Tips

Untuk Pemula, Ini 5 Tips Gunakan Aplikasi Online Dating Dengan Benar

Tips biar nggak dighosting "match"kamu.

Featured-Image
Tips main aplikasi online dating (Pexels.com/Mental Health America (MHA))

EMPATPAGI.COM –Di era yang digital ini, banyak aplikasi yang memudahkan pengguna gadget untuk memenuhi kebutuhan mereka, mulai dari mempermudah mencari pekerjaan hingga mempermudah dalam mencari pasangan.

Beberapa tahun terakhir, banyak bermunculan aplikasi online dating, yakni aplikasi yang dikhususkan untuk kamu yang ingin berkenalan dengan orang asing dengan tujuan menjalin hubungan.

Munculnya aplikasi online dating ini kerap digunakan oleh individu mulai dari usia remaja, yakni mulai dari umur 18 tahun pada umumnnya.

Fitur yang biasa diberikan oleh sejumlah aplikasi online dating pun beraneka macam. Ada yang hanya menyediakan kolom foto dan bio, ada pula yang menyediakan fitur telepon dan video call.

Dengan fitur yang disediakan, tentu kamu perlu menggunakannya sebaik mungkin untuk bisa menjalin hubungan dengan orang baru.

Terkait hal tersebut, berikut Empat Pagi berikan tips menggunakan aplikasi online dating buat kamu yang lagi nyari jodoh!

Tips Jitu Gunakan Aplikasi Online Dating

1. Gunakan Foto Terbaik

Unsplash/Martin Péchy
(Unsplash/Martin Péchy)

Foto merupakan salah satu fitur yang pasti tersedia di setiap aplikasi online dating. Biasanya, kamu bisa mengunggah sejumlah foto di profile online dating kamu.

Untuk mendapatkan kesan yang baik, kamu bisa memasang foto-foto yang kamu anggap terbaik dari sekian banyak foto yang kamu miliki. Hal tersebut dilakukan guna menarik perhatian para pengguna lainnya.

Baca juga: Banyak Spot Instagenic, Ini 5 Rekomendasi Hotel Instagramable di Jakarta Selatan

Namun, kamu juga perlu memperhatikan dan memastikan bahwa foto yang kamu pajang bersifat tanpa editan, sehingga para pengguna lain tidak merasa tertipu dengan foto.

2. Gunakan Bio yang Menarik

Android Blur Cellphone Cellular
Ilustrasi mengetik bio (Pexels.com/Porapak Apichodilok)

Selain mencantumkan foto yang menarik, kamu juga bisa menuliskan bio yang menarik untuk menarik perhatian para pengguna lainnya.

Jika kamu orang yang humoris, kamu bisa menuliskan hal-hal lucu yang kamu tahu untuk menarik pengguna online dating lainnya.

Selain itu, kamu juga bisa membocorkan sedikit hint atau sekilas info mengenai dirimu seperti kesukaan kamu dan lain sebagainya untuk membuka obrolan.

3. Be Yourself

Woman Wearing Teal Off Shoulder Dress
Ilustrasi perempuan menjadi diri sendiri (Pexels.com/Dalila Dalprat)

Saat membuka obrolan dengan orang baru, tidak sedikit orang yang merasa canggung, terlebih jika kamu orang yang cenderung lebih introvert.

Jika kamu tertarik untuk menjalin hubungan dengan orang baru, kamu bisa membicarakan hal-hal yang kamu minati dan menanyakan hal yang lawan bicaramu minati juga.

Baca juga: 5 Cara Ampuh Membuat Pria Jatuh Cinta Lewat Chat

Namun perlu dicatat, bahwa kamu nggak perlu menjadi orang lain dengan berbicara sok asik atau lain sebagainya. Hal tersebut tidak akan membawa pembicaraan dan hubungan lebih lama.

4. Tentukan Niat Kamu

Man Wearing A Jacket Sitting On Brown Wooden Crate
Tentukan niat (Pexels.com/Martin Péchy)

Aplikasi online dating pada dasarnya ditujukkan untuk kamu yang single dan ingin menjalin sebuah hubungan atau sosok pacar guna menemani kehidupan sehari-hari. Namun, nampaknya banyak yang menyalahgunakan fungsi dari aplikasi online dating itu sendiri.

Ya, banyak yang menggunakan online dating untuk mencari FWB (Friends With Benefits), ONS (One Night Stand), ataupun hanya sekedar teman biasa.

Sebelum bermain, kamu harus tentukan tujuanmu dalam menggunakan aplikasi dating online. Jika kamu ingin mencari pasangan, maka kamu bisa memberitahukannya melalui bio kamu atau menjadikan hal tersebut sebagai topik pembicaraan saat sedang chatting.

Kamu juga perlu menanyakan hal yang sama pada lawan bicaramu.

5. Meet Up

Man And Woman Having A Tea Conversation
Meet up (Pexels.com/Burst)

Ini merupakan tahap akhir dari menggunakan online dating, yakni ketemuan. Tips untuk kamu dalam tahap ini adalah dengan berpenampilan tak terlalu berlebihan, layaknya penampilan kamu dalam profile kamu.

Sebelum bertemu dengan “match”kamu di aplikasi online dating, kamu pun bisa melakukan obrolan melalui telepon ataupun video call. Hal tersebut dilakukan untuk memastikan bahwa orang ini real, karena banyak profile yang menggunakan foto orang lain dalam profilenya.

Selain itu, tujuan lain dari melakukan obrolan melalui telepon atau video call adalah untuk memastikan bahwa match kamu sama seperti orang di balik ketikan pada chat di aplikasi tersebut.

Last but not least, hindari tempat pribadi saat bertemu untuk pertama kalinya. Kamu bisa bertemu di sebuah restoran atau cafe untuk menghindari hal-hal tak terduga terjadi.

Itu lah kelima tips untuk pemula yang ingin berkecimpungan dalam aplikasi online dating. Semoga bermanfaat!

Baca:

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz