Kisah Hidup Nabi Ilyasa yang Rendah Hati

Sebelumnya Nabi Ilyasa merupakan murid Nabi Ilyas

Featured-Image
Jameh mosque of Ahvaz (Unsplash/Ashkan Forouzani)

EMPATPAGI.COM- Al-Yasa (Ilyasa), juga disebut sebagai Elisha atau Elyas '(AS) dianggap sebagai Nabi dalam Yudaisme, Kristen, dan Islam. Al Yasa adalah salah satu Bani Israel keturunan Yusuf ibn Ya'qoob ibn is-haaq ibn Ibraaheem al-khaleel.

Allah menurunkan Al-yasa sebagai penerus Nabi Ilyas (saw) untuk membantu membimbing anak-anak Israel. Dia tinggal di antara orang-orangnya dan meminta mereka untuk mematuhi hukum dan perintah Allah.

Nabi Ilyasa dalam Al-Qur’an

Quran is a holy book for muslims.
Quran is a holy book for muslims. (Unsplash/Syed Aoun Abbas)

Dalam Alquran, nama Nabi Ilyasa disebut dua kali dalam surat Al-Anam dan surat Shad. Allah berfirman dalam surat Al-An'am ayat 86 dan 87 bahwa Ilyasa termasuk dalam manusia-manusia pilihan.

وَٱلۡيَسَعَ وَيُونُسَ وَلُوطٗاۚ وَكُلّٗا فَضَّلۡنَا عَلَى ٱلۡعَٰلَمِينَ ٨٦ وَمِنۡ ءَابَآئِهِمۡ وَذُرِّيَّٰتِهِمۡ وَإِخۡوَٰنِهِمۡۖ وَٱجۡتَبَيۡنَٰهُمۡ وَهَدَيۡنَٰهُمۡ إِلَىٰ صِرَٰطٖ مُّسۡتَقِيمٖ ٨٧

Artinya:

"Dan Ismail, Ilyasa', Yunus dan Luth. masing-masing Kami lebihkan derajatnya di atas umat (di masanya). Dan Kami lebihkan (pula) derajat sebahagian dari bapak-bapak mereka, keturunan dan saudara-saudara mereka. dan Kami telah memilih mereka (untuk menjadi nabi-nabi dan rasul-rasul) dan Kami menunjuki mereka ke jalan yang lurus."

Baca: Islam adalah Agama yang Memudahkan Umatnya

Para Pendosa kembali berbuat setelah Nabi Ilyasa meninggal

Unsplash/Mohammad Almashni
(Unsplash/Mohammad Almashni)

Dikatakan oleh Ibn Kathir bahwa setelah Ilyasa meninggal, pertikaian meningkat, berbagai peristiwa mengambil momentum dan dosa meningkat di mana-mana. Akhirnya jumlah tiran bertambah besar dan berusaha membunuh Nabi. Penduduk Bani Israil kembali mengingkari Allah. Karena terlena keadaan dan sumber alam yang kembali normal, jauh dari bencana kekeringan, Bani Israil di negeri Ba'labak itu kembali menyembah berhala.

Nabi Ilyasa Selalu memperingatkan Bani Israil

Gold And Black Round Ceiling
Gold And Black Round Ceiling (Pexels.com/Nizam Arif)

Sebagaimana Nabi Ilyas, Nabi Ilyasa juga kembali memperingatkan Bani Israil dan mengajak mereka kembali ke ajaran Allah. Namun ajakan itu diabaikan dan tak luput dari hinaan. Nabi ilyasa tetap gigih dan sabar seraya mengajak Bani Israil beriman kepada Allah SWT.

Nabi Ilyasa pun meminta petunjuk kepada Allah SWT atas kondisi tersebut. Pertanyaan Ilyasa dijawab dengan penduduk di negeri Ba'labak itu yang kembali dilanda bencana kekeringan. Ilyasa kembali memperingatkan kaumnya untuk bertobat, tapi lagi-lagi, tak dipedulikan.

Semasa hidupnya Nabi Ilyasa selalu mengajarkan kebajikan dan rendah hati

Dia sangat mencintai dan berkomitmen untuk membimbing umatnya di jalan yang benar. Dia benar dan secara konsisten menunjukkan kerendahan hati, semangat dan melakukan hal yang benar. Ini adalah sesuatu yang kita semua bisa perjuangkan dan latih.

Muslims praying on Friday in Dubai. The congregation has spilled onto the road outside of the mosque.
Muslims praying on Friday in Dubai. The congregation has spilled onto the road outside of the mosque. (Unsplash/Levi Clancy)

Seperti yang disebutkan didalam Al-Baqarah ayat 177

Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin, musafir (yang memerlukan pertolongan) dan orang-orang yang meminta-minta;dan (memerdekakan) hamba sahaya, mendirikan shalat, dan menunaikan zakat;dan orang-orang yang menepati janjinya apabila ia berjanji, dan orang-orang yang sabar dalam kesempitan, penderitaan dan dalam peperangan. Mereka itulah orang-orang yang benar (imannya);dan mereka itulah orang-orang yang bertakwa. (Referensi: https://tafsirweb.com/675-quran-surat-al-baqarah-ayat-177.html)

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium