Manfaat Buah Plum

Manfaat Terbak dari Mengonsumsi Buah Plum Bagi Tubuh!

Plum mempunyai rasa manis yang lembut dan cocok untuk dipadukan dengan salad atau makanan penutup.

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Buah Plum termasuk dalam keluarga yang sama dengan persik, nektarin, dan aprikot. Tapi jenis buah plum jauh lebih beragam daripada sepupu buah nya yang lain.

Buah plum bisa berukuran besar atau kecil, dengan kulit merah, ungu, hijau, kuning, atau oranye, dan memiliki daging berwarna merah muda, kuning, atau juga oranye.

Buah plum pertama kali tumbuh di Cina ribuan tahun yang lalu. Kemudian buah plum dibawa ke Jepang, sebagian Eropa, dan Amerika. Saat ini, terdapat lebih dari 2.000 jenis buah plum tumbuh di seluruh dunia.

Plum mempunyai rasa manis yang lembut dan cocok untuk dipadukan dengan salad atau makanan penutup. Kali ini Empatpagi.com akan mengulas beberapa manfaat kesehatan dari mengonsumsi buah plum!

Manfaat Mengonsumsi Buah Plum Bagi Tubuh

Vitamin C dalam buah plum membantu tubuh kita untuk menyembuhkan penyakit, membangun otot, dan membentuk pembuluh darah. Mengonsumsi buah plum juga bagus untuk kesehatan mata kita juga.

Berikut adalah beberapa manfaat dari mengonsumsi buah plum yang baik untuk kesehatan kita:

1. Menyembuhkan Penyakit Jantung

Model organ
Model organ (Unsplash/jesse orrico)

Fitokimia dan nutrisi yang terdapat dalam buah plum dapat menurunkan peradangan yang memicu penyakit jantung. Oleh karena itu mengonsumsi buah ini setiap hari sangat dianjurkan.

Baca: Bisa Mengakibatkan Heartburn, Kenali Apa Itu Penyakit Gerd Anxiety dan Gejalanya!

2. Meredakan Kecemasan

Unsplash/Ali Yahya
(Unsplash/Ali Yahya)

Memakan satu buah plum dalam sehari bisa menjauhkan kecemasan pada diri kita. Ketika antioksidan kita rendah, kecemasan bisa menjadi tinggi.

3. Pereda Sembelit

Unsplash/Mitchell Orr
(Unsplash/Mitchell Orr)

Buah plum juga dapat membantu menjaga sistem pencernaan kita tetap bergerak. Buah plun memiliki banyak sorbitol, alkohol gula yang bertindak sebagai pencahar alami.

4. Menyembuhkan Tekanan Darah Tinggi dan Stroke

A woman getting her blood pressure tested
A woman getting her blood pressure tested (Unsplash/Hush Naidoo)

Kalium dalam buah plum baik untuk mengontrol tekanan darah dengan dua cara. Buah ini dapat membantu tubuh kita membuang natrium saat buang air kecil, dan mengurangi ketegangan di dinding pembuluh darah. Ketika tekanan darah lebih rendah, kemungkinan untuk terkena stroke akan turun.

Baca: 7 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil, Jaga Janin Dalam Kandungan!

5. Kaya Antioksidan

Fresh bio plum prune. Made with Leica R7 (Year: 1994) and Leica Summicron-R 2.0 35mm (Year: 1978). Analog scan via meinfilmlab.de: Fuji Frontier SP-3000. Film reel: Kodak Pro Image 100
Fresh bio plum prune. Made with Leica R7 (Year: 1994) and Leica Summicron-R 2.0 35mm (Year: 1978). Analog scan via meinfilmlab.de: Fuji Frontier SP-3000. Film reel: Kodak Pro Image 100 (Unsplash/Markus Spiske)

Zat-zat tersebut melindungi tubuh dari kerusakan sel dan jaringan yang dapat memicu diabetes, penyakit Alzheimer, penyakit Parkinson, dan kanker.

6. Mengurangi Gula Darah.

Unsplash/Mykenzie Johnson
(Unsplash/Mykenzie Johnson)

Buah plum kaya akan serat yang dapat membantu memperlambat lonjakan gula darah setelah kita mengonsumsi karbohidrat. Buah plum juga dapat meningkatkan produksi adiponektin tubuh, hormon yang membantu mengatur kadar gula darah.

7. Mempersehat Tulang

As it turns out, everything was okay.
As it turns out, everything was okay. (Unsplash/Owen Beard)

Penelitian pada hewan menunjukkan plum (plum kering) dapat membantu mengurangi pengeroposan tulang, dan bahkan memberikan kesehatan dan kekuatan pada tulang.

Baca: Sehat Terus, Ini Dia Manfaat Dari Mengonsumsi Buah Tomat!

Baca: Rawat Berbagai Masalah Kulit, Ini 5 Manfaat Jeruk Nipis untuk Kecantikan

Baca: 7 Jenis Makanan Ini Dapat Menggugurkan Kandungan, Jangan Asal Makan!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium