Variasi Masakan

Bosen Ceplok dan Dadar terus? Ini 8 Variasi Masakan Telur yang Unik!

Kamu bisa memasak telur dengan variasi masakan yang anti mainstream.

Featured-Image
Variasi olahan masakan telur

EMPATPAGI.COM - Telur merupakan masakan yang rasanya lezat, mudah diolah dan juga bahan pangan bergizi tinggi. Biasanya hanya digoreng menjadi telur ceplok atau dadar udah enak banget dinikmati dengan nasi hangat, tinggal ditambah kecap dan saus sambal deh.

Namun kalau masaknya kayak gitu-gitu aja pasti bosan, cobain deh sesekali olah telur menjadi masakan yang unik agar enggak jenuh. Nah, kali berikut beberapa variasi olahan masakan telur yang bisa kamu cobain masak dirumah!

4 Variasi Masakan Telur yang Unik

1. Souffle Omelette

Masakan telur ini bertekstur lembut dan bikinnya pun sangat simple. Kamu hanya membutuhkan bahan masak 3 butir telur, ¼sdt kaldu jamur, ¼sdt lada, ¼sdt lada, 70 gram keju mozzarella parut, ½sdt paprika bubuk dan 1 sdt butter.

Cara memasak: pisahkan kuning dan putih telur, mikser putih telur hingga mengembang, untuk kuning telur masukan kaldu jamur dan lada lalu aduk sampai rata. Masukan kuning telur kedalam putih telur, aduk lagi hingga merata. Panaskan Teflon dengan api paling kecil, masukan butter dan ½bagian telur, bentuk bulat dan ratakan.

Baca: Ini 5 Kumpulan Resep Masakan Viral Ala TikTok, Gampang Banget Buat Cobain di Rumah!

Taburi atas telur dengan keju parut dan paprika bubuk. Tutup Teflon, tunggu kurang lebih 5 menit sampai matang. Setengah telur sisanya lakukan dengan cara yang sama.

Jadi deh, sajikan selagi hangat dengan sosis atau beef bacon. 

2. Cloud Egg

Sekilas terlihat seperti telur ceplok namun bagian putihnya versi lebih mengembang seperti awan dan bertekstur lembut. Bahan masaknya adalah 3 butir telur, 1/3 sdt garam, 1/3 sdt bawang putih bubuk, 1/3 sdt lada bubuk, ¼sdt oregano dan margarin.

Cara memasak: pisahkan putih dan kuning telur, kocok putih telur lalu masukan garam, bawang putih bubuk dan lada bubuk dengan mixer sampai kaku. Panaskan oven, siapkan Loyang yang sudah dioles dengan margarin.

Tata putih telur seperti telur mata sapi yang bulat, dan buat bagian tengahnya dengan bentuk cekung. Letakkan kuning telur dibagian cekung tersebut, taburi garam dan oregano. Panggang di oven sesuai dengan tingkat kematangan yang diinginkan. Masakan telurini bisa disajikan dengan sosis dan beef bacon juga.

3. Telur Geprek

Bukan ayam saja yang bisa dijadikan menu geprek, telur juga bisa kok. Masakan bertekstur renyah ini membutuhkan bahan masakan 3-4 butir telur, 1 ikat daun bawang iris halus, 9 sdm tepung terigu, 2 siung bawang putih, ½sdt garam, air secukupnya, 1 sdm tepung maizena, ¼sdt baking soda, 10 buah cabai rawit, minyak goreng secukupnya.

Cara masaknya: pecahkan telur dan kocok dengan irisan daun bawang, panaskan minyak dan buat dadar gulung tebal. Haluskan bawang putih, tuangkan air dan garam, masukan telur dadar sampai rata, gulingkan dengan tepung pelapis. Goreng telur balut tepung dalam minyak panas dan banyak, gunakan api paling kecil. 

Untuk sambalnya haluskan bawang putih, cabai rawit dan garam lalu ulek dicobek. Letakkan telur goreng crispy di atas cobek, kemudian geprek dengan sambal. Sajikan telur geprek dengan nasi panas.

4. Sup Telur

Pengan yang berkuah? Coba masakan sup telur ini deh. Bahan masaknya adalah 2 butir telur, 1 buah tomat potong dadu, 2 siung bawang putih cincang, 1 batang daun bawang iris halus, garam, kaldu jamur dan lada bubuk.

Cara masaknya: tumis bawang putih dan daun bawang hingga harum lalu masukkan tomat dan tumis hingga matang, setelah itu tuang air secukupnya. Kocok telur dan tuang ke dalam kuah tersebut saat sudah mendidih, biarkan 1 menit sambil aduk rata masukan garam, kaldu jamur dan lada bubuk sesuai dengan selera kamu. Masakan telur ini enak banget pas kamu lagi enggak enak badan.

5. Telur Crispy

Kalau telur crispy ini dijamin gampang banget dan cocok buat cemilan. Bisa juga buat makanan berat, tinggal ditambahkan nasi panas deh.

Bahan masaknya adalah 3 butir telur ayam, 4 sdm tepung serbaguna beri air secukupnya, 150 gr tepung serbaguna dan minyak goreng.

Baca: Ini 3 Resep Makanan yang Mudah yang Bisa Kamu Buat Saat Karantina Mandiri!

Cara masaknya: Kocok telur dan bikin dadar, masak hingga matang dan potong menjadi 6 bagian. Celupkan telur dadar tersebut ke adonan basah, lalu balurkan ke bahan adonan kering. Goreng telur dalam minyak panas dan api kecil dengan teknik deep fry. Goreng hingga warna kuning kecoklatan.

6. Pizza Mie Telur

Bahannya, siapkan 1 butir telur ayam, 1 bungkus indomie goreng, 1 sdm minyak goreng. Untuk topping siapkan 2 sdm saus sambal dan tomat, 2 buah bakso sapi iris tipis, 1 iris bawang bombay potong dadu, 1 batang sosis iris tipis, keju mozzarella dan 1 sdm minyak goreng.

Cara masaknya: rebus indomie lalu campur dengan bumbunya. Panaskan minyak goreng kemudian tumis bawang bombay dan topping hingga berubah warna. Bumbui tumisan dengan saus sambal dan tomat. 

Panaskan minyak goreng di wajan anti lengket, tuangkan telur ayam yang sudah dikocok, masukkan indomie goreng hingga menutupi seluruh permukaan telur. Balik telur dadar untuk mematangkan sisi atasnya, balik lagi telur dadar lalu tuangkan topping secara merata.

Taburi keju mozarella lalu tutup wajannya dan tunggu sampai keju meleleh sempurna, lalu angkat deh.

7. Chawan Mushi

Bahannya siapkan 2 butir telur ayam, 300 ml air kaldu ayam, 1 sdt kecap asin. 

Cara membuatnya: campurkan air kaldu dengan kecap asin, lalu aduk merata. Kocok lepas telur dengan sumpit dengan perlahan. Campur air kaldu ke kocokan telur lalu saring. Tuang ke mangkuk kecil yang tahan panas, kukus dengan api sedang selama kurang lebih 15 menit. Hias deh dengan irisan daun seledri.

8. Tamagoyaki

Sebenarnya ini adalah omelet telur, tapi ala Jepang dan Korea. Bahannya adalah 3 butir telur ayam, 1 sdm susu cair, 1 sdm wortel cincang halus, 1 sdm bawang merah dan daun bawang iris halus, 1/2 sdt garam dan merica.

Cara masaknya: kocok telur dengan susu kemudian saring, masukkan wortel, bawang merah, daun bawang, garam dan merica. 

Panaskan minyak goreng di wajan anti lengket dengan bentuk persegi panjang, masak 1/4 bagian telur hingga setengah matang. Gulung salah satu sisi telur, lalu olesi bagian wajan yang enggak tertutup adonan dengan minyak.

Tuangi lagi 1/4 adonan omelet ke samping omelet yang enggak digulung dan masak sampai setengah matang lagi. Gulung semua bagian, lalu lakukan lagi hal yang sama hingga adonan abis.

Tunggu omelet dingin, baru deh potong kecil-kecil seperti digambar. 

Itulah beberapa variasi olahan masakan telur unik yang bisa kamu coba dirumah. Gampang banget kan!

Baca: 5 Resep Olahan Singkong Unik, Bisa Jadi Menu Makanan Mewah Lho!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium