Lagi Cari Kerja? Ini Dia Jenis Soal Psikotes Yang Bakal Diuji!

Psikotes adalah tes yang paling menentukan seberapa layak kalian di perusahaan tersebut.

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Disaat kalian melamar kerja pasti bagian rekrutmen atau HRD di tempat kalian melamar ingin mengetahui kemampuan kalian dari sisi pskologis, yang disebut dengan soal psikotes.

Ga jarang kebanyakan pelamar cenderung meremehkan psikotes ini, padahal psikotes terbukti adalah tes yang paling penting didalam menentukan kualitas pelamar. Agar kalian berhasil lolos, mau tidak mau harus menguasai psikotes ini, seperti apasih jenis soalnya?

Ini Dia Jenis Soal Psikotes Yang Bakal Diuji!

1. Test Kemampuan Verbal

;

Soal Psikotes yang satu ini untuk mengetahui kemampuan kamu didalam menghadapi berbagai macam jenis masalah, dengan cara bagaimana kamu melihat sebab akibat dari suatu permasalahan. Biasanya soal yang ada pada tes ini berkisar antara 30 soal lebih.

Satu-satunya cara untuk menguasainya adalah dengan latihan dan memperbanyak kosa kata dan artinya, hal tersebut akan membuat logika kalian semakin kuat dalam menghadapi tes ini. Untuk mengerjakan tes ini, kalian juga harus mempelajari soal sinonim, antonim, analog, dan korelasi makna.

Pokoknya penggunaan logika adalah kunci untuk mengerjakan tes ini. Tentu kalian juga harus konsentrasi dan tenang ya!

2. Test Logika Aritmatika

v

Kali ini adalah masalah hitung-hitungan, biasanya tes ini menampilkan soal berupa deret aritmetika, dan meminta kalian untuk menebak deret tertentu. Polanya tentu saja bermacam-macam dari mulai urut hingga lompat-lompat tidak teratur.

Angka-angka tersebut bisa dijawab melalui perkalian, pembagian, pecahan, dan persentase. Tes ini bertujuan untuk melihat kemampuan kalian dalam menganalisa pola tertentu nantinya di dalam pekerjaan.’

Baca: Gelombang Ketiga Covid-19 Mulai Membuat Jepang dan Korea Selatan Pusing!

3. Test Logika Penalaran

k

Tes Logika kali ini adalah untuk mengukur kemampuan kamu dalam kecepatan untuk mengambil keputusan dan menganalisa suatu permasalahan. Tes kali ini menggunakan gambar 2 dimensi dan 3 dimensi.

Kuncinya adalah konsentrasi, karena sangat banyak orang-orang yang terjebak oleh gambar-gambar yang disajikan karena terlalu meremehkan dan kurang konsentrasi. Terakhir adalah kerjakan dari yang mudah terlebih dahulu, ya!

4. Test EPPS

v

Kepanjangan dari EPPS adalah Edward Personal Preference Schedule. jenis soal psikotes ini berfungsi dalam menilai kepribadian dan karakter kalian. Tidak ada yang benar dan salah dalam jawaban ini, namun ini adalah salah satu tes penentu juga, karena kalian bakal dilihat kompeten atau tidak dibidang yang ingin kalian lamar.

Jawablah seluruh pertanyaan di tes EPPS ini dan pilihlah jawaban yang paling sesuai dengan diri kalian!

5. Kraepelin atau Pauli

Tes ini juga dikenal dengan tes koran, karena kertasnya yang lebar kaya kalian lagi baca koran. Pada tes ini kamu akan diminta untuk menghitung angka-angka yang disusun secara vertikal. Tes Kraepelin/Pauli bertujuan untuk melihat kecepatan, konsistensi, dan ketelitian kalian. Untuk mengukur apakah kalian teliti di dalam pekerjaan kalian nantinya atau tidak.

h

Kalau kalian salah sedikit aja, itu membuktikan bahwa kalian orang yang memiliki daya tahan tinggi terhadap tekanan.

Baca: Data Pribadi Pengguna Muslim Pro Dibeli Militer AS!

6. Test Draw a Person

a

Nah, kalau yang ini kalian diminta buat menggambar orang sesuai dengan perspektif kalian nih. Di gambar ini kalian juga diminta mendeskripsikannya secara menyeluruh. Tes ini bertujuan untuk mengetahui seberapa percaya diri, stabilitas, dan tanggung jawab kalian dalam bekerja.

Ada sedikit tips pada tes ini, sebaiknya kalian menggambar diri kalian sendiri, dan menjelaskan deskripsi diri kalian secara detail. Dan gambar ini sesuai dengan gender kalian, dan jangan lupa gambar lah dengan detail meskipun tidak terlalu bagus.

7. Army Alpha Intelligence

a

Terdiri dari kombinasi angka dan kombinasi bangun datar, soal dalam tes ini saling berkaitan satu sama lain, dan juga tingkat kesulitannya ada pada penguji yang hanya menjelaskan instruksi sekali saja.

Tes ini bertujuan untuk mengukur daya tangkap kalian dan menguji diri kalian untuk memahami perintah dan menjalankannya.

8. Tes Wartegg

a

Penemunya adalah Ehrig Wartegg pada tes ini tersedia 8 panel yang terdapat pola di dalamnya dan kalian diminta menggambar sesuai dengan imajinasi kalian, dengan pola tersebut.

Tidak perlu terburu-buru dan santai saja dalam mengerjakan test ini, pahami pola-pola tersebut, test ini bakal menguji kalian dalam menyelesaikan masalah dan juga beradaptasi.

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium