Ekonomi

Ekonomi Indonesia Kondusif Era Digital

Di tengah krisi pandemi Industri e-commerce menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Featured-Image
Ilustrasi ekonomi

EMPATPAGI.COM - Sudah beberapa tahun ini Indonesia mengalami pertumbuhan ekonomi paling lambat dalam lima tahun terakhir. Tetapi pertumbuhan industri IT terutama e-commerce justru semakin pesat di tengah perlambatan laju ekonomi nasional.

Di tengah krisi pandemi Industri e-commerce menjadi salah satu tulang punggung perekonomian nasional.

Ditengah-tengah masa pandemi Covid 19, semua industri pertumbuhannya menurun kecuali industri IT. E-commerce salahsatu yang dapat diandalkan pertumbuhannya.

A. Industri IT dan Skala E-commerce Di Indonesia

Kebanyakan pelaku bisnis e-commerce di Indonesia berskala kecil dan menengah (UKM), tetapi jumlahnya banyak. Bisnis UKM adalah usaha yang paling tahan banting di saat krisis. Demikian pula keadaannya di masa pandemi ini.

Beberapa tahun ini, industri IT pertumbuhan nya selalu diatas pertumbuhan sektor lain. Pertumbuhan nilai penjualan bisnis online di tanah air setiap tahun meningkat 40 persen.

Baca: Dicari CEO Agribisnis Milenial

Ada sekitar 100 juta pengguna internet dan 75 juta pengguna perangkat telepon pintar di Indonesia. Industri IT telah mencetak beberapa Unicorn (perusahaan dengan nilai I juta US$) dan beberapa Dexacorn (perusahaan dengan nilai 10 juta US$)

B. Indonesia Negara Ekonomi Terbesar No. 4

Melalui industri IT dan e-commerce diiringi dengan jumlah penduduk menuju 300 juta, perekonomian Indonesia diprediksi menjadi kekuatan ekonomi baru dunia pada tahun 2050 nanti.

Menurut hasil riset sebuah perusahaan konsultan internasional, Indonesia akan menjadi raksasa ekonomi dunia keempat setelah Cina, Amerika Serikat, Dan India.

Tidak hanya untuk mendapatkan informasi dan chatting, masyarakat Indonesia menjadikan internet dan e-commerce sebagai bagian gaya hidup dan hobi.

Baca: Target Ekonomi Indonesia Di Masa Covid 19

Untuk kebutuhan konsumsi, puluhan juta orang di Indonesia menjadi pendorong kemajuan e-commerce di Indonesia.

Industri ini memang tidak hanya membicarakan jual beli barang dan jasa dengan internet, tetapi ada industri lain di dalamnya. Industri ini meliputi penyediaan jasa layanan antar atau logistik, telekomunikasi, industri "software," dan lainnya.

Untuk itu, industri IT Dan e-commerce harus terus dikembangkan untuk mendorong laju perekonomian nasional menuju lima besar raksasa ekonomi dunia.

C. Penggunaan IT Tepat Sumber Pertumbuhan Ekonomi

Indonesia berhasil menggunakan teknologi IT untuk kebutuhan primer transportasi dan ekonomi kreatif.

Teknologi IT penggunaan nya tepat sehingga tidak memberatkan beban ekonomi. Inovasi penggunaan IT tepat sasaran yang mendukung potensi pertumbuhan ekonomi Indonesia sekarang dan di masa datang.

Kalau momentum penggunaan IT untuk peningkatan ekonomi dapat dipertahankan, prediksi ekonomi Indonesia kan menjadi raksasa keempat akan terjadi.

Baca: Konsumsi vs Investasi Di Masa Resesi Pandemi

Komentar
RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz