Impetigo

Badan Si Kecil Bintil-bintil? Waspada, Terjangkit Penyakit Menular!

Penyakit Impetigo pada umumnya menyerang anak-anak usia balita, yuk pahami lebih lanjut mengenai penyakit ini dan bagaimana pencegahannya!

Featured-Image
Badan Si Kecil Bintil-bintil? Waspada, Terjangkit Penyakit Menular!

EMPATPAGI.COM- Kita harus selalu waspada jika menemui ruam merah dan bintil-bintil berisi air pada kulit anak-anak kita. Selain cacar, Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (Perdoski) juga menjelaskan bahwa terdapat juga penyakit kulit yang sering menjangkiti anak-anak yang disebut Impetigo dengan ditandai bintil-bintil berair pada permukaan kulit anak.

Meski pada awalnya hanya berupa bintil-bintil kecil, penyakit ini ternyata bisa menjadi sangat serius. Yuk, pahami lebih jauh tentang penyakit ini demi menjaga Kesehatan si kecil!

Penyebab Penyakit Impetigo

Penyebab Penyakit Impetigo
Penyebab Penyakit Impetigo

Impetigo adalah merupakan penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri streptokokus atau staphylococcus, yang pasti berbeda dengan cacar air atau cacar ular yang disebabkan oleh virus varicella zoster.

Baca: Kuatkan Imun Si Kecil, Ini 5 Rekomendasi Vitamin C Terbaik Untuk Anak

Fase awal timbulnya penyakit ini pada anak-anak adalah mulai tampaknya luka terbuka atau lecet pada kulit yang sekilas mirip dengan penyakit eksim, luka bakar, dan kulit yang mengelupas lalu luka tersebut mulai dihinggapi oleh bakteri. Pada umumnya, Impetigo menyerang area kulit anak-anak pada bagian mulut, hidung, tangan dan kaki.

Impetigo Umumnya Menyerang Balita

Impetigo
Impetigo Umumnya Menyerang Balita

Memang penyakit Impetigo dapat menyerang semua kalangan umur, tetapi Perdoski telah mengemukakan bahwa biasanya penyakit ini pada umumnya menyerang anak-anak usia balita.

Balita memiliki interaksi fisik yang tinggi terhadap lingkungan sekitarnya, termasuk tempat bermain, maka dari itu penyakitImpetigo dapat dengan mudah menyerang anak-anak balita dikarenakan balita masih memiliki sistem imun yang lemah dan belum sempurna.

Penyakit Impetigo juga dapat menjangkiti para penderita penyakit kulit lainnya seperti eksim, dan juga menyerang area terbuka pada kulit penderita diabetes, luka bakar, ruam kulit, dan juga bekas gigitan serangga.

Penyakit Impetigo Ternyata Dapat Menular

Penyakit Impetigo Ternyata Dapat Menular
Penyakit Impetigo Ternyata Dapat Menular

Penyakit Impetigo dapat menular melalui pakaian yang dikenakan dan interaksi sentuhan langsung dengan kulit penderita infeksi Impetigo. Impetigo harus segera diatasi karena mobilitas dari penyebaran bakteri streptokokus atau staphylococcus begitu cepat.

Potensi penyebaran pada area kulit lain si kecil pun juga terbilang cepat karena si kecil mungkin menyentuh dan menggaruk area kulit lain yang merasa gatal. Untuk kasus penyakit Impetigo yang masih ringan, dokter akan menyarankan untuk mengolesi area yang terinfeksi dengan salep antibiotik saja.

Tetapi jika infeksi yang dialami berat dan sudah mencapai area kulit lain, maka dokter akan menyarankan untuk memberikan obat minum antibiotik bagi si kecil.

Gejala Impetigo

Jenis Impetigo
Gejala Impetigo

Berdasarkan pada gejalanya, Impetigo dibagi menjadi dua jenis yaitu Impetigo Krustosa (Crusted Impetigo) dan Impetigo Bulosa (Blisters Impetigo). Penyakit Impetigo paling umum adalah jenis Impetigo Krustosa yang ditandai dengan munculnya bercak luka basah kemerahan pada kulit.

Bercak kemerahan tersebut tidak terasa sakit namun seringkali bersifat gatal, setelah beberapa lama bercak merah tersebut akan beubah warna menjadi kuning kecoklatan. Impetigo jenis ini umumnya menjangkiti area kulit sekitar hidung dan mulut.

Baca: Rahasia Arti Lengkap Mimpi Menggendong Bayi

Impetigo Bulosa terindikasi dengan adanya tanda lepuhan kulit yang berisikan cairan bening atau nanah dan terasa sakit juga gatal. Si kecil akan mengalami demam dan terdapat pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar area infeksi.

Pencegahan Si Kecil Terhadap Penyakit Impetigo

Pencegahan Si Kecil Terhadap Penyakit Impetigo
Pencegahan Si Kecil Terhadap Penyakit Impetigo

Berikut adalah langkah yang tepat dalam melindungi si kecil dari penyakit Impetigo, apa saja itu? Yuk kita simak!

  • Rutin memandikan si kecil dengan menggunakan sabun berbahan antibiotik demi menjaga kebersihan kulitnya.
  • Jika terdapat luka pada area kulit si kecil maka rawatlah dengan baik hingga tidak adanya bakteri yang dapat menghinggap.
  • Minimalisir upaya si kecil untuk menggaruk area tubuh lain guna menghindari penyebaran pada area kulit yang tidak terinfeksi.
  • Menggunakan handuk, pakaian, dan sabun yang terpisah untuk masing-masing anggota keluarga.
  • Menghindari kontak fisik langsung dengan anggota keluarga yang terjangkit dengan penyakit Impetigo.

Baca: Langkah Untuk Mengetahui Masalah Kemandulan Pada Wanita!

Baca: Telat PMS? Ini 5 Cara Agar Cepat Haid Dengan Mudah dan Aman!

Baca: 7 Makanan yang Baik Untuk Ibu Hamil, Jaga Janin Dalam Kandungan!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium