Keuangan Syariah

Jihad Melawan Hawa Nafsu vs. Ingin Sukses Bisnis

Apakah ingin sukses bisnis dipicu hawa nafsu? Ingin sukses bisnis adalah salah satu target yang banyak diimpikan semua orang.

EMPATPAGI.COM -Rasulullah SAW menyebutkan bahwa jihad terbesar adalah melawan hawa nafsu. Melawan hawa nafsu merupakan ujung pangkal dari jihad itu sendiri. 

Dalam sebuah hadis Rasulullah SAW bersabda:

Kalian telah pulang dari sebuah pertempuran kecil menuju pertempuran akbar. Lalu sahabat bertanya, “Apakah pertempuran akbar itu wahai Rasulullah? Rasul menjawab, “jihad memerangi hawa nafsu.”

Apakah ingin sukses bisnis dipicu hawa nafsu? Ingin sukses bisnis adalah salah satu target yang banyak diimpikan semua orang. Pertanyaannya: Apakah Hal diatas tidak sesuai dengan jihad melawan hawa nafsu?

Hawa Nafsu Ingin Sukses Bisnis

A. Perlu Jihad Melawan Hawa Nafsu

Jihad melawan hawa nafsu maksudnya adalah mencurahkan segenap usaha dan kemampuan untuk berkomitmen terhadap aturan Allah SWT dan mengikuti jalan Dan tuntunannya.

Hal ini mecakup ketaatan dan peribadahan kepada Allah SWT, menjauhi maksiat, melaksanakan kewajiban terhadap Allah SWT, diri sendiri, umat manusia, alam semesta, dan semua makhluk.

Baca: Apakah Hidup Untuk Uang Termasuk kesyirikan?

Dua aspek tantangan melawan hawa nafsu: Pertama, nafsu merupakan musuh dari dalam diri. Ingat apabila pencuri berasal dari dalam rumah, ia akan lebih sulit untuk diketahui.

Kedua, nafsu merupakan juga musuh tapi dicintai. Jika seseorang mencintai musuhya bagaimana mungkin ia akan melawannya.

Diantara aspek terpenting dalam jihad melawan hawa nafsu adalah melatih jiwa dan diri sendiri agar dapat terjun melaksanakan jihad. Sesungguhnya, jihad melawan hawa nafsu merupakan tingkatan penting jihad sebagaimana tuntunan Islam.

B. Berusaha Untuk Melawan Hawa Nafsu

Hendaknya seseorang berusaha untuk selalu melawan hawa nafsunya meskipun secara bertahap, sedikit demi sedikit. Sampai dia mendapatkan rasa nikmat mengalahkan hawa nafsu.

Karena dengan demikian kekuatannya akan menjadi mantap. Barangsiapa yang merasakan lezatnya mengalahkan hawa nafsu, maka ia akan merasakan kenikmatan dan kelezatan yang sangat luar biasa.

Baca: Bagaimana Bisnis dan Investasi Terbaik Menurut Al-Quran?

Dengan membiasakan diri untuk melakukan perbuatan atau amalan yang berat, maka seseorang akan terbiasa untuk melakukan amalan tersebut. Seumpama orang yang bekerja untuk mengangkat barang berat, kekuatan mereka terus bertambah.

Barangsiapa yang tidak ada kesungguhan untuk melawan hawa nafsu maka agamanya selalu berkurang dan syahwatnya akan menjadi kuat.

Sebaliknya yang selalu membiasakan diri untuk melawan hawa nafsunya, ia akan menang atas hawa nafsunya kapanpun dia inginkan.

C. Ingin Sukses Bisnis - Tetap Taat Allah SWT

Hakikat seorang berjihad adalah orang yang berjuang melawan nafsunya agar senantiasa menjalankan segala ketaatan.

Di antara ketaatan adalah berjuang di jalan Allah dan meninggalkan kemunkaran. Secara umum, seluruh ketaatan tidak akan sempurna tanpa jihad melawan nafsu.

Hawa nafsu diciptakan ada pada diri manusia guna menjaga keberlangsungan hidupnya seperti usaha berbisnis.

Baca: Ini 5 Keuntungan Investasi Emas, Cocok Buat Investor Pemula

Tanpa nafsu manusia tidak akan dapat hidup, nafsu untuk makan minum, nafsu untuk menikah, nafsu untuk membangun bisnis, dan sebagainya.

Pertanyaannya, apakah ingin sukses bisnis mengikuti hawa nafsu? Tidak ada yang salah dengan nafsu, yang patut direnungkan adalah seberapa konsisten manusia menempatkan nafsunya dengan baik dan selalu taat kepada Allah SWT.

Kebanyakan manusia tak mampu mengendalikan hawa nafsu, selalu melampaui batas.

Yang sering terjadi manusia hanyut dan hanya membudak pada hawa nafsu, syahwat, dan amarahnya sehingga terperosok dalam jurang kehinaan dan jauh dari nilai-nilai kemanusiaan. Bisnis sukses tapi menghalalkan segala cara.

Baca: Apakah Bunga Bank sama dengan Riba?

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz