Musik Klasik

Ini 5 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik, Katanya Bisa Mencerdaskan Otak!

Plus rekomendasi musik-musik klasik yang paling enak didengerin.

Featured-Image
Manfaat musik klasik

EMPATPAGI.COM - Seberapa sering sih kamu mendengarkan musik klasik? apakah rutin? atau malah jarang dan enggak tahu apa itu musik klasik? Dilansir dari Wikipedia.com, musik klasik merupakan istilah luas yang biasanya mengarah pada musiik yang dibuat di atau berakar dari tradisi seni Barat, dan musik orkes mencakop periode dari sekitar abad ke-9 sampai ke-21. 

Musik klasik dapat mempengaruhi siapa saja yang mendengarnkannya, musik ini dapat mencerdaskan otak dan masih banyak lagi. Menurut penelitian, musik enggak hanya membantu kita mengatasi rasa sakit, musik klasik juga dapat bermanfaat bagi kesehatan fisik dan mental kamu dalam banyak cara.

Memang paling the best tuh mendengarkan musik di jalan, pikiran jadi rileks dan mood pun bisa naik. Lalu apa saja ya manfaat-manfaatnya? Keep on scrolling!

5 Manfaat Mendengarkan Musik Klasik

1. Mengurangi risiko Stress

Woman Leaning On A Railing With Head Down
Woman Leaning On A Railing With Head Down (Pexels.com/Masha Raymers)

Saat mendengarkan musik klasik, beberapa organ tubuh kamu bisa mengalami efek yang menenangkan, seperti melambatnya debaran jantung juga pernafasan menjadi lebih dalam. Hal-hal tersebut terjadi karena saat kamu mendengarkan musik bergenre klasik, otak dipaksa melepaskan endorfin sehingga dapat menjadikan tubuh kamu lebih rileks.

Baca: Wajib ada di Playlist Lo! Ini 5 Band Indie Luar Negeri yang Terkenal Dengan Lagunya

Dan juga musik klasik bisa mengurangi stres dan menenangkan suasana hati. Lakukan terapi musik deh, karena cara ini termudah dan termurah untuk mengatasi stress dan kecemasan berlebih.

2. Memaksimalkan fungsi kerja otak kanan kamu

“You’re not creating if your not first enveloped with passion for your work”
“You’re not creating if your not first enveloped with passion for your work”(Unsplash/Jason Strull)

Manfaat kedua adalah berguna untuk meningkatkan fungsi kerja otak kanan kamu, sehingga fungsi daya otak kamu bisa seimbang.

Walaupun belum ada bukti bahwa bila mendengarkan musik klasik akan mencerdaskan otak, tetapi musik klasik digunakan banyak orang untuk salah satu cara terapi pada anak. Dan musik klasik juga dipercaya melatih sistem kerja otak kanan anak.

3. Meningkatkan Daya Ingat

Close Up Of Vintage Photographs
Close Up Of Vintage Photographs (Pexels.com/Susanne Jutzeler)

Musik klasik bisa membantu kamu dalam belajar keterampilan pendengar. Jadi ketika kamu mendengarkan musik bergenre klasik ini bisa merangsang jalur otak yang memproses penalaran spasial.

Jadi, kemampuan ini bisa membantu manusia belajar ilmu abstrak dan bisa menangkap memori-memori yang sudah tertumpuk bahkan terlupakan.

4. Meningkatkan IQ

Photo Of Head Bust Print Artwork
Photo Of Head Bust Print Artwork (Pexels.com/meo)

Sebuah studi menunjukkan kalau mendengarkan lagu klasik bisa mendorong bayi dalam kandungan untuk belajar membedakan berbagai jenis suara dan membantu memori mereka.

Baca: Ini 15 Lagu Underrated Ost Naruto yang Enggak Kalah Bagus Dari Lagu Utama!

Penelitian juga menjelaskan hasil, yaitu anak-anak yang mengambil pelajaran musik bisa menunjukkan kenaikan umum dalam bidang IQ lho. 

5. Bisa Menurunkan Tekanan Darah

Blue And White Zip Pouch
Blue And White Zip Pouch (Pexels.com/cottonbro)

University of San Diego pada tahun 2004 menunjukkan sebuah setudi bahwa mereka menemukan setelah mendengar musik klasik, pendengarnya memiliki tekanan darah yang lebih rendah dibandingkan sebelum pendengarnya mendengar lagu musik klasik.

Rekomendasi Lagu-Lagu Klasik Terpopuler dan Enak Banget Buat Didengerin

1. Nocturne in E Flat Major, Op.9 No 2 - Frederic Chopin

2. Cello Suite No. 1 in G Major BWV1007 - Mov. 1-3/6 - Johan Sebastian Bach

3. Minuet in A Major - Franz Schubert

4. The Carnival of the Animals - Camille Saint-Saëns

5. Ave Maria - Charles Gounod

Nah, berikut adalah beberapa manfaat dan rekomendasi mengenai lagu bergenre klasik. Apakah kamu tertarik untuk mendengarkannya?

Baca: 10 Lagu Barat TikTok yang Jadi Viral Banget, Pasti Auto Nyanyi!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium