dini!

Kanker muncul ketika terjadi perubahan pada gen yang mengatur pertumbuhan sel, atau bisa juga disebut mutasi

Featured-Image
Ilustrasi Payudara

Banyak orang terlambat mendeteksi penyebaran kanker payudara, karena tidak mengetahui ciri-ciri kanker payudara sedini mungkin.Agar lebih waspada dan menghindari risiko kesehatan yang lebih buruk, beberapa informasi dasar terkait kanker payudara ini perlu kamu pahami. 

Kanker muncul ketika terjadi perubahan pada gen yang mengatur pertumbuhan sel, atau bisa juga disebut mutasi. Jika tidak dicegah secepat mungkin, mutasi bisa membiarkan sel membelah dan berkembang biak dengan cara yang tidak terkendali dan semakin menyebar. 

Apa itu kanker payudara?

Ilustrasi gangguan pada payudara
Ilustrasi gangguan pada payudara

Kanker payudara adalah kanker yang berkembang di sel payudara. Biasanya, kanker terbentuk di lobulus atau saluran payudara. Lobulus adalah kelenjar yang menghasilkan susu, dan saluran payudara adalah jalur yang membawa susu dari kelenjar ke puting susu. Tak hanya itu, kanker juga dapat muncul di jaringan lemak atau jaringan ikat fibrosa di dalam payudara.

Sel-sel kanker yang tidak terkontrol sering menyerang jaringan payudara sehat lainnya, dan dapat melakukan perjalanan ke kelenjar getah bening di bawah lengan. Kelenjar getah bening adalah jalur utama yang membantu sel-sel kanker bergerak ke bagian lain dari tubuh. 

Baca: Jaga Janin Dalam Kandungan, Ini 7 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil!

Ciri-ciri kanker payudara

Ilustrasi pengecekan payudara
Ilustrasi pengecekan payudara

Gejala kanker payudara yang paling umum adalah munculnya benjolan di sekitar payudara. Benjolan keras yang tidak nyeri dan memiliki pinggiran tidak teratur, punya kecenderungan berubah menjadi kanker. Namun, kanker juga memiliki tingkatan dari yang jinak hingga ganas, sehingga penting untuk segera memeriksakan diri jika menemukan benjolan atau perubahan baru di bagian payudara. 

Beberapa orang mempunyai gejala atau ciri-ciri yang berbeda pada kemunculan kanker payudara, di antaranya:

  • Terjadi pembengkaka seluruh atau sebagian payudara (walaupun tidak terasa adanya benjolan)
  • Pori-pori kulit payudara membesar, dan kadang-kadang tampak seperti kulit jeruk.
  • Nyeri di bagian payudara atau puting.
  • Retraksi puting (memutar ke dalam)
  • Puting atau kulit payudara yang berwarna merah berubah kering, mengelupas atau menebal.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening (Kadang-kadang kanker payudara dapat menyebar ke kelenjar getah bening di bawah lengan atau di sekitar tulang leher, dan menyebabkan benjolan atau pembengkakan di sana, bahkan sebelum tumor asli di payudara cukup besar untuk dirasakan.)

Baca: Jangan Asal Makan! 7 Jenis Makanan Ini Dapat Menggugurkan Kandungan!

Jika kamu memiliki salah satu dari gejala-gejala di atas, hal itu tidak langsung mengartikan bahwa kamu menderita kanker payudara. Bisa jadi, rasa sakit pada payudara atau benjolan yang muncul disebabkan oleh kista jinak.

Namun jika kamu cukup khawatir dan menemukan lebih dari satu gejala, ada baiknya segera memeriksakan diri ke dokter untuk mendiagnosis dan pengujian lebih lanjut. Jangan luap untuk selalu mengecek kondisi payudara dan memerhatikan ciri-ciri kanker payudara sebaik mungkin. 

Baca: Jangan Panik! Kenali Warna Darah Haid Tergantung Periodenya

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz