Generasi Millenial, Boomers, Gen X, Gen Z Ini Perbedaan Mereka Sebenarnya!

Istilah Generasi ini mulai viral terutama dikalangan sosial media, sebenarnya apa, sih, istilah Generasi ini?

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Apa yang berbeda dari Generasi Y dari X, dan apakah Generasi Z itu? Berapa umur spesifik setiap generasi di masa kini? Apakah mereka benar-benar berbeda? Sangat mudah untuk melihat mengapa ada begitu banyak kebingungan di masayarakat tentang kelompok generasi ini.

Jika kalian pernah merasa bingung dengan nama generasi-generasi ini kalian tidak sendiri. Oleh karena itu mari kita bahas para generasi ini lebih lanjut!

Generasi Millenial, Boomers, Gen X, Gen Z Ini Perbedaan Mereka

Orang-orang bertambah tua, namun tahun lahir tetap lah sama

Boomer

Sumber kebingungan yang umum saat memberi label generasi adalah berapa rentang usia mereka saat ini. Kelompok generasi ini ditentukan menurut tahun lahir, bukan usia saat ini. Alasannya sederhana, generasi bertambah tua secara berkelompok.

Jika kalian menganggap semua Milenial sebagai anak kuliah (18 - 22), maka kalian sedang memikirkan sebuah tahapan dalam hidup dan bukan sebuah generasi. Milenial saat ini mayoritas sudah keluar dari perguruan tinggi dan tahap kehidupan perkuliahan sekarang didominasi oleh Gen Z.

Contoh lain, seorang anggota Generasi X yang berusia 18 tahun pada tahun 1998 sekarang akan berusia hampir 40 tahun. Pada saat itu, dia peduli dengan masalah yang sangat berbeda dari dirinya di masa lampau. Terlepas dari usia kalian, kalian akan selalu termasuk dalam generasi tempat kalian dilahirkan. Artinya generasi ini pun bertumbuh seiring orang-orangnya bertumbuh, dan mungkin suatu saat nanti akan ada generasi baru lagi yang bermunculan.

Pengelompokan Generasi berdasarkan rentang usia:

Generations (Source: El Mundo de Mapfre)
Generations (Source: El Mundo de Mapfre)
  • Baby Boomers: Baby boomer lahir antara 1946 dan 1964. Saat ini mereka berusia antara 56-74 tahun
  • Gen X: Gen X lahir antara 1965 dan 1979/80 dan saat ini berusia antara 40-55 tahun
  • Gen Y: Gen Y, atau Millennials, lahir antara tahun 1981 dan 1994/6. Mereka saat ini berusia antara 24-39 tahun
  • Gen Z: Gen Z adalah generasi terbaru yang diberi nama dan lahir antara tahun 1997 dan 2012/15. Mereka saat ini berusia antara 8-23 tahun. Sementara untuk istilah "Milenial" telah menjadi cara populer untuk merujuk kedua segmen Gen Y.
  • Nama Generasi Z adalah placeholder bagi orang-orang termuda di planet ini. Hal ini cenderung berubah saat mereka meninggalkan masa kanak-kanak dan menjadi dewasa, saat itu tentunya Gen Z akan menjadi identitas remaja dan dewasa.
Baca: Potensi Bisnis Terbaik Pasca Pandemi Menjelang Tahun Baru 2021

Mengapa Generasi dilabeli dengan alphabet?

gen

Dimulai dengan Generasi X, orang yang lahir antara 1965-1980. Generasi sebelumnya adalah Baby Boomers, lahir 1946-1964. Pasca Perang Dunia II, orang Amerika menikmati kemakmuran yang baru ditemukan, yang menghasilkan "Baby Boom!". Anak-anak yang lahir sebagai hasilnya dijuluki Baby Boomers.

Tetapi generasi setelah Boomers tidak memiliki identitas budaya yang mencolok. Faktanya, itulah asal mula istilah Gen X yang bersifat anekdot - yang menggambarkan karakteristik yang belum ditentukan yang nantinya akan mereka ketahui. Bergantung pada siapa Anda bertanya, baik sosiolog, novelis, atau idol yang nantinya akan membentuk si Gen X ini.

Gen

Dari sana semuanya berdasarkan abjad. Generasi setelah Gen X secara alami menjadi Gen Y, lahir 1981-1996. Istilah "Milenial" secara luas dikreditkan ke Neil Howe, bersama dengan William Strauss. Pasangan ini menciptakan istilah tersebut pada tahun 1989 ketika pergantian milenium yang nantinya akan datang mulai sangat menonjol dalam kesadaran aspek kebudayaan.

Penamaan Generasi setelah Gen Z

gen

Generasi Z mengacu pada bayi yang lahir dari pertengahan 2000-an hingga saat ini, meskipun istilah tersebut belum digunakan secara luas. Ini mungkin menandakan akhir dari 'sup alfabet' (ini memang bertepatan dengan akhir alfabet secara literal). Berbagai label potensial telah muncul, termasuk Gen Tech, post-Millennials, iGeneration, dan Gen Y-Fi, dan Zoomers. Makin aneh-aneh ya nama Generasi ini nantinya.

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium