Manajemen

Mengenal Fungsi Manajemen Operasional, Rahasia di Balik Efektivitas Bisnis Sebuah Perusahaan

Manajemen Operasi adalah unsur yang tidak terlepas dari kegiatan inti suatu bisnis.

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Manajemen Operasi merupakan seperangkat kegiatan yang menciptakan value dalam bentuk suatu barang dan jasa dengan cara mengubah input menjadi output.

Biasanya sebuah proses produksi dapat terlihat jelas dalam jenis perusahaan manufaktur (Heizer, J. &Render, B., 2013).

Untuk mempersiapkan kamu dalam menghadapi lingkungan yang berubah dan dinamis di dunia bisnis.

Kamu harus memahami kompleksitas menjalankan bisnis pada skala besar, oleh karena itu pengetahuan kamu akan ilmu manajemen operasi dibutuhkan untuk mendukung pemahaman mengenai perubahan yang dinamis dan kompleksitas dalam menjalankan bisnis secara global.

Yuk mari kita bahas pentingnya manajemen operasi demi kelancaran bisnis kamu!

Pentingnya Manajemen Operasi Demi Kelancaran Bisnis

1. Salah Satu Fungsi Utama Dari Organisasi

Black And White Blackboard Business Chalkboard

Manajemen operasi merupakan satu dari tiga fungsi utama suatu organisasi yang mempelajari perihal tentang bagaimana cara mengelola sumber daya manusia untuk terciptanya produktifitas dalam sebuah perusahaan.

Baca: Ini 5 Strategi Digital Marketing Terbaik Pada Startup yang Menjanjikan Kesuksesan!

2. Mengetahui Bagaimana Proses Suatu Barang dan Jasa Diproduksi

Person Using Forklift

Produksi barang dapat terlihat jelas di dalam jenis perusahaan manufaktur. Perusahaan manufaktur memproduksi barang yang dapat terlihat dan produk tersebut biasanya dapat disimpan dalam inventory dan keterlibatan konsumen juga terbatas dalam produksi.

Produk yang mempunyai fisik dan terlihat telah terstandarisasi dan banyak aspek dari produk yang terlihat dapat mudah dievaluasi, contoh dari barang produk terlihat adalah seperti produk kecantikan, alat elektronik, dan mode pakaian.

Baca: Bikin Bisnis Lancar, Ini 5 Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Saat Buat Marketing Plan

Produk yang terlihat atau mempunyai wujud fisik seringkali memiliki nilai residu produk.

Dalam perusahaan yang tidak memproduksi produk fisik seperti jasa, terdapat keterlibatan konsumen dalam proses produksi nya dan kualitas produk jasa pun sulit untuk dievaluasi, contohnya seperti perusahaan konsultasi, pendidikan, layanan kesehatan, dan asuransi.

3. Memahami Tugas Manajer Operasional

Lawyers Posing For A Photo

Dengan mempelajari manajemen operasi kita dapat memahami segala kegiatan yang manajer operasional lakukan. Dalam hal ini yang manajemen operasi lakukan adalah planning, organizing, staffing, leading, controlling.

4. Memahami Tingkat Pembiayaan Organisasi

Crop Woman Counting Money At Modern Office Table

Manajemen operasi adalah sebuah bagian dan kegiatan dalam perusahaan yang memerlukan biaya paling tinggi, sehingga kita harus dapat memahami manajemen operasi dengan baik dan benar.

Manajemen operasi yang baik dapat menguntungkan perusahaan dikarenakan mementingkan efisiensi dan efektifitas dalam pembiayaan di suatu perusahaan.

5. Memahami Manajemen Rantai Pasokan

Man Discussing A Plan The Design For The Furniture

Heizer &Render (2013) menyatakan bahwa pengertian manajemen rantai pasokan adalah “The coordination of all supply chain activities involved in enhancing customer value”.

Dengan kamu memahami manajemen rantai pasokan maka kamu dapat menjelaskan koordinasi dari semua kegiatan rantai pasokan, berawal dari barang mentah dan berakhir dengan kepuasan konsumen.

Demikian, pemasok, manufacturers dan atau penyedia jasa, distributor, wholesalers, dan atau pengecer yang mengantarkan produk atau jasa ke konsumen akhir.

6. Memahami Strategi Manajemen Rantai Pasokan

Photo Of Warehouse

Dengan kamu memahami strategi rantai pasokan maka kamu dapat memperhatikan dan memetakan koordinasi dari semua kegiatan rantai pasokan, diawali dari barang mentah dan berakhir pada kepuasan konsumen, kegiatan ini melibatkan para suppliers, manufacturers atau penyedia jasa, para distributor, wholesalers, retailers, dan yang terakhir para konsumen.

Hal yang juga harus diperhatikan adalah porsi yang besar terhadap pembiayaan yang dipakai dalam pembelian, mengembangkan inovasi, mendesain kecepatan dan meminimalisir biaya.

Nah, kamu dapat mengaplikasikan manajemen operasi untuk bisnis kamu dengan baik dan benar sesuai dengan penjabaran di atas ya, semangat!

Baca: Berikut Strategi yang Bisa Kamu Pakai Untuk Manajemen Rantai Pasok Bisnis Kamu!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz