Kesehatan

Nggak Cuman Bikin Segar, Ini 5 Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Tubuh

Mandi dengan air dingin bisa bikin awet muda, lho!

EMPATPAGI.COM –Mandi merupakan salah satu cara untuk membersihkan badan dari debu dan kotoran akibat aktivitas seharian. Mandi biasanya dilakukan pada pagi dan malam hari.

Menggunakan air hangat saat mandi di pagi hari ataupun malam hari merupakan salah satu cara yang dilakukan oleh sebagian besar orang agar tubuh rileks dan tidak kedinginan. Namun nyatanya, kamu kehilangan beberapa manfaat dari mandi tersebut.

Mandi air dingin nyatanya memiliki banyak manfaat untuk tubuh, terlebih jika dilakukan pada mandi di pagi ataupun malam hari.

Untuk itu, berikut adalah sejumlah 5 manfaat dari mandi dengan air dingin untuk tubuh versi Empat Pagi.

Manfaat Mandi Air Dingin

1. Cara Alami Usir Kantuk

Woman Laying Down On Bed Near Window
Usir kantuk (Pexels.com/Daria Shevtsova)

Di pagi hari sebelum memulai aktivitas, tepatnya saat bangun dari tempat tidur, tubuh akan terasa berat untuk melakukan produktif, khususnya mata. Meminum kopi merupakan salah satu cara untuk usir kantuk di pagi hari.

Namun ternyata, meminum kopi saja tak cukup. Maanfaat dari mandi dengan air dingin adalah untuk mengusir kantuk.

Dilansir dari laman Well+Good, seorang dermatologis bernama Michele Green mengatakan bahwa mandi dengan air dingin akan membantu membangunkan sel kulit yang peka terhadap rangsangan, yang mana juga meningkatkan kinerja atau aktivitas.

Dengan begitu, mandi dengan air dingin di pagi hari jauh lebih ampuh dibandingkan meminum dua hingga tiga gelas kopi.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Down dog Sunset @ Michmoret Israel
Tingkatkan metabolisme tubuh (Unsplash/Mor Shani)

Metabolisme pada tubuh merupakan pengontrol atas proses yang dilakukan oleh makanan yang kemudian diolah menjadi sebuah energi untuk tubuh. Memiliki metabolisme yang tinggi tentu merupakan hal yang baik dibandingkan memiliki tingkat metabolisme yang rendah.

Baca juga: From Head-to-Toe! Ini 5 Manfaat Rahasia Minyak Zaitun Untuk Tubuh

Dikatakan demikian dikarenakan tubuh yang memiliki tingkat metabolisme yang tinggi cenderung lebih cepat membakar kalori dibandingkan dengan tingkat metabolisme yang rendah.

Ada banyak cara untuk meningkatan metabolisme tubuh, salah satunya adalah dengan mandi dengan air dingin.

Mandi dengan air dingin memiliki manfaat untuk membiarkan tubuh mengatur suhunya sendiri. Dengan kata lain, saat sedang kedinginan akibat mandi dengan air dingin, tubuh akan mencoba kembali untuk menghangatkan tubuh.

3. Menghilangkan Rasa Gatal

Unsplash/Romina Farías
Hilangkan rasa gatal (Unsplash/Romina Farías)

Banyak yang berasumsi bahwa mandi dengan air hangat dapat menghilangkan berbagai masalah kulit seperti gatal, namun nyatanya hal tersebut salah. Air hangat justru dapat menghilangkan lapisan pelembap pada kulit dan dapat mengakibatkan kulit kering.

Baca juga: 6 Pertolongan Pertama Mengatasi Tenggorokan Gatal

Manfaat lain dari mandi dengan air dingin adalah untuk menghilangkan rasa gatal pada kulit. Dengan mandi menggunakan air dingin, kulit akan dengan mudah menghilangkan masalah kulit tersebut.

Namun jika kamu sedang merasa kurang enak badan, maka kamu bisa mencampurkan air hangat dengan air dingin untuk mengatasinya.

4. Mencegah Kerusakan Rambut

Unsplash/Tim Mossholder
Ilustrasi rambut sehat (Unsplash/Tim Mossholder)

Saat membersihkan tubuh dengan mandi, biasanya kamu juga akan keramas untuk membersihkan mahkota rambut. Pasalnya, menggunakan air hangat untuk keramas diketahui dapat menghilangkan lemak alami pada rambut dan menghilangkan conditioner yang telah diaplikasikan sebelumnya.

Baca juga: Anti Lepek dan Tetap Wangi, Ini 7 Parfum Rambut Terbaik di Bawah 140 Ribu

Hilangnya lemak alami pada rambut akan membuahkan rambut yang cenderung kering. Dengan begitu, keramas dengan menggunakan air dingin diketahui dapat meratakan kulit dari helaian rambut dan mengunci agar rambut tetap lembap serta menghindari kerusakan pada rambut.

5. Tampil Lebih Muda

Closeup Photo Of Woman With Brown Coat And Gray Top
Tampil lebih muda (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Manfaat lain dari mandi dengan air dingin adalah untuk membuat kulit terlihat lebih muda. Hal tersebut diketahui dengan manfaat dari air dingin itu sendiri untuk kulit, salah satunya adalah untuk mengecilkan pori-pori.

Selain mengecilkan pori-pori, air dingin pun dapat mengunci kelembapan pada kulit tubuh. Dengan mengecilnya pori serta kelembapan yang stabil dapat berpengaruh dengan mengencangkan pembuluh darah. Kencangnya pembuluh darah dapat memberikan efek calming untuk kulit dan mengurangi peradangan pada kulit.

Itu lah 5 manfaat dari mandi dengan air dingin untuk tubuh buat kamu yang takut kedinginan. Semoga bermanfaat!

Baca:

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium