Era Serba "Online", Serba "Software"Dan Energi Terbarukan Sudah Tiba

Era mobil listrik tidak bersupir, semua "software"dan semua online telah datang untuk kita bersiap diri.

EMPATPAGI.COM - Persiapan perlu kita lakukan agar kita bisa mempersiapkan masa depan kita secara lebih baik dan kompetitif.Gerak perubahan dan trend perubahan yang demikian cepat jangan sampai membuat kita lengah. Ketertinggalan hanya akan membuat kita tertinggal semakin jauh.

Kita juga harus mencermati teknologi dan industri yang akan "obsolete"/tertinggal. Yang banyak diprediksi adalah akan hilangnya mobil dan pom bensin.Contohnya adalah di tahun 1998 Kodak memiliki 170,000 pegawai dan menjual 85% foto kertas di seluruh dunia. Hanya dalam beberapa saat Kodak hilang dari dunia bisnis dengan datangnya kamera digital.

"Software" akan terus masuk dan merubah sistim produksi industri traditional. Kehadiran "software" akan merubah model bisnis banyak industri.

Era Baru Industri Software

1. Era Mobil Listrik Tanpa Supir

Unsplash/Colton Kresser
(Unsplash/Colton Kresser)

Datang era mobil listrik diprediksi akan diikuti dengan hilangnya mobil bensin dan pom bensin. Kita sedang menyaksikan teknologi baru yang akan merontokkan semua yang ada sekarang.

Di Jakarta misalnya, PLN berencana akan membuat 1000 lebih Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU). Peluncuran ini untuk menyambut datangnya era kendaraan berbasis listrik di Indonesia.

Seiring dengan perubahan tersebut bengkel perbaikan kendaraan mobil bensin akan hilang.

Baca: Bagaimana Perkembangan Internet of Things (IOT) di Era Digital?

Sebagai perbandingan mesin yang menggunakan bensin memiliki 20.000 bagian. Sedangkan mobil yang menggunakan listrik hanya memiliki 20 bagian.

Mobil listrik dijual dengan garansi seumur hidup dan hanya diperbaiki oleh dealernya. Diperkirakan hanya perlu waktu 10 menit untuk mencopot dan mengganti motor yang menggunakan listrik yang rusak.

Motor listrik tidak diperbaiki di dealer tetapi akan dikirim ke bengkel perbaikan pusat yang akan memperbaikinya menggunakan robot.

Motor listrik yang gagal fungsi akan ditunjukkan dengan lampu yang menyala, lalu dibawa ke tempat yang menyerupai cuci mobil. Mobil akan diperbaiki, sementara anda menunggu sejenak motor didalam mobil sudah diganti dengan yang baru.

Kebanyakan pabrik mobil telah mengalokasikan uangnya untuk mulai membangun pabrik yang hanya membuat mobil listrik.

Beberapa tahun yang lalu, mobil tanpa supir pertama muncul. Dalam beberapa tahun ke depan seluruh industri mobil akan diwarnai perubahan mendasar. Kita tidak perlu memiliki mobil lagi karena cukup memanggil mobil dengan telepon anda. Mobil itu akan muncul di lokasi dan mengantarkan anda ke tempat tujuan.

Kita tidak perlu bingung memarkir mobil. Kita hanya akan membayar jarak tempuh dan kita dapat tetap produktif selama berkendaraan. Sekarang tidak perlu punya sim dan tidak pernah ada kelebihan jika memiliki mobil, kalau kita melamar kerja.

Perubahan diatas akan juga mengubah pola perkotaan. Kita hanya perlu jumlah mobil sedikit. Kita dapat mengubah lahan parkir menjadi taman kota.

Baca: Ini 5 Game Online yang Bisa Menghasilkan Uang, Gak Pakai Modal!

Sekitar lebih dari satu juta orang meninggal karena kecelakaan setiap tahunnya. Dengan supir kita memiliki satu kecelakaan tiap 60.000 mil, sedangkan dengan kendaraan tanpa supir angka itu akan turun menjadi 1 kecelakaan setiap 6 juta mil. Ini akan menyelamatkan jutaan nyawa setiap tahunnya.

Pola penggunaan real estate akan berubah. Jika orang bisa bekerja pulang-pergi, mereka akan tinggal di tempat yang jauh untuk hidup. Meskipun jauh. Mereka tinggal di lingkungan yang lebih terjangkau dan lebih menyenangkan.

Mobil listrik akan menjadi dominan pada tahun 2030an. Kota menjadi tidak berisik karena semua mobil baru akan menggunakan listrik.

Kota juga akan memiliki udara yang lebih bersih. Listrik akan menjadi sangat murah dan bersih. Produksi listrik tenaga surya telah mengalami kurva pengembangan eksponensial selama 30 tahun. Tetapi sekarang kita dapat melihat dampak perkembangan tersebut dengan cepat.

2. "Software" Mengacaukan Industri Konvensional

The ride-sharing wars! Uber and Lyft conceptual road concept using toy cars.
The ride-sharing wars! Uber and Lyft conceptual road concept using toy cars. (Unsplash/Thought Catalog)

Software telah dan akan terus mengacaukan banyak industri tradisional dalam beberapa tahun mendatang.

Uber, seperti halnya Gojek di Indonesia, sebenarnya hanya memiliki piranti "software," mereka tidak memiliki mobil, tapi sekarang mereka adalah perusahaan sewaan mobil terbesar di dunia.

Baca: Ini 7 Daftar Fitur Keren Terbaru dari iOS 14 Untuk iPhone Kamu, Buruan Update!

Meskipun terganggu oleh pandemi Covid 19, Airbnb adalah perusahaan hotel terbesar di dunia. Sebenarnya mereka tidak memiliki properti apapun, hanya "software."

3. Kecerdasan Artifisial Lebih Jenius Dari pada Manusia

Apple Applications Apps Cell Phone
Apple Applications Apps Cell Phone (Pexels.com/Tracy Le Blanc)

Facebook sekarang memiliki "software" pengenal pola yang dapat mengenali wajah jauh lebih baik daripada manusia. Pada tahun 2030 komputer akan lebih cerdas daripada manusia.

Dengan perkembangan teknologi yang eksponensial, barang yang semula sederhana menjadi super dan menjadi "mainstream" hanya dalam waktu yang singkat.

Baca: Mau Jadi Expert? Ini 10 Tips Kembangkan Skill Digital Marketing

Hal itu terjadi lagi dan jauh lebih cepat dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence). Kecerdasan ini terutama untuk untuk pelayanan kesehatan, penggunaan kendaraan listrik, pelaksanaan pendidikan, pencetakan 3D, pengelolaan pertanian dan pusat data lapangan pekerjaan.

Lupakan buku "Kejutan Teknologi Konvensional Masa Depan," karena kita harus mengucapkan selamat datang kepada Era Revolusi Industri 4.0. Revolusi 4.0 yang memasukkan digital sistem pada proses industri.

4. Menuju Serba Energi Terbarukan

find more at @joshrh19 (Instagram)
find more at @joshrh19 (Instagram) (Unsplash/Joshua Rawson-Harris)

Industri batu bara akan menghilang. Perusahaan minyak dan gas akan menghilang. Pengeboran minyak akan menghilang. Kita mengucapkan selamat tinggal kepada OPEC, sebagai pemasok minyak.

Rumah2 akan menghasilkan dan menyimpan energi listrik pada siang hari dan akan menggunakan serta menjualnya listriknya ke grid.

Grid akan menyimpan dan menyalurkannya ke industri yang banyak menggunakan listrik. Contoh grid dapat dilihat di atap Tesla.

Perusahaan energi fosil sedang berusaha mati-matian membatasi akses ke grid. Ini untuk mencegah munculnya pesaing yang muncul dari instalasi listrik tenaga surya di rumah-rumah. Tetapi upaya itu tidak akan bisa dilakukan terus karena teknologi baru tidak akan bisa dibendung.

Baca: 5 Aplikasi yang Bisa Cepat Menghasilkan Uang, Cuma Modal HP!

Baca: Enggak Perlu Pakai iCloud, Berikut Cara Melacak HP iPhone yang Hilang

Baca: Survey Online Hasilkan Uang? Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Penghasil Uang Terbaik

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium