Fintech

Kenapa Milenial Mengganti Dompet Tebal dengan Dompet Digital

Salah satu tanda "cashless society"masa kini adalah penggunaan dompet digital atau e-wallet oleh para milenial.

Featured-Image
Ilustrasi Dompet

EMPATPAGI.COM - Dompet digital adalah penggunaan applikasi di "smartphone" untuk melakukan pembayaran. Data kartu kredit Dan kartu pembayaran lainnya dapat juga dimasukkan ke applikasi tersebut. Dengan dompet digital, konsumen tidak perlu lagi membawa dompet tebal kemana-mana.

Di beberapa tahun ke depan ini, penggunaan dompet digital diprediksi akan terus bertambah. Hal ini tidak lepas dari semakin canggihnya teknologi dan bertambahnya jumlah pengguna smartphone.

Sekarang sudah banyak alternatif Dompet digital dengan fitur yang hampir sama kecuali promo dan maksimum dana transaksi, untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan kita.

Dompet Digital ala Milenial

Manfaat dan Kegunaan Dompet Digital

Dompet digital adalah penggunaan applikasi di "smartphone" untuk traksasi keuangan.

Dompet digital berbeda dengan uang elektronik yang menggunakan kartu sebagai alat pembayarannya.

Sekarang kemana-mana tidak harus membawa dompet yang tebal, karena semua transaksi dilakukan melalui applikasi dompet digital.

Baca: Multi Aplikasi Fintech Diperlukan Sesuai Dengan Kebutuhan Konsumen

Dompet tidak harus tebal dengan uang kertas dan kartu-kartu ATM untuk bertransaksi. Berbagai layanan transaksi keuangan sudah ada di "smartphone" kamu.. Untuk kondisi sekarang dompet digital banyak digunakan untuk pembayaran transportasi (40%) Dan pembayaran makanan minuman yang diantar kerumah (40%).

Alternatif Dompet Digital

Transaksi non tunai yang semakin banyak dilakukan turut mendorong perkembangan e-wallet atau dompet digital.

Ada beberapa alternatif dompet digital yang bisa dipakai antara lain penggunanya relatif banyak adalah:

Dana

Dompet digital ini didesain untuk menjadikan setiap transaksi nontunai dan nonkartu secara digital, baik online maupun offline.

Baca: Perbankan Punya Waktu 10 Tahun Lagi Sebelum Tergilas Fintech

DANA menjamin transaksi dapat berjalan dengan cepat, praktis dan tetap terjamin keamanannya.

Gopay

Go-Pay merupakan salah satu fitur dari aplikasi Go-Jek . Gopay adalah sebuah aplikasi untuk ojek online.

Anda dapat membayar semua layanan Go-Jek seperti seperti Go-Ride, Go-Car, Go-Food dan lainnya melalui dompet digital ini. Sekarang layanan transaksinya meluas seperti dompet digital lainnya.

LinkAja

LinkAja adalah sebuah layanan uang elektronik non tunai dan non kartu yang berbasis aplikasi. LinkAja dapat melakukan berbagai transaksi nontunai. Janjinya, transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan praktis. Saldo dan akun TCASH kemudian akan langsung terkonversi menjadi dana LinkAja dan siap untuk digunakan.

OVO

OVO adalah sebuah aplikasi "smartphone" yang memberikan layanan pembayaran dan transaksi secara online (disebut OVO Cash).

Konsumen juga bisa berkesempatan untuk mengumpulkan poin setiap kali konsumen melakukan transaksi pembayaran melalui OVO.

Baca: Apa Itu Mata Uang Digital Bitcoin, dan Bagaimana Cara Mendapatkannya

Dari segi fitur applikasi semua applikasi hampir menyediakan layanan yang hampir sama.

Daya tarik mereka adalah adanya promo Dan program bantuan ke UKM atau masyarakat kurang mampu seperti bantuan subsidi/potongan pembayaran listrik mereka

Pertimbangan Penggunaan Dompet Digital

  1. Membayar Lebih PraktisDompet digital dapat membayar transaksi sehari-hari seperti tagihan bulanan (listrik, air, pulsa). Dompet digital juga dapat digunakan untuk belanja online di marketplace.
  2. Pembayaran semakin praktis karena Dompet digital bisa menyimpan kartu debit &kredit Anda. Tidak perlu lagi membawa banyak kartu bank di dompet tebal.
  3. Dalam transaksi, konsumen dapat menggunakan Saldo DANA. Cara mengisi saldonya bisa dilakukan dari ATM atau mobile banking.
  4. Transaksi elektronik semakin praktis dan mudah, karena ada DANA QRIS yang bisa di scan ketika melakukan pembayaran dengan aplikasi DANA. QRIS merupakan kode QR berstandar nasional yang ditetapkan oleh Bank Indonesia sehingga di Indonesia hanya membutuhkan satu QR untuk semua transaksi.
  5. Gratis kirim uang antar bankSalah satu keunggulan aplikasi dompet digital selanjutnya adalah gratis transfer ke rekening bank maupun ke sesama akun dompet digital lainnya.

Jadi, kalau teman atau keluarga minta sering di dikirim uang tak perlu lagi khawatir keluar biaya administrsi keuangan.

Layanan yang ditawarkan dompet digital kepada milenial menjadi alasan penggunaan digital yang menggantikan dompet tebal.

Baca: Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Pinjol yang Bisa Dicicil dan Aman!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz