Awareness

Ini Dia 5 Cara Ampuh Menciptakan Awareness pada Pasar!

Dalam berbisnis kita memerlukan peran konsumen untuk melakukan pertukaran value, tapi apakah konsumen itu sendiri sudah mengenal dan mengetahui keberadaan kita? yuk disimak artikel berikut!

Featured-Image
Awareness

EMPATPAGI.COM- Apakah awareness itu? Padanan kata “Awareness”itu sendiri dalam Bahasa Indonesia memiliki arti “Kesadaran”. Pada kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara jitu yang ampuh dalam memicu kesadaran khalayak umum ataupun customer dalam menyikapi produk atau jasa yang kamu tawarkan kepada mereka, apakah mereka pernah mendengar produk kamu? Pernahkah mereka mendengar merk dagang kamu?

Awareness pada pasar merupakan hal yang sangat krusial dalam perjalanan memulai ataupun menjalankan bisnis yang sedang berlangsung, kenapa seperti itu? Dikarenakan jika semakin banyak khalayak umum yang mengenal produk kamu, maka kemungkinan kamu akan dipermudah untuk meraih calon pembeli ataupun konsumen yang akan masuk ke proses analisa marketing yang lebih lanjut seperti proses funneling, yaitu tahap dimana orang mulai mengenal brand kamu, hingga akhirnya mau membeli barang atau jasa dari brand kamu, bahkan mengulang pembelian tersebut.

Selanjutnya, Bagaimanakah cara menciptakan awareness tersebut pada pasar yang menjadi tujuan segmentasi kamu? Nah berikut merupakan cara ampuh yang dapat kamu lakukan untuk meningkatkan awareness pasar!

5 Cara Ampuh Menciptakan Awareness pada Pasar

1. Website Bisnis yang SEO Friendly

Searching

Hampir semua orang pada zaman sekarang telah menggunakan Google sebagai search engine dalam mencari suatu hal apapun itu baik produk ataupun jasa. Jadi pastikan dan identifikasi keywords yang cocok dan relevan agar bisnis kamu muncul pada search engine.

Baca: Ini 5 Strategi Digital Marketing Terbaik Pada Startup yang Menjanjikan Kesuksesan!

2. Coba Bagikan E-book Gratis

Reading on an e-book reader

Nah, bagi kamu yang mempunyai bisnis dalam model jasa maka cocok untuk melakukan cara ini, sebelumnya identifikasi terlebih dahulu masalah secara umum yang dialami oleh target pasar kita, setelah itu buat e-book yang dapat memberikan mereka wawasan terhadap masalah yang mereka alami. Kamu dapat mengajak target pasar untuk mengunduh e-book tersebut pada website yang sudah kamu sediakan, dengan begitu kamu dapat mendapatkan e-mail mereka yang bisa kamu follow up.

3. Melakukan Direct E-mail

Unsplash/Yogas Design

Kamu dapat melakukan direct e-mail kepada target pasar dari e-mail yang telah kamu follow up, e-mail merupakan data berharga yang bisa kamu manfaatkan untuk melakukan promosi, penawaran, dll.

Baca: Ini Rahasia Perbedaan Antara Sales dan Marketing

Jangan sampai kamu mengganggu calon customer ya, hindari untuk melakukan aktifitas spamming, untuk melakukan strategi ini maka kamu harus memasang mindset untuk memberikan value yang terbaik bagi para calon customer melalui e-mail.

4. Social Media 

Checking message status

Social Media memang sudah tidak asing lagi didengar oleh khalayak umum dan hampir sudah semua orang memiliki social media, baik itu dari kalangan menengah ke atas sampai dengan menengah ke bawah. Buatlah social media dengan konten yang dapat menarik target pasar sesuai segmentasi yang telah dilakukan. Jangan lupa untuk membuat social media yang relevan dengan target pasar, dan valuable untuk mereka.

5. Online Ads

Online Ads

Pada zaman modern seperti sekarang ini untuk mengadalkan social media saja tidak cukup, karena konten yang bagus saja tanpa adanya penempatan ads maka akan zonk.

Mulailah menyiapkan anggaran untuk melakukan pemasangan onlineads, dengan begitu konten kamu dapat sering dilihat oleh khalayak umum dan juga kamu dapat bebas mengubah pengaturan iklan kamu agar dapat dilihat oleh orang yang tepat sesuai dengan target pasar yang telah ditentukan.

Nah, sudah paham kan? Kalau sudah maka kamu dapat mengaplikasikan 5 cara ampuh di atas pada bisnis yang kamu mulai atau juga yang sedang berlangsung. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam mengembangkan bisnis kamu lebih lanjut!

Baca: Enggak Pake Ribet! Ini Tutorial Mendapatkan Uang Dari Youtube Paling Mudah

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz