Manfaat Buah Tomat

Sehat Terus, Ini Dia Manfaat Dari Mengonsumsi Buah Tomat!

Mengonsumsi buah tomat dengan rutin ternyata dapat memberikan efek yang baik buat tubuh loh!

Featured-Image
Sehat Terus, Ini Dia Manfaat Dari Mengonsumsi Buah Tomat!

Buah tomat mempunyai kadar kalori yang sangat rendah, yaitu hanya 18 kalori per 100 gram. Terdapat zat bernama Likopen yang terkandung dalam buah tomat. Zat likopen adalah merupakan salah satu jenis antioksida yang berguna dalam pencegahan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh.

Terdapat penelitian yang mengungkapkan bahwa zat likopen sangat baik untuk tubuh pria. Mengonsumsi produk olahan tomat bagi pria, baik yang dimasak atau mentah dapat mencegah risiko terkena penyakit kanker prostat. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas manfaat dari mengonsumsi buah tomat!

Manfaat Dari Mengonsumsi Buah Tomat

1. Menurunkan Kadar Kolestrol

Menurunkan Kadar Kolestrol
Menurunkan Kadar Kolestrol

Kita dapat juga menurunkan kadar kolestrol jahat sebesar 10% hanya dengan 25 miligram likopen per hari, yaitu sebanding dengan mengonsumsi sebanyak 4 buah tomat. Dalam upaya untuk meningkatkan jumlah likopen, kita juga bisa menumis tomat terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Baca: Rawat Berbagai Masalah Kulit, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

2. Diet yang Cocok Untuk Para Penderita Diabetes

Diet yang Cocok Untuk Para Penderita Diabetes
Diet yang Cocok Untuk Para Penderita Diabetes

Bagi para penderita diabetes yang ingin memilih makanan dengan karbohidrat rendah, cocok banget nih buat mengonsumsi buah tomat. Karbohidrat yang terdapat dalam buah tomat hanya mengandung sekitar 4 gram dalam setiap 100 gram tomat.

Terdapat juga sebuah penelitian yang mengungkapkan bahwa mengonsumsi buah tomat dengan rutin dapat membantu kita untuk mencegah risiko terserang penyakit jantung dan juga penyakit diabetes tipe 2.

3. Mencegah Risiko Terserang Penyakit Kanker Prostat

Mencegah Risiko Terserang Penyakit Kanker Prostat
Mencegah Risiko Terserang Penyakit Kanker Prostat

Kaum pria yang mengonsumsi 10 buah tomat atau lebih dalam seminggu dapat mencegah risiko terserang kanker prostat hingga 18%. Hal ini dikarenakan kandungan zat likopen pada buah tomat yang merupakan antioksidan dapat melindungi sel tubuh dari kerusakan. Kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat, seperti olahraga secara teratur dan menghentikan kebiasaan merokok.

Baca: Ampuh Banget! Ini 5 Cara Memutihkan Gigi Dengan Bahan Yang Aman dan Alami

4. Mengurangi Risiko Stroke

Mengurangi Risiko Stroke
Mengurangi Risiko Stroke

Terdapat juga penelitian yang mengungkapkan bahwa zat likopen yang terkandung pada tomat dapat mengurangi risiko terserang penyakit stroke. Hal ini juga dikarenakan efek zat likopen sebagai antioksidan kuat yang dapat meminimalisir peradangan, mencegah pembekuan darah, dan memperkuat sistem imun tubuh.

5. Menurunkan Tekanan Darah

Menurunkan Tekanan Darah
Menurunkan Tekanan Darah

Katanya mengonsumsi buah tomat secara teratur dapat memberikan pengaruh efek yang baik kepada tekanan darah kita. Namun penelitian mengenai hal ini harus diperjelas lagi. Selain mengonsumsi obat antihipertensi, tidak ada salahnya mengonsumsi tomat secara teratur untuk mengobati hipertensi.

6. Memberikan Kesehatan Pada Kulit

W I N D .
W I N D . (Unsplash/William Randles)

Zat antioksidan dan likopen yang terkandung pada buah tomat katanya melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Terdapat juga penelitian yang mengungkapkan bahwa orang yang selama 10 minggu mengonsumsi buah tomat dengan minyak zaitun dapat mencegah risiko mengalami sunburn akibat paparan sinar matahari.

Baca: Dari Rempah-rempahan, Ini 5 Obat Diet yang Alami

Baca: Rendah Kalori, Ini 10 Menu Makan Siang yang Cocok Untuk Diet

Baca: 7 Jenis Makanan Ini Dapat Menggugurkan Kandungan, Jangan Asal Makan!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium