Investasi

Jangan Mulai Inventasi Sebelum Kenali 5 Jenis Investasi ini

Ada banyak jenis investasi yang dapat kamu lakukan untuk melakukan penanaman modal di masa depan.

Featured-Image
Jenis-jenis investasi

EMPATPAGI.COM - Investasi merupakan salah satu hal yang berkaitan dengan perekonomian, khususnya yang bersangkutan dengan keuangan. Investasi dilakukan guna menyimpan uang dengan harapan untuk mendapatkan sebuah keuntungan di masa mendatang atau lebih singkatnya investasi adalah salah satu bentuk penanaman modal di masa depan.

Namun, banyak jenis investasi yang terkadang bisa membuahkan kerugian ketimbang keuntungan, terlebih jika kamu merupakan orang yang baru dalam dunia per-investasi-an.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 jenis-jenis investasi yang aman untuk kamu gunakan untuk penanaman modal sebagai seorang pemula.

5 Jenis-jenis Investasi yang Aman

1. Emas

Emas
Emas

Emas merupakan salah satu jenis investasi yang paling sering dilakukan oleh para investor pemula. Kamu bisa memantau harga emas dan membelinya saat harganya sedang turun. Namun, kamu perlu berjaga-jaga untuk mengawasi turunnya harga emas ataupun naiknya harga emas lantaran kelangkaan barang itu sendiri.

Baca: 5 Tips Hasilkan Uang dari Internet untuk Pemula, Bisa dari Rumah!

2. Obligasi

Obligasi
Obligasi

Banyak yang berasumsi bahwa berinvestasi pada surat obligasi merupakan jenis investasi yang aman dan rendah resiko dibandingkan investasi lainnya. Kelebihan dari investasi ini adalah investor berhak mendapatkan bunga yang diberikan secara berkala, atau yang artinya pendapatan tersebut bersifat tetap. Namun, obligasi erat berkaitan dengan kondisi ekonomi dan politik pada suatu negara. Ada banyak jenis obligasi, yakni obligasi pemerintah, perusahaan, municipal.

3. P2P Lending

P2P lending
P2P lending

P2P Lending atau peer-to-peer lending ini merupakan jenis investasi yang terbilang baru di Indonesia. sistem investasi ini kerap dijalankan oleh perusahaan teknologi finansial atau fintech. Di sini, kamu bisa meminjamkan dana kepada badan perusahaan maupun individu, jumlahnya pun relatif, kamu bisa mulai dari 100ribu saja. Tak hanya dapat membuahkan keuntungan di masa depan, para investor juga turut membantu pertumbuhan UKM di Indonesia dalam P2P Lending ini.

Baca: Ini 5 Game Online yang Bisa Menghasilkan Uang, Gak Pakai Modal!

4. Deposito

Deposito
Deposito

Jenis investasi ini merupakan jenis investasi yang paling mudah dan cocok untuk dilakukan oleh para investor pemula. Sistemnya hampir sama dengan menabung di bank, hanya saja tingkat bunga pada deposito terbilang lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa. Jika kamu berinvestasi dengan jumlah uang yang sedikit maka tingkat bunga yang kamu dapat juga sedikit, berlaku sebaliknya.

5. Properti

Properti
Properti

Serupa namun tak sama dengan berinvestasi emas. Jenis investasi satu ini memiliki resiko kerugian yang terbilang rendah. Kamu bisa membeli sebuah apartment, rumah, dan tempat tinggal lainnya untuk nantinya dijual ketika harga pasarannya melejit naik. Namun, kamu juga perlu melakukan perawatan yang biayanya tidak murah untuk memastikan property mu selalu dalam keadaan yang baik.

Nah, itu lah kelima jenis-jenis investasi yang cocok dan aman dilakukan untuk para investor pemula. Semoga bermanfaat!

Baca: Ini 5 Aplikasi Pinjaman Online yang Terdaftar di OJK, Uang Langsung Cair!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz