Arsitektur

Buat Bahan Referensi, Ini 5 Jenis Desain Rumah Paling Populer

Ingin tau karakteristik dari desain rumah modern? Berikut penjelasannya!

Featured-Image
Ilustrasi Log Home (Pexels.com/Josh Hild)

EMPATPAGI.COM - Ketika hendak membuat sebuah rumah, pasti kamu akan terbayang bagaimana rumah impian mu akan terlihat. Meskipun memiliki gambaran atas desain rumah yang kamu impikan, belum tentu kamu mengetahui jenis dari desain rumah yang kamu inginkan tersebut.

Mengetahui desain rumah tentu hal yang harus kamu ketahui sebelum memanggil seorang arsitek untuk membangun rumah impian mu. Dalam mendesain rumah, kamu pun dapat memberikan furniture di dalam tiap ruangannya yang senada dengan desain rumah kamu.

Hal tersebut dilakukan guna mendukung jenis dari desain rumah yang kamu pilih menonjolkan sisi karakteristik dari rumah tersebut dengan kuat.

Terkait hal tersebut, berikut merupakan jenis-jenis desain rumah yang populer yang bisa kamu jadikan referensi untuk membangun rumah impian mu.

Jenis-jenis Desain Rumah Paling Populer

1. Modern

View this post on Instagram

A post shared by MODERN ARCHITECT (@modern.architect) on

Desain rumah yang modern merupakan salah satu desain rumah yang paling populer dan banyak diminati oleh para pecinta gaya modern. Rumah dengan desain ini cenderung menggunakan bahan-bahan yang terbaru dan warna-warna yang cenderung netral.

Jenis desain rumah ini pun biasanya dilengkapi dengan lantai marbel atau sejenisnya yang memiliki unsur mewah di dalamnya.

Untuk furniturnya sendiri, biasanya rumah dengan desain ini akan menggunakan furnitur yang serba terkini, seperti kulkas besar pintu dua, kompor listrik, dan lain sebagainya.

2. Kontemporer

View this post on Instagram

A post shared by Contemporary architecture (@architecture_contemporary) on

Kontemporer merupakan desain rumah yang hampir mirip dengan modern, yakni desain ini mengikuti gaya bangunan terkini. Meskipun demikian, desain rumah ini tidak menggunakan material yang mewah di dalamnya, melainkan menggunakan bahan atau material dari bahan daur ulang.

Baca juga: 6 Film yang Harus Kamu Tonton Sebelum Mendekorasi Rumah

Selain itu, desain rumah kontemporer ini cenderung tidak memiliki sekat dari satu ruangan ke ruangan lainnya. Desain rumah jenis kontemporer sangatlah cocok untuk kamu yang suka dengan ruangan indoor dan outdoor yang menyatu.

3. Log Home

View this post on Instagram

A post shared by Log Home Living (@loghomeliving) on

Buat kamu yang akan membeli sebuah tanah yang jauh dari perkotaan atau di daerah pedesaan, maka desain rumah jenis satu ini sangat cocok untuk kamu.

Log Home merupakan jenis rumah yang didesain seperti layaknya kabin di tengah hutan dengan kesan yang asri. Semua bahan bangunan seperti lantai, dinding, hingga atapnya akan memiliki karakteristik hutan yang kuat lantaran penggunaan kayu di seluruh rumahnya.

Baca juga: 4 Dekorasi Rumah yang Buat Kamu Lebih Bahagia

Untuk membuat rumah jenis ini, kamu perlu memperhatikan jenis kayu yang akan kamu gunakan untuk membuat rumahnya. Hal tersebut dapat ditentukan dengan mengatahui iklim di daerah sekitar.

4. Kolonial

View this post on Instagram

A post shared by Amy Northup (@leaving.all.doors.open) on

Seperti nama dari jenis desain rumah satu ini, rumah ini memiliki desain bergaya kolonial seperti layaknya rumah jaman penjajahan. Desain rumah ini memiliki karakteristik dengan gaya jendela yang memiliki jarak berjauhan dan ukuran jendela yang besar.

Selain itu, terdapat pilar di depan pintunya yang memberikan karakteristik seperti layaknya istana presiden yang kokoh dan berkarakteristik yang kuat.

5. Craftsman

View this post on Instagram

A post shared by Homes of History (@homesofhistory) on

Jenis desain rumah ini merupakan salah satu jenis rumah yang memiliki karakteristik homey. Craftsman dilambangkan dengan atap yang cenderung landai dibandingkan atap rumah pada umumnya.

Selain itu, desain rumah craftsman ini pun dibangun dengan material yang alami, seperti bebatuan, kayu, dan bata. Tampilan depan dari rumah craftsman ini juga tak lepas dari teras yang lebar.

Nah, itu lah kelima desain rumah yang bisa masuk ke dalam daftar referensi buat kamu yang hendak bangun rumah. Semoga bermanfaat!

Baca:

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium