Ghost In The Shell

5 Bukti Ghost in The Shell Anime Genre Cyberpunk Terbaik!

Anime Ghost in The Shell adalah pelopor anime dengan genre Cyberpunk, berikut adalah beberapa bukti yang dapat kita jabarkan.

Featured-Image
5 Bukti Ghost in The Shell Anime Genre Cyberpunk Terbaik!

EMPATPAGI.COM- Ketika anime Ghost in the Shell rilis pada tahun 1995, belum ada anime yang mengikuti jejak genre mereka. Genre Cyberpunk sendiri mungkin sudah ada sejak munculnya film Neuromancer dan Blade Runner, tetapi anime ini berani untuk mengambil genre Cyberpunk.

Dengan mencampur teknologi, futurisme, filsafat, dan sisi sosiologi jiwa kemanusiaan, anime ini telah menjadi pelopor pertama film animasi yang berani mengambil genre masa depan. Nah, artikel berikut akan membahas 5 bukti bahwa anime Ghost in The Shell adalah anime genre Cyberpunk terbaik!

5 Bukti Ghost in The Shell Anime Genre Cyberpunk Terbaik!

1. Konsep yang Menarik

.

Bayangkan menciptakan kehidupan dari perangkat lunak yang terorganisir dengan cermat, mengkodekan kesadaran untuk membuat suatu kehidupan, dan memberikan esensi kemanusiaan ke dalam tubuh robot (Cyborg).

Baca: 5 Film CyberPunk Terbaik dengan Genre Masa Depan Distopia!

Namun, dalam anime ini karakter Motoko terus merenungkan sifat eksistensi nya, bertarung dalam konflik antara anatomi tubuh buatan dan emosi yang mengalir di dalam dirinya. Apakah ini berarti dia memiliki jiwa? Atau apakah dia hanya dari replika mekanik tubuh manusia?

2. Singularitas Teknologi

Salah satu gagasan inti dari dunia Cyberpunk adalah pembahasan mengenai evolusi manusia melalui augmentasi teknologi. Misalnya, seseorang dapat dengan mudah selamat dari atmosfer beracun Mars jika paru-paru nya dirancang untuk menghasilkan oksigen.

Dalam anime ini, karakter Batou memiliki tubuh yang terdiri dari anggota tubuh Cybernetic, dan mata nya memiliki program khusus yang memungkinkannya mengakses berbagai perspektif.

Jelas bahwa pada anime ini, singularitas dari teknologi benar-benar telah tercapai (titik di mana istilah seperti hidup / mati / manusia / cinta, secara radikal diubah melalui rekombinasi buatan).

3. Pelopor Anime dengan Terobosan Terbaru

Sebagai salah satu pelopor anime dengan genre Cyberpunk. Beberapa kritikus film memperhatikan kesamaan antara film science fictionHollywood, seperti Avatar (2009) dan A.I. (2001) serta video game seperti Metal Gear Solid (1998) dan Deus Ex (2000) dengan anime Ghost in the Shell.

Baca: Kamu Fans SAO? Coba Tonton 7 Anime Genre Isekai Terbaik Ini!

Wachowski Bersaudara pernah secara terbuka menyatakan pujian mereka terhadap anime Ghost in the Shell, mengklaim bahwa ide penggunaan "green digital rains", dan teknologi kabel penyambung ke tubuh manusia dalam film The Matrix terinspirasi dari anime Ghost in The Shell.

4. Kedalaman Filosofi

Ghost in the Shell memiliki beberapa unsur filosofi dari pemikir terkenal seperti Descartes, Hegel, Plato, dan Lao Tzu yang terfragmentasi menjadi sebuah mahakarya metafisika.

Terdapat beberapa pertanyaan kontroversial yang sangat rumit dari anime ini seperti pertanyaan apa itu tubuh? Dimana jiwa manusia berada? Apa artinya suatu kehidupan?

5. Musik yang Cocok dengan Pembawaan Suasana

Musik backsound dari anime Ghost in the Shell sangat membawa para penonton pada suasana yang mencekam di masa depan. Dengan kejeniusan Kenji Kawai dari film Ring (1998) dan Ip Man (2008) yang telah mencampurkan elemen harmoni dari lagu-lagu rakyat Bulgaria dengan nada Jepang kuno ke dalam anime ini. Musik yang dihasilkan oleh nya sangat mendukung suasana anime ini dengan unsur jalan yang sunyi dan gedung tinggi yang berkelap-kelip.

Baca: 5 Rekomendasi Film Anime yang Bikin Jadi Anime Lovers, Buat Pemula!

Baca: 5 Rekomendasi Anime dengan Rating Tertinggi di Tahun 2020

Baca: Banjir Oppai Ini Dia 7 Anime Genre Ecchi Dengan Fan Service Paling Banyak!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium