Cara Menghilangkan Karang Gigi di Rumah, Buat Kamu yang Takut ke Dokter Gigi!

Kurang pede saat tersenyum karena gigimu berwarna kuning?

Featured-Image
ilustrasi mulut

EMPATPAGI.COM - Sebelum hal itu terjadi, ada baiknya kita rajin membersihkan gigi agar bisa terhindar dari penumpukan karang yang disebabkan dari sisa-sisa makanan.

Kamu perlu tahu bahwa bakteri dalam mulut yang tak pernah hilang, bisa mengubah kandungan karbohidrat menjadi asam yang kemudian bercampur dengan sisa makanan dan air liur hingga menimbulkan plak gigi. Jadi, meski rajin menyikat gigi sekalipun, plak atau karang gigi bisa tetap muncul jika tak rutin dibersihkan.

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membersihkan karang gigi, yang termudah tentu saja berkonsultasi dan memeriksanya langsung ke dokter gigi. Meski begitu, kini sudah banyak produk-produk pembersih gigi yang diklaim bisa menghilangkan karang gigi dengan mudah.

Padahal, menggunakan bahan kimia untuk gigi punya potensi bahaya merusak lapisan pelindung gigi, dan merusak kondisi mulut. Nah, dengan metode yang lebih aman dan alami, kamu bisa menghilangkan karang gigi sendiri di rumah, yuk simak caranya!

Cara menghilangkan karang gigi dari rumah

Bubuk Soda Kue

sikat gigi soda kue
sikat gigi soda kue

Bisa ditemukan dengan mudah, kamu cukup mencampur soda kue dengan air sebagai bahan untuk menyikat gigi. Yup, cobalah basahi sikat gigi dengan cairan soda kue, kemudian gosok ke gigi dan gusi secara perlahan. Biarkan selama kurang lebih lima belas menit sebelum dibilas dengan cara berkumur.

Meskipun tidak terlalu enak, soda kue dapat menetralkan asam berbahaya dari mulut, seperti soda dan sisa makanan, serta bisa membunuh bakteri dan memutihkan gigi secara alami.

Vinegar (Cuka Putih)

cuka putih
cuka putih

Menggunakan vinegar adalah metode lain yang dapat menghilangkan karang gigi. Mulailah dengan mencampur vinegar dalam segelas air asin hangat. Kemudian, berkumurlah sehari sekali dengan larutan tersebut untuk membantu menghilangkan karang gigi yang telah terbentuk di daerah antara gigi dan gusi.

Cukup ambil dua sendok makan vinegar, dan campurkan ke dalam secangkir air hangat yang berisi larutan garam. Sifat asetat dalam vinegar diklaim sangat efektif dalam membunuh bakteri yang tidak diinginkan dan mencegah infeksi.

Baca: Jangan Panik! Kenali Warna Darah Haid Tergantung Periodenya

Menggunakan Kulit Jeruk 

kulit jeruk memutihkan gigi
kulit jeruk memutihkan gigi

Kulit jeruk juga merupakan cara yang bagus untuk menghilangkan karang gigi. Selain mudah, cara ini juga murah dilakukan karena kamu hanya perlu mengambil bagian dalam kulit jeruk dan menggosoknya di sepanjang gigi dan daerah gusi. 

Cara lain yang bisa digunakan adalah, dengan membuat pasta tumbuk dari bagian dalam kulit jeruk dan mencampurnya dengan air. Pasta ini kemudian dapat dioleskan pada gigi dengan sikat gigi. Vitamin C dan sifat antimikroba dari kulit jeruk mampu memotong gumpalan pada karang gigi dan plak, serta membunuh pertumbuhan mikroba pada gigi.

Well, itu tadi beberapa cara alami dan mudah yang bisa dilakukan untuk menghilangkan karang gigi dari rumah. Jika kurang meyakinkan dan takut, kamu bisa pergi menemui dokter gigi untuk perawatan yang lebih terpercaya. 

Baca: 5 Must Watch Film Netflix Tahun 2020!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz