Fintech

Perbankan Punya Waktu 10 Tahun Lagi Sebelum Tergilas Fintech

Fintech menjadi solusi alternatif layanan keuangan karena menawarkan kemudahan dan kecepatan layanan keuangan.

Featured-Image
Ilustrasi perbankan indonesia

EMPATPAGI.COM -"Financial technology" (Fintech) adalah teknologi yang mempermudah transaksi keuangan. Untuk mereka yang membutuhkan dana, mengelola dana dan ingin melakukan transaksi lainnya, semua layanan ada di HPmu.

Fintech menjadi solusi alternatif layanan keuangan karena menawarkan kemudahan dan kecepatan layanan keuangan.

Pemilik "smartphone" jauh lebih banyak daripada jumlah nasabah perbankan, jadi Fintech akan mendukung perbankan dalam mencapai inklusi keuangan untuk memenuhi hak masyarakat mendapat layanan keuangan.

A. Solusi alternatif Keuanganmu

Lebih mudahnya mendapatkan layanan keuangan dengan Fintech yang didukung oleh "smartphone" menjadi kan Fintech sebagai solusi alternatif layanan keuangan yang diperlukan nasabah. Meminjam dana mudah, transfer uang mudah, dan semua layanan sudah ada di tangan masing-masing melalui HPmu.

Nasabah tidak perlu melakukan perjalanan ke perbankan yang mungkin banyak memakan waktu dan enerji.

Baca: Bagaimana Perkembangan Internet of Things (IOT) di Era Digital?

Fintech juga sebuah alternatif solusi untuk mencapai inklusi keuangan yang akan memenuhi hak masyarakat untuk mendapatkan layanan keuangan.

Fintech menjadi solusi alternatif layanan keuangan, karena sudah tersedianya beberapa layanan perbankan di perusahaan Fintech.

B. Pertumbuhan Cepat Fintech

Pertumbuhan Fintech di Indonesia sangat cepat dengan munculnya bermacam macam Fintech baru.

Layanan nya beranekaragam meliputi sistim pembayaran, transfer dana, pinjam meminjam, pengumpulan dana dan lainnya.

Share layanan keuangan Fintech masih kecil, tetapi potensi pertumbuhan sangat tinggi. Hal ini disebabkan pengaruh teknologi dan preferensi nasabah.

Baca: Ini 5 Rekomendasi Aplikasi Pinjol yang Bisa Dicicil dan Aman!

Dari data Bank Indonesia, layanan transfer perbankan terus mengalami penurunan. Sedang kan layanan uang elektronik selalu meningkat.

Dengan adanya Fintech, transfer melalui bank turun hampir 20%. Jumlah uang elektronik naik dua Kali lipat, meskipun porsinya masih sedikit dibandingkan non elektronik.

C. Layanan inklusi Keuangan

Inklusi keuangan adalah hak setiap orang untuk mendapatkan akses Dan layanan keuangan murah terjangkau, tepat waktu, mudah dan nyaman.

Target nasional inklusi keuangan adalah 75%. Diperkirakan pencapaian masih dibawah 50%. Peran Fintech akan mendukung target 75% karena kepemilikan HP masyarakat sudah atau hampir mencapai angka 75 persen penduduk.

Seharusnya kita tidak membuat kontroversi antara Fintech dan perbankan. Keduanya memiliki peran dalam layanan keuangan. Akan tetapi, perbankan tetap harus berinovasi, seperti adanya e-banking Dan e-money, sehingga tetap dapat mempertahankan peranannya dalam layanan keuangan.

Baca: Selamat Datang Era Bank Digital

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz