Senam Irama

Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa!

Senam irama selain membuat hati riang dan senang, ternyata juga terdapat menfaatnya juga loh!

Featured-Image
Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa!

EMPATPAGI.COM- Senam irama merupakan jenis olahraga aerobik yang mengkombinasikan gerakan antara senam, tari, dan juga alunan musik. Senam irama pada dasarnya memang mempunyai gerakan dasar dengan menggabungkan gerakan antara aerobik, tari, dan musik. Dengan itu olahraga ini memiliki kelebihan tersendiri karena selain untuk menjaga kebugaran tubuh, kita dapat juga mengekspresikan diri kita.

Selain dari kesenangan yang dihasilkan saat beraktifitas senam irama, terdapat juga sejumlah manfaat yang menguntungkan dari senam ini terhadap kesehatan tubuh kita, baik itu dari segi mental ataupun fisik. Berikut akan kita bahas mengenai manfaat dari senam irama yang perlu kita ketahui.

Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh dan Jiwa

1. Memperbaiki Bentuk Fisik

aerobic
aerobic (Unsplash/bruce mars)

Manfaat pertama dari senam irama adalah dapat mengencangkakan otot tubuh pada bagian lengan, paha, perut, dan pinggul. Dengan melakukan senam irama yang rutin, kita dapat membentuk tubuh yang proporsional.

Baca: Insecure Dengan Garis Lemak? Ini 5 Produk yang Ampuh Hilangkan Stretch Mark 

2. Memperbaiki Keseimbangan Tubuh

Balance for life.
Balance for life. (Unsplash/Emily Sea)

Dengan rutinnya melakukan senam irama, maka kita akan mendapatkan keseimbangan tubuh yang sempurna. Senam irama memiliki gerakan dasar dengan struktur yang konsisten, sehingga keseimbangan tubuh kita akan menyesuaikan dengan gerakan tersebut secara otomatis.

3. Memperkuat Otot

Unsplash/Alora Griffiths
(Unsplash/Alora Griffiths)

Senam irama dapat juga mengencangkan jaringan otot pada tubuh kita sehingga secara otomatis akan membuat otot pada tubuh menjadi lentur dan kuat. Otot yang lentur dapat meingkatkan mobilitas motorik gerak tubuh kita, selain itu juga dapat mencegah kakunya tubuh dan mengalami cidera saat melakukan aktifitas yang berat.

4. Merawat Kesehatan Tulang

As it turns out, everything was okay.
As it turns out, everything was okay. (Unsplash/Owen Beard)

Sendi kita pasti akan bertumpu sendiri untuk menahan beban tubuh saat beraktifitas senam irama. Hal ini dapat melatih ketahanan dan kesehatan pada tulang sehingga kedepannya dapat mencegah beberapa masalah tulang saat masa penuaan, salah satunya adalah osteoporosis.

5. Menjaga Kesehatan Jantung

A real human heart inside a jar
A real human heart inside a jar (Unsplash/camilo jimenez)

Terdapat alunan musik yang harus kita ikuti saat melakukan aktifitas senam irama. Gerakan senam akan menjadi lambat saat mengikuti tempo musik yang lambat dan tubuh kita secara otomatis akan beradaptasi dengan alunan tersebut, begitu juga sebaliknya. Hal ini dapat memberikan pengaruh baik bagi kesehatan jantung kita.

Baca: Rendah Kalori, Ini 10 Menu Makan Siang yang Cocok Untuk Diet

6. Menurunkan Berat Badan

Woman measuring stomach with measuring tape. Concept for fitness and diet.
Woman measuring stomach with measuring tape. Concept for fitness and diet. (Unsplash/Bill Oxford)

Alunan musik energik yang mengiringi senam irama dapat membantu kita dalam mempercepat proses pembakaran lemak sehingga berat badan otomatis akan menjadi turun. Cocok banget buat kita yang sedang menjalankan program diet penurunan berat badan!

7. Mengoptimalkan Fungsi Otak

Unsplash/Robina Weermeijer
(Unsplash/Robina Weermeijer)

Saat tubuh mengalami masa penuaan, otak kita sangat rentan untuk terserang penyakit seperti Alzheimer. Dengan melakukan senam irama, kita dapat merawat dan mengoptimalkan fungsi otak kita. Ternyata dibalik riangnya kita saat melakukan aktifitas senam irama, secara tidak sadar tubuh kita akan menurunkan kadar epinerin dan kortisol.

Dua hormon tersebut adalah faktor utama yang memunculkan stres dan saat kita melakukan senam irama maka dua hormon tersebut akan diganti dengan antidepresan berupa norepineprin.

8. Memiliki Pola Hidup Aktif

Aerobics
Aerobics (Unsplash/zibik)

Senam irama akan membiasakan kira untuk lebih aktif dalam bergerak dan juga bersosialisasi, sehingga kebugaran tubuh dan kesehatan mental tetap terjaga. Jadi gak males-malesan deh!

9. Membangun Kepercayaan Diri

Unsplash/veeterzy
(Unsplash/veeterzy)

Dari segi kesehatan mental, ketika seseorang berhasil mempelajari dan menguasai teknik senam irama dengan sempurna, maka secara tidak sadar karena efek sugesti kita akan merasa lebih senang dan percaya diri menjadi lebih meningkat. Cocok banget buat kita yang sedang dilanda krisis kepercayaan diri.

10. Membangun Interaksi Sosial

Unsplash/Priscilla Du Preez
(Unsplash/Priscilla Du Preez)

Aktfitas senam irama dilakukan secara berkelompok, hal ini dapat membangun interaksi sosial diantara pesertanya. Kita dapat jadi lebih sering berinteraksi sosial dengan peserta lain yang mengikuti aktifitas senam irama, dan juga kita mendapatkan sarana pengembangan diri saat berinteraksi dengan orang lain.

Baca: 5 Cara Paling Praktis Menggemukan Badan, Hindari Obat!

Baca: Ini 5 Resep Menu Kreasi Oatmeal Yang Berbeda, Biar Diet Enggak Boring!

Baca: Alami dan Sehat, Ini 5 Cara Merapatkan Miss V dari Rumah yang Aman

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium