Fashion: Mengenal 7 Motif Batik Indonesia Yang Mendunia!

Batik merupakan budaya Indonesia yang sangat digemari masyarakat Internasional. Lalu mana saja motif Batik yang paling menarik minat?

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Batik adalah kain dengan motif yang memiliki makna tersendiri bagi setiap goresan motifnya, dan Batik adalah warisan budaya milik Indonesia yang sudah mendunia.

Bahkan pada 2009 UNESCO sudah menetapkan Batik sebagai warisan Kemanusiaan untuk budaya lisan Non-bendawi.

Seperti yang kita ketahui Batik memiliki motif yang beragam, setiap daerah di Indonesia memiliki ciri khas motif batik tersendiri yang menggambarkan daerah tersebut.

Nah, diantara motif batik tersebut terdapat 7 Motif Batik Indonesia yang sudah mendunia, apa saja motif-motif batik tersebut?

Motif Batik Indonesia Yang Mendunia!

1. Batik Mega Mendung

Mega Mendung merupakan motif yang paling umum di dunia Batik, untuk mengenali motif ini juga sangat mudah.

Mega Mendung merupakan kumpulan awan-awan meredup yang berwarna biru atau merah, kalau kalian tahu baju akatsuki, motifnya kurang lebih seperti itu.

Batik ini berasal dari Cirebon dan umurnya sudah sangat lama, konon batik mega mendung sudah ada sejak berabad-abad lalu, loh!

2. Batik Tujuh Rupa

Kalo yang satu ini berasal dari kota batik, Pekalongan. Sangat banyak motif batik yang diproduksi di Pekalongan. Elegan dan kaya akan warna menjadi ciri khas dari batik produksi Pekalongan.

Karena rupanya yang banyak maka dinamakan Batik Tujuh Rupa, dominasi motif tumbuhan dan hewan juga menjadi ciri khas batik Pekalongan.

Gak heran deh kalau Pekalongan di juluki Kota Batik karena seni dari Batiknya yang sangat berkesan.

Baca: Ini 5 Fakta Unik dari Mata Uang Baru Pecahan Rp 75.000, Jadi Rebutan Masyarakat!

3. Batik Parang Kusumo

Nah, yang ini juga merupakan motif batik yang paling mendunia juga, nih! Namanya Batik Parang Kusumo yang berasal dari Kota Solo.

Ciri khasnya adalah motif ombak yang biasanya dipadukan dengan warna klasik seperti cokelat tembaga dengan warna hitam ataupun warna klasik lainnya.

Motif ini menggambarkan sifat ombak yang senantiasa menghantam tebing dan karang tanpa lelah sedikitpun, yang merupakan simbol perjuangan dan usaha.

Wah, dalem banget ya maknanya Parang Kusumo ini!

4. Batik Sekar Jagad

Asalnya dari Solo dan Yogyakarta, Sekar Jagad bermakna keindahan yang mampu membuat siapapun terpana saat melihatnya.

Dalam bahasa Belanda “Kar”adalah Peta dan Jagad dalam Bahasa Jawa adalah Dunia, sesuai dengan namanya, Batik ini merupakan lambang keberagaman Batik yang ada di Dunia maupun di Indonesia sendiri.

Bentuk motifnya yang seperti kumpulan pulau juga menjadi alasan kenapa batik ini dinamakan Sekar Jagad.

Baca: Rekomendasi 10 Brand Tas Lokal dengan Desain Fashionable

5. Batik Palembang

Seperti yang sudah dibilang, kalau bukan hanya tanah Jawa aja, nih, yang punya ciri khas motif batik, tapi tanah Sumatera pun punya dan salah satunya adalah Palembang.

Ciri khas batik Palembang adalah mereka menghindari gambar fauna dan manusia yang dijadikan motif batik, jadi dalam batik Palembang kalian hanya akan menemukan gambar Flora yang menjadi motif utama.

Ini dikarenakan pengaruh dari beberapa kebudayaan China, Melayu, dan Kerajaan Islam, dikarenakan masyarakat menghormati masing-masing kebudayaan karena itu mereka menetapkan flora sebagai motif utama.

Flora yang ada pada motif batik juga dipadukan dengan berbagai macam warna yang indah, loh! Gak nyesel, deh kalian kalau beli batik Palembang!

6. Batik Singa Barong

Batik Singa Barong mempunyai arti “Singa Ajaib”ini berasal dari hewan mitologis yang berasal dari daerah Jawa. Batik ini berasal dari Cirebon.

Makna dari motif batik ini lebih menggambarkan simbol-simbol yang menjurus ke arah spiritual.

Batik ini juga memadukan beberapa macam agama seperti Islam, Hindu, Budha, dan juga Protestan yang menggambarkan keberagaman dan toleransi bersama.

7. Batik Gamolan

Makna kata Gamolan adalah alat musik khas daerah yang berasal dari Lampung, penggunaan motif Gamolan dalam batik ini digunakan untuk memperkenalkan alat musik Gamolan ke daerah luar Lampung.

Seperti motif batik lain yang berasal dari Lampung, batik Gamolan dikembangakan karena ingin memajukan bisnis kota Lampung sendiri agar kota Lampung dapat dikenal oleh masyarakat luas.

Alat musik Gamolan ini berasal dari daerah Lampung Barat tepatnya di Way Kanan.

Jadi, gimana ada motif batik yang membuat kalian tertarik? Atau jangan-jangan kalian udah punya salah satu dari tujuh batik di atas, nih? Komentar dibawah ya!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium