Makanan Indonesia

Berani Coba? Ini 15 Makanan Indonesia yang Dianggap Aneh dan Ekstrim!

Berani enggak nyobain makanan-makanan ekstrim ini?

Featured-Image
Botok Tawon

EMPATPAGI.COM - Indonesia memang terkenal dengan surga kuliner yang menggugah selera, tapi ternyata banyak juga lho makanan aneh dan ekstrim yang terkenal hingga ke mancanegara.

Keberadaan makanan ekstrim di Indonesia enggak terlepas dari keberagaman budaya dan tradisi yang membentuk identitas negeri.

Siap-siap untuk melihat deretan makanan Indonesia yang ekstrim yuk!

15 Makanan Indonesia yang Dianggap Aneh dan Ekstrim

1. Ulat Sagu Hidup (Papua)

Makanan Indonesia yang ekstrim pertama yaitu ulat sagu yang dapat ditemukan ketika berkunjung ke wilayah paling timur di Indonesia, yaitu Papua. Makanan ini banyak ditemukan di daerah ini karena menjadi makanan pokok pengganti daging.

Biasanya penduduk Papua mengonsumsi ulat sagu ini dengan cara dimakan mentah-mentah langsung tanpa diolah terlebih dahulu, tapi bisa juga dipanggang atau digoreng sesuai selera.

2. Satai Biawak (Jawa Timur)

Biasanya kalau makan satai pasti ayam, sapi, kambing atau yang paling ekstrim kelinci. Tapi ternyata ada lho yang lebih ekstrim lagi, salah satu makanan ekstrim di Indonesia adalah sate biawak.

Baca: 5 Resto di Sydney yang Sajikan Makanan Khas Indonesia! Indonesia Jaya!

Sate ini banyak dijual di wilayah Jawa Timur sebagai makanan sehari-hari ataupun obat alternatif. Katanya, daging biawak dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit parah.

3. Paniki Gulai Kelelawar (Sulawesi Utara)

Paniki Gulai Kelelawar
Paniki Gulai Kelelawar

Makanan ini berasal dari Manado, Sulawesi Utara. Paniki merupakan makanan seperti gulai namun dibuat dengan bahan dasar daging kelelawar. Cara pengolahannya pada dasarnya mirip seperti masak gulai pada umumnya. Selain dijadikan paniki, masyarakat Manado juga mengonsumsi kelelawar dengan berbagai cara lainnya seperti disatai dan juga digoreng.

4. Sup Ular (Bandung)

Di Bandung kamu bisa menemukan salah satu jenis makanan ekstrim di Indonesia yaitu sup ular. Hewan mematikan ini ternyata banyak dikonsumsi karena dipercaya memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan. Bagian empedu dan darahnya juga sering dikonsumsi karena dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit parah.

5. Kera Panggang dan Otak Monyet (Sulawesi Utara)

Close Up Photo Of Monkey On Tree Branch
Close Up Photo Of Monkey On Tree Branch (Pexels.com/DSD)

Makanan terkestrim di Indonesia yan terakhir adalah kera panggang dan otak monyet. Kamu bisa menemukan makanan yang enggak pernah terbayangkan ini di Manado, Sulawesi Utara. Katanya, kebiasaan memakan makanan ekstrim ini berasal dari kebudayaan Tiongkok, sejak era Dinasti Qing dahulu.

6. Rempeyek Laron (Yogyakarta)

Rempeyek Laron
Rempeyek Laron

Biasanya laron itu hewan yang suka berterbangan setelah hujan dan berkerumun di dekat lampu yang terang. Nah, ternyata laron dimanfaatkan sebagai makanan yang lezat dan juga bergizi tinggi lho.

Baca: 5 Resep Olahan Singkong Unik, Bisa Jadi Menu Makanan Mewah Lho!

Dan selain dijadikan olahan makanan rempeyek, ternyata binatang ini juga diolah menjadi makanan telur dadar laron.

7. Belalang Goreng (Yogyakarta)

Kamu bisa temukan makanan ini jika liburan ke daerah Gunungkidul, Yogyakarta. Binatang ini dulu dijadikan lauk untuk pengganti daging yang masih mahal harganya. Untuk mengolah makanan ini harus teliti, dan bagian organ dalamnya harus dibersihkan yang benar kemudian ditambahkan bumbu lalu digoreng.

8. Didih (Jawa Timur)

Didih
Didih

Kalau makanan ini dibuat dari darah ayam atau juga bisa sapi atau kambing yang diolah dengan cara dikukus. Makanan ini mudah banget kamu temukan pada penjual gulai di daerah Jawa Timur. Biasanya Didih lebih sedap untuk dikonsumsi hanya dengan ditambahkan garam saja lho.

9. Botok Tawon (Jawa Timur)

Botok Tawon
Botok Tawon

Berasal dari provinsi yang sama dengan Didih, makanan ini terbuat dari sarang lebah atau dalam bahasa Jawa-nya adalah tawon. Sarang lebah ini dipotong menjadi ukuran yang kecil lalu dibungkus ke dalam daun pisang dan diberi bumbu dengan cabai.

10. Sate Ular Cobra (Jakarta)

Beberapa orang percaya kalau daging ular cobra bisa mengobati berbagai penyakit seperti penyakit kulit dan juga dipercaya ampuh meningkatkan stamina tubuh pria. Warung sate ular cobra selalu ramai dikunjungi para pembeli karena rasanya ternyata juga enak.

11. Jus Cacing Tanah

Jus Cacing Tanah
Jus Cacing Tanah

Kepikiran untuk memakannya aja enggak pernah, apalagi diminum sebagai jus? Ternyata cacing ini dolah dengan cara dikeringkan kemudian dijadikan serbuk yang nantinya bisa dijadikan jus. Jus cacing tanah merupakan resep turun temurun untuk obat buat orang yang sulit makan lho.

12. Ulat Bulu Khas Purworejo (Jawa Tengah)

Ulat bulu khas Purworejo
Ulat bulu khas Purworejo

Warna Purworejo biasa mengonsumsi makanan ini karena dioercaya dapat menyembuhkan sakit gigi. Penyajiannya biasanya digoreng langsung atau dijadikan sate. Katanya ulat ini enak dan gurih, berani mencoba?

13. Tikus Panggang (Minahasa)

Tikus ini diolah dengan diolesi mentega dan langsung dipanggang. Dan tikus-tikus yang dimasak biasanya tikus yang ditangkap di hutan dan belum terkontaminasi dengan sampah manusia. 

14. Pakasam (Banjar, Kalimantan Selatan)

Pakasam ini merupakan bahan makanan yang berasal dari fermentasi ikan air tawar yang rasanya asam. Karena direndam dalam larutan garam selama dua hari lalu dibubuhi sumber bakteri asam laktat dan disimpan dalam wadah selama seminggu. Setelah itu baru deh bisa kamu konsumsi ikan berfermentasi tersebut!

15. Rujak Cingur (Surabaya)

Rujak memang enak dan segar, tapi terpikirkan enggak sih kalau digabungkan dengan hidung sapi? Katanya sih enak, tapi jangan sampai kamu makan sambil membayangkan hidung sapi ketika masih hidup ya.

Berikut adalah beberapa makanan Indonesia yang dianggap aneh dan ekstrim banget untuk di coba. Apakah kamu berminat untuk mencicipi makanan-makanan diatas?

Baca: 5 Restoran Makanan Jepang Murah dan Enak, Nggak Nguras Dompet!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz