Kopi

Jangan Ngaku Coffee Addict, Sebelum Tahu Jenis-jenis Kopi Ini!

Ngaku pencinta kopi, tapi belum tahu jenis-jenisnya? Yuk simak ulasannya!

Featured-Image
Jenis-jenis kopi

EMPATPAGI.COM - Banyak orang yang menganggap dirinya sebagai seorang penikmat kopi hanya dengan sering menikmati secangkir kopi. Pergi ke satu cafe ke cafe lainnya demi menikmati secangkir kopi merupakan hal yang dilakukan oleh orang-orang dengan julukan “coffee addict”ini. Namun, gak semua orang paham betul dengan macam-macam kopi yang ada.

Salah kaprah dalam menafsirkan jenis kopi pasti sering terjadi kepada “coffee addict” pemula. Kebanyakan para pemula peminum kopi seringkali kebingungan saat hendak memesan secangkir kopi di sebuah cafe. Untuk itu, berikut Empat Pagi jelaskan macam-macam kopi biar lo gak salah pesan!

9 Jenis Kopi yang Wajib Coffee Addict Tahu!

1. Black

View this post on Instagram

A post shared by Bruno | Bike, Coffee &Wines (@marsonbruno) on

Sesuai namanya, ini adalah jenis kopi berisikan kopi hitam full, tanpa adanya tambahan gula sekalipun. Macam kopi ini cocok buat lo yang suka dengan pahitnya kopi tanpa tambahan campuran lain.

2. Americano

View this post on Instagram

A post shared by Aong Simplified (@aong_simplified) on

Beralih ke macam-macam kopi yang terbilang masih strong. Americano adalah campuran dari espresso dan air panas, sehingga kopi ini bersifat sangat cair atau tidak kental. Rasa kopi satu ini akan terasa sedikit asam di lidah.

Baca: Ini 5 Rekomendasi Kuliner Non Halal Legendaris di Bali, Nyesel Kalo Nggak Cobain!

3. Flat White

View this post on Instagram

A post shared by FLAT WHITE BROWN SUGAR (@flatwhitebrownsugar) on

Masih di dalam lingkup per-espresso-an, flat white adalah salah satu dari macam-macam kopi yang kadar kopinya masih terbilang cukup strong. Kopi satu ini berisikan campuran espresso dengan takaran 50:50 dengan steamed milk. Kopi ini cocok buat lo yang pengen ngopi dengan rasa kopi yang strong juga campuran rasa susu di dalamnya.

4. Latte

View this post on Instagram

A post shared by Raj Bhavsar (@rajkreates) on

Miliki kandungan yang sama dengan flat white, namun penggunaan kopi di dalam latte ini jauh lebih sedikit dibandingkan flat white. Selain itu, latte menggunakan sedikit foam milk di atasnya yang menyamarkan rasa kopi yang pekat. 

Baca: 5 Cafe Murah di Depok yang Asik Buat Nongkrong, Chill Abis!

5. Cappuccino

View this post on Instagram

A post shared by The Urban Barista | Coffee (@theurbanbarista) on

Jenis kopi satu ini hampir sama dengan latte, hanya saja secangkirnya didominasi oleh steamed milk dan foamed milk dibandingkan dengan takaran kopinya. Foam milk-nya yang jauh lebih banyak dibandingkan latte, membuat rasa kopi di dalamnya gak terlalu pekat. 

6. Macchiato

View this post on Instagram

A post shared by Caffeine Local Guide (@caffeinelocalguide) on

Berbeda dengan macam-macam kopi sebelumnya, macchiato didasari oleh susu yang kemudian ditambahkan satu shot espresso di atasnya. Jenis kopi ini bisa lo atur kepekatan rasa kopinya. Lo bisa minta tambahan shot espresso bila rasa kopinya kurang nendang.

7. Mocha

View this post on Instagram

A post shared by MARITA ERIKSSON | MyBlissKtchn (@myblissktchn) on

Nah, jenis kopi satu ini cocok buat lo yang suka susu, kopi, coklat di waktu yang sama. Mocha berisikan dari campuran steamed milk, coklat dan espresso yang kemudian dilapisi oleh foam milk pada bagian atasnya.

Baca: 5 Restoran Makanan Jepang Murah dan Enak, Nggak Nguras Dompet!

8. Affogato

View this post on Instagram

A post shared by 𝗧𝗛𝗢𝗙𝗧 : (@t.h.o.f.t) on

Kopi satu ini paling beda dengan macam-macam kopi lainnya. Ya, affogato adalah campuran espresso dengan es krim. Minuman satu ini sangat cocok untuk lo minum di tengah panasnya terik matahari.

9. Irish

View this post on Instagram

A post shared by Served By Soberon || Matthias (@servedbysoberon) on

Menu kopi satu ini mungkin agak jarang ditemukan di cafe yang ada di Jakarta. Ya, jenis kopi ini cocok untuk lo yang suka dengan sentuhan alkohol di dalamnya. Irish merupakan salah satu dari macam-macam kopi yang menggunakan whiskey di dalam kopinya. Percampuran rasa pahit dari kopi dan whiskey serta manisnya gula dan whipped cream bikin Irish dicari-cari!

Nah, itu lah sejumlah macam-macam kopi yang bisa mempermudah lo di kala mau pesen kopi di sebuah cafe. Semoga bermanfaat!

Komentar
Register • Forgot Password
Ekstensi.xyz