Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli

Ini Dia Pengertian Manajemen Menurut Para Ahli!

Dengan memahami dan belajar menerapkan prinsip-prinsip universal dari manajemen, kita akan cenderung unggul sebagai manajer di organisasi mana pun.

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Bill Davis, MA, CM, ketua program Forbes School of Business &Technology di universitas online The University of Arizona Global Campus, membagikan prinsip-prinsip perihal manajemen.

Menurut Steve Jobs, "Sederhana bisa saja lebih sulit daripada hal yang kompleks: Kita harus bekerja keras untuk menjernihkan pikiran untuk membuat suatu hal yang sederhana."

Dengan memahami dan belajar menerapkan prinsip-prinsip universal dari manajemen, kita akan cenderung unggul sebagai manajer di organisasi mana pun. Empatpagi.com akan mengulas perihal pengertian mendasar dari prinsip manajemen!

Fungsi dari Manajemen

Lima Fungsi Fundamental dari Manajemen
Lima Fungsi Fundamental Manajemen

Para manajer seringkali memandang pekerjaan mereka hanya sebagai orientasi tugas saja, padahal pandangan ini sangat tidak benar.

Pada tingkat yang paling mendasar, manajemen adalah suatu disiplin yang terdiri dari seperangkat lima fungsi umum: perencanaan, pengorganisasian,kepegawaian, memimpin, serta pengendalian. Kelima fungsi ini merupakan perangkat untuk menjadi manajer yang sukses.

Memahami fungsi fundamental akan membantu para manajer memfokuskan upaya pada aktifitas yang progresif. Berikut adalah lima fungsi fundamental dari manajemen:

1. Perencanaan 

UX Work: Woman's hands drawing a wireframe
UX Work: Woman's hands drawing a wireframe (Unsplash/Kelly Sikkema)

Ketika kita memikirkan perencanaan dalam peran manajemen, pikirkan tentang proses memilih tujuan dan tindakan yang tepat untuk dicapai dan kemudian menentukan strategi apa yang akan kita gunakan, tindakan apa yang akan diambil, dan memutuskan sumber daya apa yang diperlukan untuk mencapai tujuan.

Baca: Sukseskan Bisnis, Ini 8 Langkah Untuk Buat Digital Marketing Strategy!

2. Pengorganisasian

scrabble tiles and smartphone
scrabble tiles and smartphone (Unsplash/William Iven)

Proses membangun hubungan pekerja yang memungkinkan pekerja untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan suatu organisasi.

3. Memimpin

Unsplash/Clayton Cardinalli
(Unsplash/Clayton Cardinalli)

Fungsi ini melibatkan artikulasi suatu visi, memberikan energi kepada karyawan, menginspirasi dan memotivasi orang menggunakan visi, pengaruh, persuasi, dan keterampilan komunikasi yang efektif.

4. Kepegawaian

Unsplash/Sebastian Herrmann
(Unsplash/Sebastian Herrmann)

Merekrut dan memilih pegawai/karyawan yang kompeten untuk posisi dalam perusahaan (dalam tim dan departemen).

5. Pengendalian

Brainstorming over paper
Brainstorming over paper (Unsplash/Scott Graham)

Evaluasi seberapa baik kita dalam mencapai suatu tujuan, meningkatkan kinerja, mengambil tindakan. Gunakan proses sebagai suatu parameter untuk mengukur, membandingkan, serta membuat keputusan.

Baca: Mengenal Fungsi Manajemen Operasional, Rahasia di Balik Efektivitas Bisnis Sebuah Perusahaan

Tipe dan Peran Manajer dalam Organisasi

Unsplash/Austin Distel
(Unsplash/Austin Distel)

Struktur organisasi penting dalam memajukan bisnis, dan pasti setiap organisasi memiliki struktur. Tidak peduli jabatan spesifik organisasinya, organisasi berisi manajer lini depan, menengah, dan atas.

Posisi teratas dari tim manajemen puncak adalah CEO dan dewan direksi. Untuk dapat melihat struktur ini lebih jelas, kita dapat membayangkan suatu model piramida. Semakin kita bergerak ke puncak piramida, semakin sedikit manajer yang kita temukan. Semua peran manajemen ini memiliki tugas dan tugas khusus.

Menurut Jones dan George, "Peran manajerial adalah sekumpulan tugas spesifik yang diharapkan dilakukan oleh seorang manajer karena posisinya dalam sebuah organisasi." Keterampilan ini dapat diperoleh dengan gelar dalam manajemen organisasi.

Semua manajer hebat memainkan peran penting dalam model ini. Satu hal penting untuk diingat adalah dari Henry Mintzberg yang menunjukkan bahwa ada tiga jenis peran utama yang dimainkan semua manajer yaitu adalah keputusan, interpersonal, dan informasional.

Dalam peran keputusan, manajer dapat bekerja secara kewirausahaan, sebagai pengendali terhadap suatu masalah, pengalokasi sumber daya atau negosiator. Dalam peran interpersonal, manajer dapat menjadi figur, pemimpin, dan penghubung. Dalam peran informasional, mereka dapat memantau, menjadi penyebar atau juru bicara untuk berbagi informasi.

Mengetahui Jalan Suatu Bisnis

Unsplash/Jason Briscoe
(Unsplash/Jason Briscoe)

Manajer yang qualified dapat mengelola bisnis apa pun. Poin ini sebagian benar. Memang benar bahwa sebagian besar manajer adalah lebih mengarah ke generalis daripada spesialis. Namun, banyak manajer yang sangat sukses memulai karir mereka dalam peran spesialis.

Para manajer yang sukses dalam memimpin kru, departemen, divisi, dan perusahaan pasti memiliki pengetahuan yang kuat tentang bisnis (mereka sangat berpengalaman) dan pengetahuan yang kuat tentang prinsip-prinsip manajemen.

Calon manajer harus terlebih dahulu mempelajari karakteristik bisnis dengan melakukan analisa terhadap bagaimana setiap bagian organisasi bekerjasama untuk menjadi keseluruhan yang universal.

Manajer yang baik dapat menemukan suatu yang universal dalam bisnis dan memanfaatkannya untuk memajukan organisasi dan meningkatkan kinerja.

Baca: 6 Strategi Manajemen Rantai Pasok Terbaik untuk Bisnis Kamu!

Baca: 12 Rekomendasi Buku Tentang Marketing yang Cocok Buat Bahan Bacaan Marketer

Baca: Efektif Kembangkan Bisnis, Ini 5 Tips Untuk Tingkatkan Marketing Mix

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium