Gerhana Matahari Cincin

Fakta Menakjubkan dari Gerhana Matahari yang Jarang Diketahui!

Gerhana Matahari adalah peristiwa alam yang terjadi di Bumi saat Bulan bergerak dalam orbit antara Bumi dan Matahari

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Gerhana Matahari adalah peristiwa alam yang terjadi di Bumi saat Bulan bergerak dalam orbit antara Bumi dan Matahari (hal ini juga dikenal sebagai okultasi).

Peristiwa ini terjadi saat Bulan Baru, yaitu ketika Matahari dan Bulan berkonjungsi satu sama lain. Jika Bulan sedikit lebih dekat ke Bumi, mengorbit di bidang yang sama dan orbitnya melingkar, maka kita akan melihat gerhana setiap bulan nya.

Orbit bulan berbentuk elips dan miring terhadap orbit Bumi, jadi kita hanya dapat melihat hingga 5 gerhana setiap tahun. Tergantung pada geometri Matahari, Bulan, dan Bumi, Matahari dapat tertutup total, atau dapat tertutup secara parsial.

Tipe-tipe Gerhana Matahari

.
Tipe-tipe Gerhana Matahari

Selama gerhana, bayangan Bulan (yang terbagi menjadi dua bagian: umbra gelap dan penumbra yang lebih terang) bergerak melintasi permukaan Bumi. JANGAN pernah melihat matahari secara langsung saat gerhana kecuali saat gerhana matahari total. Cahaya matahari yang terang bisa merusak mata kita dengan sangat cepat.

1. Gerhana Matahari Total

Gerhana Matahari Total
Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total terjadi ketika Bulan sepenuhnya memblokir piringan matahari. Dalam gerhana matahari total, bagian jalan tersempit (di mana Matahari benar-benar terhalang dan Bulan memancarkan bayangan tergelapnya (disebut umbra)) disebut sebagai "Zona Totalitas".

Baca: 5 Film Bertema Luar Angkasa Ini Visualnya Bikin Terpukau!

Kita dapat mengamati Matahari yang gelap (sering digambarkan sebagai "lubang di langit") dengan cahaya dari korona matahari yang redup saat terjadinya gerhana total.

2. Gerhana Matahari Cincin (Annular Solar Eclipse)

Gerhana Matahari Cincin
Gerhana Matahari Cincin

Ketika posisi Bulan berada lebih jauh dari orbit biasanya, Bulan tampak kelihatan lebih kecil untuk menutupi piringan Matahari secara total. Pada Gerhana Matahari Cincin, cincin sinar matahari yang cerah bersinar di sekitar Bulan. Gerhana ini kadang disebut "annulus" berasal dari kata Latin yang berarti "cincin".

Baca: Apa Itu Atmosfer dan Lapisan Atmosfer Bumi Yang Harus Kalian Ketahui!

Periode annularitas selama gerhana ini dapat berlangsung antara 5 atau 6 menit hingga 12 menit. Namun, meskipun Matahari sebagian besar tertutup oleh Bulan, sinar matahari yang cukup terang dapat lolos selama annularitas sehingga pengamat tidak dapat melihat Matahari secara langsung. Kita harus memakai kacamata pelindung saat sepanjang gerhana.

3. Gerhana Matahari Sebagian (Gerhana Matahari Parsial)

Gerhana Matahari Sebagian
Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana Matahari Sebagian atau Parsial terjadi ketika Bumi bergerak melalui penumbra bulan (bagian yang lebih terang dari bayangan Bulan) saat Bulan bergerak di antara Bumi dan Matahari.

Bulan tidak menghalangi seluruh piringan matahari, seperti yang terlihat dari Bumi. Bergantung pada lokasi kita selama gerhana parsial, kita mungkin dapat melihat sepotong kecil Matahari hingga gerhana total.

Fakta Menakjubkan dari Gerhana Matahari

.
  • Bergantung pada geometri Matahari, Bulan, dan Bumi, bisa terjadi antara 2 dan 5 gerhana matahari setiap tahun.
  • Gerhana Matahari Total terjadi ketika Bulan sepenuhnya mengaburkan Matahari sehingga hanya korona Matahari yang terlihat.
  • Gerhana matahari total bisa terjadi 1-2 tahun sekali. Hal ini membuat mereka menjadi peristiwa yang sangat langka.
  • Gerhana matahari total terlama bisa bertahan adalah 7,5 menit.
  • Lebar jalur totalitas biasanya sekitar 160 km dan dapat melintasi suatu area permukaan bumi dengan panjang sekitar 10.000 mil.
  • Gerhana yang hampir identik terjadi setelah 18 tahun 11 hari. Periode 223 bulan sinode ini disebut saros.
  • Saat terjadi gerhana matahari total, kondisi di jalur totalitas bisa berubah dengan cepat. Suhu udara turun dan area langsung menjadi gelap.
  • Jika ada planet di langit pada saat gerhana matahari total, planet tersebut dapat dilihat sebagai titik cahaya.

Baca: Kamu Anak Teknik atau MIPA? Yuk, Tonton 5 Film dengan Tema Biografi para Scientist ini!

Baca: 7 Negara Ini Wajib Kamu Kunjungi, Seperti Tidak di Bumi!

Baca: Buat Camaba Ini Jurusan Kuliah IPA Dengan Prospek Kerja Terbaik!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium