Rekomendasi

5 Restoran Makanan Khas Sunda Paling Laris Se-Jabodetabek, Enak Pisan Euy!

Makan makanan khas Sunda di gubuk sambil lesehan? Berikut daftar tempatnya!

Featured-Image
RM Bumi Aki (AyoBogor.com)

EMPATPAGI.COM -  Jakarta merupakan sebuah kota Ibukota DKI Jakarta yang penduduknya banyak dihadiri oleh para pendatang dari luar kota. Kedatangan para pendatang ini biasanya disebabkan oleh faktor pekerjaan ataupun pendidikan. Pendatang yang terbilang cukup banyak menetap di Jakarta adalah orang berdarah sunda.

Orang Sunda, yakni orang yang lahir dan tinggal ataupun memiliki keturunan berdarah Jawa Barat. Kedatangan orang Sunda ke Jakarta dan sekitarnya tentu membuahkan berdirinya banyak restoran dengan menyajikan menu makanan khas Sunda dalam menunya.

Makananan khas Sunda ini tak lepas dengan sambal serta lalapan yang segar dalam makananannya. Mencari tempat makanan khas Sunda tentu bukanlah hal yang sulit, namun untuk menemukan restoran khas Sunda yang enak tentu hal yang patut diketahui.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 rekomendasi restoran yang menyediakan menu makanan khas Sunda versi Empat Pagi.

Rekomendasi Restoran Makanan Khas Sunda

1. Ikan Bakar Cianjur

View this post on Instagram

A post shared by Ikan Bakar Cianjur | IBC Group (@ikanbakarcianjur) on

Restoran dengan menu yang didominasikan oleh makanan khas Sunda adalah Ikan Bakar Cianjur. Di sini kamu akan merasakan berbagai jenis olahan ikan nila ataupun ikan gurame yang identik dengan makanan Sunda.

Baca juga: 7 Rekomendasi Restoran Fine Dining Terbaik Jakarta 2019

Meskipun kamu bukan berasal dari Jawa Barat, kamu juga bisa menikmati makanan khas Jawa Tengah seperti rawon, tongseng, dan lain sebagainya.

Harga yang ditawarkan di resto ini pun cukup berkompetitif dengan restoran Sunda lainnya lho!

  • Kisaran harga: Rp 40.000 –Rp 110.000
  • Alamat: Jl. Cipete Raya No. 35, Fatmawati, Jakarta

2. Pondok Laguna

View this post on Instagram

A post shared by Vicky Angdi (@vickyangdi) on

Terletak di Pusat Jakarta, Pondok Laguna merupakan salah satu tempat makan khas Sunda yang memiliki nuansa Sunda yang cocok kamu kunjungi bersama keluarga. Menu yang disediakan oleh restoran satu ini pun terbilang cukup bervariasi.

Untuk sayuran lalapan dan tumisan kangkong yang menjadi hal yang identik yang kerap dijumpai di resto makanan khas Sunda-nya pun seger banget. Untuk bumbunya sendiri nggak perlu diragukan lagi, lidah Sunda suka banget!

  • Kisaran harga: Rp 30.000 –Rp 200.000
  • Alamat: Jl. Batu Tulis Raya No. 45 - 47, Pecenongan, Jakarta

3. Rumah Makan Bumi Aki

View this post on Instagram

A post shared by #KangenBumiAki #AmanKeBumiAki (@bumiaki) on

Masih berkawasan di area Jabodetabek, Rumah Makan Bumi Aki ini terletak di Bogor. Restoran yang berlokasi di kawasan yang mayoritas penduduknya berdarah Sunda ini memberikan kesan yang Sunda banget.

Di sana, kamu akan menikmati makanan sambil lesehan di sebuah gazebo bernuansa Jawa Barat. Nggak cuman suasananya saja yang mendukung, namun menu makanan khas Sunda-nya pun patut diacungkan jempol.

Baca juga: 7 Cafe di Bandung Yang Instagrammable dan Anti Mainstream

Mulai dari beraneka varian nasi liwet, gurame, karedok, dan aneka sambelnya yang dijamin bakal bikin pecinta makanan pedas napsu makan.

Untuk kamu yang ke sini bersama keluarga, RM Bumi Aki ini pun menyediakan paket menu keluarga yang pastinya lebih hemat.

  • Kisaran harga: Rp 40.000 –Rp 200.000
  • Alamat: Jl. Raya Pajajaran No. 51, Bogor Tengah, Bogor

4. Talaga Sampireun

View this post on Instagram

A post shared by Talaga Sampireun (@talagasampireun) on

Talaga Sampireun merupakan restoran yang menyediakan makanan khas Sunda yang namanya sudah terkenal di telinga kalangan pecinta masakan khas Jawa Barat.

Ya, restoran satu ini menyajikan makanan khas Sunda yang dijamin nyaman di lidah para orang Sunda. Nggak cuman itu, restoran yang memiliki banyak cabang ini pun memiliki suasana yang asri di tiap cabangnya.

Kisaran harga: Rp 50.000 –Rp 200.000

Alamat: Pondok Aren, Puri Indah, dan Ancol.

5. Sambel Hejo Sambel Dadak

View this post on Instagram

A post shared by SHSD Sambel Hejo Sambel Dadak (@shsd.id) on

Sama seperti Talaga Sampireun, Sambel Hejo Sambel Dadak atau disingkat dengan SHSD ini memiliki banyak cabang yang tersebar di Jabodetabek maupun di luar kawasan tersebut.

SHSD merupakan salah satu restoran dengan makanan khas Sunda yang memiliki harga yang amat terjangkau dibandingkan dengan restoran pada umumnya. Cita rasa Sunda yang kental dengan harga yang affordable, dijamin bikin kamu senang!

  • Kisaran harga: Rp 10.000 –Rp 150.000
  • Alamat: Mustikajaya, Pulo Gadung, Ciputat Timur, Cempaka Putih, Tebet, Karawang, Bandung.

Itu lah kelima rekomendasi restoran yang menyediakan menu makanan khas Sunda di kawasan Jabodetabek yang laris banget. Selamat mencoba!

Baca:

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium