Ini Dia Perbedaan Sistem Golongan Darah ABO dan Rh!

"Katanya Golongan Darah O kebal sama Corona."

EMPATPAGI.COM- Ada 4 golongan darah utama (tipe darah) - A, B, AB dan O. Golongan darah Anda ditentukan oleh gen yang Anda warisi dari orang tua Anda. Tiap golongan bisa RhD positif atau RhD negatif yang artinya total ada 8 golongan darah.

Antibodi dan antigen

Vials Of Blood On Medical Diaper
Vials Of Blood On Medical Diaper (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Darah terdiri dari sel darah merah, sel darah putih dan trombosit dalam cairan yang disebut plasma. Golongan darah Anda diidentifikasi oleh antibodi dan antigen dalam darah. Antibodi adalah protein yang ditemukan dalam plasma. Mereka adalah bagian dari pertahanan alami tubuh Anda. Mereka mengenali zat asing, seperti kuman, dan mengingatkan sistem kekebalan Anda, yang menghancurkannya. Antigen adalah molekul protein yang ditemukan di permukaan sel darah merah.

Baca: Ini 5 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik, Katanya Bisa Mencerdaskan Otak!

Sistem ABO

Vacutainer tubes with blood. Used in Covid-19 detection.
Vacutainer tubes with blood. Used in Covid-19 detection. (Unsplash/Testalize.me)

Ada 4 golongan darah utama yang ditentukan oleh sistem ABO:

  • golongan darah A - memiliki antigen A pada sel darah merah dengan antibodi anti-B dalam plasma
  • golongan darah B - memiliki antigen B dengan antibodi anti-A dalam plasma
  • golongan darah O - tidak memiliki antigen, tetapi antibodi anti-A dan anti-B dalam plasma
  • golongan darah AB - memiliki antigen A dan B, tetapi tidak memiliki antibodi

Golongan darah O adalah golongan darah yang paling umum. Hampir setengah dari populasi Inggris (48%) memiliki golongan darah O.

Menerima darah dari kelompok ABO yang salah bisa mengancam nyawa. Misalnya, jika seseorang dengan darah golongan B diberi darah golongan A, maka antibodi anti-A mereka akan menyerang sel golongan A. Inilah mengapa darah golongan A tidak boleh diberikan kepada orang yang memiliki darah golongan B dan sebaliknya.

Karena sel darah merah grup O tidak memiliki antigen A atau B, itu dapat dengan aman diberikan ke grup lain. Situs web NHS Blood and Transplant (NHSBT) memiliki lebih banyak informasi tentang golongan darah yang berbeda.

Sistem Rh

Vials of Blood.Vials of blood taken in the course of patient care at the National Institutes of Health Clinical Center in Bethesda, Maryland. Test tubes. Blood test.Creator:Daniel Sone
Vials of Blood.Vials of blood taken in the course of patient care at the National Institutes of Health Clinical Center in Bethesda, Maryland. Test tubes. Blood test.Creator:Daniel Sone (Unsplash/National Cancer Institute)

Sel darah merah terkadang memiliki antigen lain, protein yang dikenal sebagai antigen RhD. Jika ini ada, golongan darah Anda RhD positif. Jika tidak ada, golongan darah Anda RhD negatif.

Ini berarti Anda dapat menjadi 1 dari 8 golongan darah:

  • A RhD positif (A +)
  • A RhD negatif (A-)
  • B RhD positif (B +)
  • B RhD negatif (B-)
  • O RhD positif (O +)
  • O RhD negatif (O-)
  • AB RhD positif (AB +)
  • AB RhD negatif (AB-)

Sekitar 85% populasi Inggris RhD positif (36% populasi memiliki O +, tipe yang paling umum).

Dalam kebanyakan kasus, darah O RhD negatif (O-) dapat dengan aman diberikan kepada siapa saja. Ini sering digunakan dalam keadaan darurat medis ketika golongan darah tidak segera diketahui. Aman untuk sebagian besar penerima karena tidak memiliki antigen A, B atau RhD pada permukaan sel, dan kompatibel dengan setiap golongan darah ABO dan RhD lainnya.

Lalu, siapakah yang boleh donor darah?

Vital test
Vital test (Unsplash/Hush Naidoo)

Kebanyakan orang dapat memberikan darah, tetapi hanya 1 dari 25 orang yang benar-benar melakukannya. Anda dapat mendonorkan darah jika Anda:

  • bugar dan sehat
  • beratnya setidaknya 50kg (7st 12lb)
  • Berusia 17-66 tahun (atau 70 jika Anda pernah memberikan darah sebelumnya)
  • Berusia di atas 70 tahun dan telah memberikan darah dalam 2 tahun terakhir
Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium