Kemandulan

Langkah Untuk Mengetahui Masalah Kemandulan Pada Wanita!

Kemandulan pada wanita dapat dideteksi dengan melalui serangkaian tes berikut.

Featured-Image
Langkah Untuk Mengetahui Masalah Kemandulan Pada Wanita!

EMPATPAGI.COM- Bagi para wanita atau pria yang “tidak memiliki kemampuan untuk mempunyai anak”, seringkali disebut “mandul” oleh banyak masyarakat. Kemandulan adalah merupakan masalah kesehatan berkenaan dengan tingkat fertilitas ataupun kesuburan.

Bagaimanasih cara bagi kita untuk mengetahui masalah kesuburan ini? Para dokter umumnya akan mengatakan suatu individu atau pasangan mempunyai masalah kesuburan berdasarkan hasil diagnosa tidak terdapatnya pembuahan sel telur wanita, dari aktifitas intensitas hubungan seksual tanpa menggunakan pengaman selama 12 bulan atau lebih.

Pada kesmpatan kali ini, Empatpagi.com akan membahas 3 macam tes yang kerap kali diuji untuk mengetahui apakah seorang wanita mengalami kemandulan atau tidak!

3 Macam Tes Pemeriksaan Kemandulan pada Wanita

1. Tes Hormon Darah

Tes Hormon Darah
Tes Hormon Darah

Berdasarkan buku “Mengatasi Infertilitas”yang ditulis oleh Dr. Eeson Sinthamoney, pada hari pertama siklus menstruasi kita dapat melakukan tes hormon darah untuk menguji tingkat infertilitas wanita.

Dengan melakukan tes ini, para dokter akan meneliti apakah wanita yang diuji sedang dalam masa Ovulasi atau tidak dengan cara memperkirakan jumlah sel telur yang terdapat pada indung telur, dan juga akan melakukan diagnosa terhadap tingkat hormon androgen pada wanita yang diuji.

Baca: 7 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil, Jaga Janin Dalam Kandungan!

Penyebab paling umum dari masalah kemandulan para wanita disebut dengan infertilitas anovulasi, dimana terdapat kelebihan hormon androgen atau disebut juga dengan polycystic ovary syndrome (PCOS). Terdapat sekitar 90-95% wanita yang memiliki masalah anovulasi ketika mendatangi klinik infertilitas ternyata menderita PCOS.

2. Tes USG pada Panggul

Tes USG pada Panggul
Tes USG pada Panggul

Para dokter dapat melakukan pemindaian terhap panggul wanita untuk melihat kondisi rahim dan indung telur pada wanita. Dengan melakukan pemindaian ini, para dokter dapat melihat apakah wanita yang diuji memiliki endometriosis atau tidak.

Endometriosis sendiri adalah merupakan pertumbuhan jaringan endometrium pada indung telur, tuba fallopi, dan area sekitar bagian belakang atau depan rahim. Endometriosis dapat menyebabkan pembengkakan dan menimbulkan kista yang menjadi permasalahan umum pada kemandulan.

Baca: 7 Jenis Makanan Ini Dapat Menggugurkan Kandungan, Jangan Asal Makan!

Selain itu, tes USG pada panggul dapat juga mengindetifikasi fibroid, yaitu tidak normalnya pertumbuhan sel pada dinding rahim wanita yang diuji. Fibroid pada umumnya bersifat jinak, tetapi dengan terindikasinya fibroid pada wanita dapat meningkatkan tingkat kemandulan bagi wanita yang diuji.

Pada tes ini, para dokter akan melihat jumlah persediaan sel telur yang dimiliki oleh para wanita yang diuji, karena tingkat persediaan sel telur pada wanita sangat berhubungan dengan jumlah embrio yang berpotensi untuk berkembang menjadi janin.

3. Tes Patensi Tuba

Tes Patensi Tuba

Tes Patensi Tuba

Tes ini berupaya untuk melihat apakah terdapat sumbatan pada bagian tuba fallopi wanita yang diuji. Prosedur tes ini dilakukan oleh para ahli radiologi bidang histerosalpingografi (HSG).

Prosedur yang dilakukan adalah dengan memasukkan zat pewarna melalui vagina untuk memenuhi bagian rahim. Saluran telur akan terindikasi dalam kondisi terbuka jika cairan pewarna berhasil mencapai rongga perut dari wanita yang diuji.

Nah, diatas merupakan beberapa macam tes yang diperlukan untuk mengetahui tingkat kemandulan dari seorang wanita. Jangan lupa untuk mengecek tingkat kesuburan para suami juga ya, karena masalah kesuburan tidak hanya dialami oleh para wanita saja, tetapi terkadang para pria pun juga dapat mengalami masalah kesuburan juga!

Baca: Ini 5 Obat Kuat yang Aman dan Alami, Pakai Bahan Tradisional!

Baca: Rahasia Warna Darah Haid Tergantung Periodenya, Jangan Panik!

Baca: Telat PMS? Ini 5 Cara Agar Cepat Haid Dengan Mudah dan Aman!

Komentar

Trending

asdasd
RegisterForgot Password
Ekstensium