Kesehatan

Tak Hanya Nikmat, Ini 5 Manfaat Anggur Merah Untuk Kesehatan

Diketahui dapat mengurangi resiko kena kanker, berikut manfaat anggur merah!

Featured-Image
Anggur Merah (Pexels.com/Skitterphoto)

EMPATPAGI.COM –Anggur merah merupakan salah satu jenis minuman beralkohol yang terbuat dari buah anggur. Untuk memproduksi sebuah minuman anggur merah, buah anggur harus melewati proses fermentasi.

Dalam prosesnya, anggur merah difermentasi bersamaan dengan kulit anggur serta sarinya ke dalam sebauh tangki. Kulit pada anggur merah akan membuahkan warna merah yang natural serta rasa dan tekstur. Kemudian, ragi pun dicampurkan ke dalam anggur merah yang telah difermentasi, dan ragi tersebut membuat kandungan gula menjadi alkohol.

Anggur merah biasanya dinikmati dengan santapan mewah, seperti steak salah satunya. Meminum anggur merah kerap dibilang tidak baik untuk kesehatan lantaran kandungan alkohol di dalamnya. Namun ternyata, mengonsumsi anggur merah memiliki sejumlah manfaat untuk tubuh.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 manfaat mengonsumsi anggur merah untuk tubuh.

Manfaat Anggur Merah Untuk Tubuh

1. Kaya Akan Antioksidan

Blue Berries
Anggur (Pexels.com/Sebastian Feistl)

Minuman anggur merah memiliki manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya adalah sumber antioksidan. Tingkat antioksidan yang terkandung di dalam anggur merah pun berbeda-beda.

Baca juga: Dari Rempah-rempahan, Ini 5 Obat Diet yang Alami

Anggur merah yang memiliki warna lebih gelap nyatanya lebih mengandung tingkat antioksidan yang tinggi. Salah satu kandungan yang terdapat di dalamnya, yakni resveratrol merupakan kandungan yang baik untuk menjaga tubuh tetap sehat.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Stop Cancer Button
Kurangi Resiko Kanker(Unsplash/National Cancer Institute)

Manfaat lain dari mengonsumsi anggur merah adalah untuk mengurangi resiko terkena kanker. Mengonsumsi anggur merah dengan batas wajar diketahui dapat mengurangi resiko sejumlah jenis kanker, seperti kanker ovarium, kanker usus besar, kanker kulit, dan lain sebagainya.

3. Bantu Hilangkan Flu

Woman Lying On Bed While Blowing Her Nose
Bantu Hilangkan Flu (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Antioksidan diketahui banyak terkandung di dalam minuman anggur merah dan kandungan antioksidan tersebut nyatanya dapat menghilangkan flu.

Baca juga: Begini 5 Cara Mengatasi Penyakit Maag, Hindari Obat!

Hal tersebut disebabkan oleh peran antioksidan yang melindungi sel-sel di dalam tubuh dari zat-zat buruk bagi tubuh.

4. Mengurangi Resiko Terjangkit Depresi

Woman Standing In Front Of Brown Wood Plank
Kurangi Resiko Kena Depresi (Pexels.com/Engin Akyurt)

Alkohol merupakan salah satu cara untuk melepas penat bagi sebagian besar orang, dan hal tersebut pun berlaku untuk jenis alkohol anggur merah.

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sebagian besar orang yang sering mengonsumsi minuman anggur merah (dalam batas wajar) cenderung lebih jauh dari resiko terkena depresi dibandingkan orang-orang yang tidak mengonsumsi anggur merah.

5. Bantu Lancarkan Sistem Pencernaan

Woman Having Painful Cramps
Ilustrasi Sakit Perut (Pexels.com/Polina Zimmerman)

Kamu memiliki sistem pencernaan yang kurang baik? Maka anggur merah bisa menjadi obat dari permasalahan tersebut.

Minuman anggur merah memiliki manfaat yang baik untuk melancarkan sistem pencernaan tubuh. Kandungan anti bakteri alami yang terkandung di dalam anggur merah diketahui mampu dalam menyembuhkan iritasi perut serta masalah pencernaan lainnya.

Mengosumsi minuman anggur merah juga terbukti dapat mengurangi resiko terkena bakteri-bakteri yang biasanya menyerang perut.

Itu lah sejumlah manfaat dari mengonsumsi minuman anggur merah untuk kesehatan tubuh. Tapi jangan lupa, kamu harus berusia 21 tahun untuk dapat mengonsumsinya dan minum dengan bijak, ya! Semoga bermanfaat!

Baca:

Komentar

Trending

asdasd
RegisterForgot Password
Ekstensium