Covid

Model Bisnis Perusahaan Dan Perbankan Untuk Kemanusiaan di era Pandemi Covid -19

Respon tidak hanya untuk menghadapi tantangan bisnis tapi juga tantangan kemanusiaan jika terjadi bencana.

Featured-Image
A man in front of a screen with a red arrow (Unsplash/Frank Busch)

EMPATPAGI.COM - Dalam menghadapi tantangan bencana pandemi Covid - 19, terdapat perusahaan yang berkolaborasi dengan perbankan mengembangkan model bisnis untuk membantu menghadapi tantangan kemanusiaan.

Model bisnis ini untuk merespon terhadap tantangan yang dihadapi masyarakat menghadapi pandemi Covid - 19.

Dalam dunia bisnis, kemampuan untuk bereaksi dengan cepat adalah sangat penting.

Respon tidak hanya untuk menghadapi tantangan bisnis tapi juga tantangan kemanusiaan jika terjadi bencana.

Dengan adanya pandemi Covid -19, penting sekali untuk beraksi proaktif.

Semua bisnis di banyak negara menerapkan keahliannya untuk melihat dan menjawab tantangan masyarakat di masa pandemi.

Model Bisnis dan Perbankan di Situasi Pandemi

1. Kasus di Beberapa Negara

memories from world festival of youth and students
memories from world festival of youth and students (Unsplash/Vladislav Klapin)

Di Indonesia sebuah perusahaan perancang mode menyiapkan alat pelindung diri untuk para tenaga medis yang akan memberikan pelayanan kesehatan bagi para korban pandemi Covid - 19.

Baca: Cobaan vs. Hikmah dari Pandemi Covid-19

Sebuah perusahaan batik (kain traditional) membuat masker dari kain batik dan dijual kepada masyarakat dengan harga murah Rp. 5.000,- supaya terjangkau oleh masyarakat kecil.

Di Hong Kong, permintaan pasar akan masker telah melebihi penawaran dan menjadi benar benar kekurangan.

Melihat kesempatan untuk mendukung masyarakat, sebuah perusahaan distributor alat kecantikan internasional membeli 500 ribu masker standar untuk ruang operasi dari Korea.

Masker tersebut dijual di Hongkong dengan harga lokal jauh lebih rendah dari harga sebenarnya.

Di India, adanya "lockdown" tingkat nasional yang menutup pergerakan ekonomi, mengundang sebuah perusahaan untuk membagikan kotak bahan makanan kepada jutaan supir yang hampir kehilangan pekerjaannya.

Kotak makanan ini bisa mendukung kehidupan rumah tangga 4 orang selama dua minggu.

Penutupan semua kegiatan masyarakat karena pandemi di India telah mengundang aksi kemanusiaan sehingga para supir kehidupannya terjaga.

Disamping supir taxi, program ini juga sampai pada pengemudi becak Dan becak bermotor.

2. Kerja sama Perusahaan dengan Perbankan

Ilustrasi perbankan indonesia
Ilustrasi perbankan indonesia

Semua pelaksanaan bantuan kemanusiaan ini dilakukan bersama perbankan yang menyediakan dana bunga rendah serta dana tambahan (co-funding) untuk sukses nya program kemanusiaan ini.

Baca: Target Ekonomi Indonesia Di Masa Covid 19

Rata rata perusahaan yang melakukan bantuan sosial dimasa Pandemi bekerja sama dengan institusi keuangan yang biasa menjadi patner bisnis.

Kerjasama ini akan memperkuat dan mewarnai kerjasama perbankan dengan perusahaan di masa depan di era setelah pandemi.

Gerakan ini penting untuk memperlihatkan perhatian perusahaan dan perbankan yang selalu mendukung masyarakat, mendukung kehidupannya, dan aktivitas perekonomiannya.Perusahaan dan perbankan itu adalah bagian dari kehidupan masyarakat yang wajibmelakukan kegiatan Kegiatan kemasyarakatan diperlukan khususnya di masa adanya bencana.

Mereka selayaknya perlu selalu memperhatikan kepentingan customer dan juga para pegawainya. Perhatian diperlukan di kala keadaan aman dan di kala ada bencana.

Perusahaan dan perbankan itu harus beorientasi kepada masyarakat. Perusahaan dan perbankan perlu mendukung dan kerja sama untuk kegiatan pada waktu ada bencana seperti pandemi.

3. Kawasan Urban Padat Penduduk

The top view where i live for 24 years . Since i born im staying here . I would like thank my mother and dad to choose this place to stay. I really love the vibes. Every evening the sun set looks awesome so i planned to fly my drone and to see the view. It looks freaking awesome. I shared this picture to my neighbours, the really happy to see the top view of our home.
The top view where i live for 24 years . Since i born im staying here . I would like thank my mother and dad to choose this place to stay. I really love the vibes. Every evening the sun set looks awesome so i planned to fly my drone and to see the view. It looks freaking awesome. I shared this picture to my neighbours, the really happy to see the top view of our home. (Unsplash/Deva Darshan)

Biasanya kegiatan perusahan dan perbankan ada di kawasan urban yang padat penduduk. Kawasan ini adalah juga yang terserang dahsyat ketika terjadi pandemi Covid 19.

Di kawasan ini pula perusahaan dan perbankan memiliki daerah utama usahanya. Untuk itu mereka harus selalu memberi perhatian terutama pada waktu ada tantangan kemanusiaan.

Hubungan yang lebih kuat akan terjalin antara perusahaan dan perbankan dengan masyarakat ketika masyarakat diperhatikan.

Mereka perlu diperhatikan pada waktu mereka memerlukan dukungan dalam menghadapi cobaan dan penderitaan kemanusiaan.

Baca: Digital Nomaden ke Kawasan Wisata Dunia di Masa Covid - 19

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz