Diet

Dari Rempah-rempahan, Ini 5 Obat Diet yang Alami

Cari obat diet yang ampuh tanpa berikan efek samping? Ini 5 obat diet yang alami!

Featured-Image
Ilustrasi rempah-rempah (Pexels.com/Miguel Á. Padriñán)

EMPATPAGI.COM –Memiliki tubuh yang ideal tentu merupakan sebuah impian bagi setiap orang, khususnya perempuan. Begitu pun kebalikannya, orang yang memiliki badan yang kurang ideal justru akan merasa insecure dengan berat badan serta lemak yang berlebih yang menempel di kulit tubuh mereka.

Ada banyak cara untuk menurunkan berat badan sehingga mencapai berat badan yang ideal. Cara tersebut antara lain dengan melakukan olahraga fisik, berdiet, hingga meminum obat diet.

Meskipun banyak tersedia obat diet yang bisa kamu beli di sejumlah apotik maupun online, namun tentunya obat diet tersebut bisa saja memberikan efek samping bagi tubuh.

Kabarnya, kamu pun bisa berdiet dengan mengonsumsi berbagai macam rempah-rempahan yang dipercaya baik untuk membakar lemak pada tubuh. Pastinya dengan mengganti suplemen obat diet kemasan dengan obat diet dari bahan alami, akan memberikan hasil yang berbeda pula.

Terkait hal tersebut, berikut adalah 5 obat diet yang berasal dari rempah-rempah yang bisa jadi obat diet alternatif buat turunin berat badan.

5 Obat Diet Alami

1. Jahe

ginger
Jahe (Unsplash/Don Shin)

Jahe merupakan salah satu jenis rempah-rempahan yang sering digunakan untuk bumbu masak. Banyak di antara para masyarakat tradisional sebagai obat dari berbagai macam penyakit.

Sejumlah penelitian pun menyebutkan bahwa jahe dapat dikonsumsi sebagai obat diet alami, lantaran kandungannya yang berkhasiat untuk menurunkan berat badan.

Jahe dapat meningkatkan metabolisme tubuh serta membakar lemak kotor pada tubuh, serta mengurangi penyerapan minyak pada tubuh dan menurunkan napsu makan.

  • Kupas kulit jahe
  • Cuci bersih jahe
  • Geprek jahe
  • Rebus dengan air hingga mendidih
  • Tambahkan madu dan lemon sesuai selera

2. Ginseng

Ginseng (heathline.com)
Ginseng (heathline.com)

Ginseng merupakan tumbuhan yang berasal dari daerah Korea Selatan. Ginseng pun banyak digunakna oleh negara lain, seperti negara Cina sebagai salah satu bahan dari berbagai jenis obat tradisional khas Cina.

Baca juga: Pengen diet singkat tapi turun banyak? Nggak salah lagi, pasti ini jenis diet yang kamu cari!

Ginseng pun dapat menjadi obat diet yang alami lantaran kandungannya yang ampuh dalam menurunkan berat badan, serta menghambat penyerapan lemak pada tubuh.

  • Beli ekstrak ginseng di pasar tradisional ataupun online
  • Gunakan 5 gram ekstrak ginseng per harinya (untuk 2x penggunaan per harinya)
  • Tuangkan ekstrak ginseng sebagai campuran teh ataupun air lemon

3. Teh Hijau

Bamboo Bamboo Whisk Board Bowls
Teh Hijau (Pexels.com/Pixabay)

Teh hijau dikenal baik dengan kandungannya yang kaya akan antioksidan yang baik untuk tubuh. Selain baik untuk kesehatan tubuh bagian dalam, teh hijau pun berkhasiat baik sebagai obat diet yang alami.

Teh hijau pun mengandung kafein di dalamnya, yang mana bekerja baik untuk memancing pembakaran lemak dan mengencangkan otot pada tubuh. Selain itu, teh hijau juga baik untuk mengurangi napsu makan, kamu bisa mengonsumsinya sekitar setengah jam sebelum makan.

  • Tuangkan 2 sendok makan teh hijau
  • Tambahkan segelas air panas
  • Tambahkan ¼sendok teh kayu manis (opsional).

4. Kapulaga

walpaper
Kapulaga (Unsplash/Mousum De)

Menjadi salah satu bahan yang cukup sering digunakan dalam penyedap masakan, kapulaga nyatanya ebrguna baik dalam menurunkan berat badan.

Baca juga: Bisa Untuk Diet, Ini 9 Manfaat Bunga Saffron!

Kapulaga membantu tubuh membakar lemak dengan cukup banyak. Selain itu, obat diet alami ini juga dapat mencegah pembentukan penyumbatan gas pada tubuh dari rasa kembung.

  • Tuangkan satu sendok teh bubuk kapulaga
  • Tambahkan segelas air panas
  • Tambahkan satu sendok makan daun serbuk teh hijau

5. Randa Tapak

Dandelion (thedailyworld.com)
Dandelion (thedailyworld.com)

Tumbuhan satu ini memang bukanlah jenis tumbuhan yang sering digunakan di dalam dapur, namun tumbuhan ini pun nampaknya dapat menjadi solusi alternatif dari penurunan berat badan yang alami.

Randa tapak atau dikenal dengan nama Dandelion ini dapat membantuk melancarkan pencernaan yang mana meningkatkan metabolisme lemak serta membantu mengurangi kolsetrol pada tubuh.

Mengandung banyak vitamin dan mineral, obat diet alami ini juga bekerja baik dalam meningkatkan pengurangan lemak jenuh melalui sistem pencernaan.

  • Minum teh dandelion sebanyak 3-4 kali sehari
  • Kamu bisa menambahkan daun dandelion sebagai campuran salad atau sup

Mengurangi berat badan dengan ampuh pun nyatanya bisa dilakukan dengan mengonsumsi obat diet tradisional yang berasal dari rempah-rempah. Itu lah kelima rempah-rempah yang dapat kamu gunakan sebagai obat alternatif dari rumah. Semoga bermanfaat!

Baca:

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium