Ilmuan

Ini Dia 15 Ilmuan Muslim yang Terkenal Karena Penemuannya!

Muslim terkenal akan pengembangan ilmu pengetahuan yang pesat saat Abad Pertengahan.

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Ilmuwan Muslim pada zaman dahulu, yaitu dari negara-negara timur tengah, terkenal akan keilmuan dan ketenaran yang tinggi. Ilmuan Muslim ratusan tahun yang lalu bahkan lebih maju daripada rata-rata Ilmuan yang ada pada Abad Pertengahan Eropa. Mereka para Ilmuan Muslim telah mengembangkan teori-teori lama dari filsafat terkenal seperti Aristoteles, Neo-Platonis, Euclid, Archimedes, Ptolemeus, dan lainnya.

Kaum Muslimin telah melakukan penemuan yang sangat banyak dan menulis banyak buku tentang Kedokteran, Fisika, Kimia, Filsafat, Astronomi, Geometri dan berbagai bidang lainnya. Artikel ini akan membahas lebih lanjut mengenai siapa saja Ilmuan Muslim yang terkenal karena penemuannya.

15 Ilmuan Muslim yang Terkenal Karena Penemuannya

1. Abu Nasr Al-Farabi (872 M –950 M)

farabi

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Alpharabius. Dia adalah seorang Ilmuwan dan filsuf Arab, dianggap sebagai salah satu pemikir terkemuka di era abad pertengahan.

2. Al Battani (858 M –929 M)

battani

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Albatenius. Dia adalah ahli matematika, ilmuwan, dan astronom Arab yang berkontribusi dalam mengemukakan waktu dari tahun dan musim.

Baca: Kamu Anak Teknik atau MIPA? Yuk, Tonton 5 Film dengan Tema Biografi para Scientist ini!

3. Ibnu Sina (980 M –1037 M)

sina

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Avicenna. Dia adalah seorang filsuf dan ilmuwan Persia yang terkenal karena kontribusinya pada bidang filsafat dan pengobatan.

4. Ibnu Batutta (1304 M –1369 M)

batutta

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Syamsu Ad –Din. Ilmuan ini adalah seorang pelancong Arab yang menulis salah satu buku perjalanan paling terkenal dalam sejarah yaitu Al-Rihlah.

5. Ibnu Rushd (1126 M –1198 M)

rushd

Ilmuan Muslim juga dikenal sebagai Averroes. Dia adalah seorang filsuf Arab yang mengemukakan serangkaian ringkasan dan pengembangan teori tentang sebagian besar karya dari Aristoteles dan teori tentang Republik dari Plato.

6. Muhammad Ibnu Musa Al-Khawarizmi (780 M –850 M)

khawarizmi

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Algoritmi atau Algaurizin. Ilmuan Muslim ini memperkenalkan bilangan konsep Aljabar ke dalam ilmu matematika.

7. Omar Khayyam (1048 M –1131 M)

khayyam

Ilmuan Muslim Persia ini adalah seorang ahli matematika, astronomi, dan penyair yang terkenal dengan prestasi ilmiah nya dalam menciptakan Rubaiyat (“Syair”).

8. Tsabit Ibnu Qurra (826 M –901 M)

Qurra

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Thebit. Dia adalah seorang ahli matematika, dokter, dan astronom dari Arab. Tsabit ibnu Qurra merupakan ilmuan yang mengembangkan sistem teori Ptolemeus dan pendiri ilmu mekanika teknik statika.

9. Abu Bakar Al-Razi (865 M –925 M)

razi

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Rhazes. Dia adalah seorang ahli kimia dan filsuf Persia yang juga merupakan salah satu dokter terhebat dalam sejarah.

10. Jabir Ibnu Hayyan (722 M –804 M)

Hayyan

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Geber. Dia adalah bapak kimia dari Arab yang dikenal karena karyanya yang sangat berpengaruh di bidang kimia dan metalurgi.

11. Ibnu Ishaq Al-Kindi (801 M –873 M)

alkindi

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Alkindus. Dia adalah seorang filsuf dan ilmuwan Arab yang dikenal sebagai filsuf Muslim pertama yang mengemukakan filsafat peripatetik.

Baca: Bagaimana Bisnis dan Investasi Terbaik Menurut Al-Quran?

Filsafat peripatetik adalah salah satu aliran filsafat Islam dengan ciri khas beragam sudut pandang seperti sudut pandang metodologi dan epistimologinya. Filsafat peripatetik bersifat diskursif dan menggunakan kemampuan akal dalam proses penalarannya.

12. Ibnu Al-Haytham (965 M –1040 M)

Haytham

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Alhazen. Dia adalah seorang astronom dan matematikawan Arab terkenal karena kontribusinya yang penting pada prinsip-prinsip optik dan penggunaan eksperimen ilmiah.

13.  Ibnu Zuhr (1091 M –1161 M)

zuhr

Ilmuan Muslim ini juga dikenal sebagai Avenzoar. Dia adalah seorang dokter dan ahli bedah Arab yang terkenal karena buku nya yang sangat berpengaruh, Al-Taysir Fil-Mudawat Wal-Tadbeer (Buku Penyederhanaan Mengenai Terapi dan Diet).

14. Ibnu Khaldun (1332 M –1406 M)

khaldun

Ilmuan Muslim ini adalah seorang ahli sejarah dan sejarawan Arab yang mengembangkan salah satu filsafat sejarah nonreligius paling awal. Sering dianggap sebagai salah satu cikal bakal historiografi modern, sosiologi dan ekonomi.

15. Ibnu Al-Baytar (1197 M –1248 M)

baytar

Ilmuan Muslim ini adalah seorang ahli botani dan tabib Arab yang secara sistematis mencatat penemuan yang dibuat oleh para tabib Islam di Abad Pertengahan.

Banyak dari mereka memberikan kontribusi dalam menciptakan pondasi awal untuk berbagai bidang ilmu pengetahuan yang ada pada zaman sekarang, sebagai seorang Muslim jangan pernah berhenti belajar ya agar bisa menjadi seperti mereka!

Baca: Apakah Bunga Bank sama dengan Riba?

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium