Kecantikan

Serupa Tapi Tak Sama, Ini 7 Perbedaan Waxing dan Sugaring

Bingung pengen Waxing atau Sugaring? Berikut perbedaannya!

Featured-Image
Ilustrasi Ketiak (Unsplash/Billie)

EMPATPAGI.COM –Menghilangkan bulu pada badan merupakan hal yang biasa dilakukan oleh para perempuan untuk memepercantik penampilan. Untuk menghilangkan bulu pada tubuh tersebut, biasanya mereka melakukan wax.

Istilah waxing merupakan istilah yang cukup umum untuk didengar di dalam kalangan perempuan. Waxing ini dilakukan untuk mencabut bulu pada tubuh. Biasanya waxing dilakukan di area berbulu seperti ketiak, kaki, tangan, hingga bulu kemaluan.

Nggak hanya Waxing yang kerap beredar namanya, Sugaring atau Sugar Wax pun banyak ditemukan di berbagai salon kecantikan. Meskipun memiliki tujuan yang sama, yakni mencabut bulu pada tubuh, namun nampaknya kedua hal tersebut merupakan hal yang berbeda.

Terkait hal tersebut, berikut adalah perbedaan yang perlu kamu ketahui dalam dunia per-waxing-an, terutama untuk kamu yang pemula.

Perbedaan Waxing dan Sugaring

1. Komposisi Dalam Waxing dan Sugaring

Art Blur Color Delicious
Madu (Pexels.com/Pixabay)

Waxing biasanya memiliki kandungan yang cenderung lebih keras dibandingkan Sugaring. Ya, Waxing mengandung campuran bahan alami serta bahan kimia di dalamnya, sedangkan Sugaring biasanya hanya mengandung bahan-bahan alami seperti, gula, air, madu, dan lemon.

2. Ketentuan Penggunaan Waxing dan Sugaring

Person Cooking In Pot
Ilustrasi Melelehkan Wax (Pexels.com/cottonbro)

Bahan yang digunakan pada Waxing layaknya harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum digunakan ke tubuh, guna mencairkan wax tersebut. Berbeda dengan Sugaring, kamu nggak perlu memanaskan untuk mencairkan gula dari wax tersebut. Kamu bisa langsung mengaplikasikannya ke tubuh yang berbulu tanpa proses pencairan.

3. Efek Penggunaan Waxing dan Sugaring

Kemerahan (GHPNews)
Kemerahan (GHPNews)

Dalam proses pencabutan bulu pada tubuh ini tentu kamu akan merasakan efek samping dari tiap prosesnya.

Baca juga: Ini 7 Produk Pemutih Ketiak Terbaik Di Bawah 80 Ribu!

Pada waxing, kulit tubuh kamu akan mengalami kemerahan dan atau peradangan yang merupakan efek samping yang cukup umum dari penggunaan wax. Namun, kamu tentu bisa mencegah hal ini terjadi dengan penanganan khusus pasca Waxing.

Sedangkan pada Sugaring, kamu perlu mencabut pasta dari Sugaring tersebut secara menyeluruh. Jika tidak, kulit kamu mungkin akan mengalami iritasi. Selain itu, Sugaring cukup berbeda dengan wax lantaran pencabutan bulu tubuh yang tidak 100% tercabut.

4. Tingkatan Rasa Sakit

Unrecognizable Woman Showing Pain Spot On Back In Doctor Office
Ilustrasi Rasa Sakit (Pexels.com/Karolina Grabowska)

Dalam proses pencabutan bulu badan, tentu akan terasa sakit tanpa adanya pengecualian, begitu pun rasa sakit yang akan kamu rasakan dalam proses Waxing atau Sugaring.

Untuk kamu yang pemula, kamu dianjurkan untuk mencoba Sugaring sebagai langkah pertama untuk pencabutan bulu secara natural. Proses Sugaring tentu akan terasa menyakitkan, namun nyatanya tidak sesakit rasa yang akan dibuahkan oleh proses Waxing.

5. Cara Mengaplikasikan Waxing dan Sugaring

Sugaring (allure.com)
Sugaring (allure.com)

Meskipun sama-sama berguna untuk mencabut bulu, nyatanya cara untuk mengaplikasikan Waxing dan Sugaring pun berbeda.

Baca juga: Apa yang Harus Kamu Tahu Sebelum Melakukan Laser Hair Removal

Pada Waxing, biasanya diaplikasikan sesuai dengan arah rambut tumbuh dan ditarik berlawanan. Sedangkan pada proses Sugaring, kamu dapat mengaplikasikannya berlawanan dari arah rambut tumbuh, dan melepaskannya dari arah yang berlawanan pula.

6. Perawatan Pasca Waxing dan Sugaring

Woman Legs Relaxation Beauty
Gunakan Lotion Setelah Waxing (Pexels.com/Breakingpic)

Setelah melakukan Waxing, kamu perlu melakukan perawatan khusus pada kulit area bulu yang telah dicabut. Pada umumnya, kamu membutuhkan minyak atau lotion untuk mengangkat sisa wax dari kulit.

Berbeda dengan Sugaring, kamu nggak perlu ribet menggunakan minyak ataupun lotion untuk mengangkat sisa wax tersebut karena Sugaring dapat dibersihkan dengan air bersih lantaran bahannya yang didominasikan oleh gula.

7. Penggunaan Area Waxing dan Sugaring

Upset Woman Examining Skin In Small Mirror
Kulit Sensitive (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Waxing biasanya digunakan pada bagian tubuh yang cenderung tidak sensitif, seperti kaki, tangan, dan ketiak. Hal tersebut disebabkan oleh kandungan pada Waxing yang mengandung bahan kimia, sehingga tak cocok untuk kulit yang sensitif.

Untuk kamu yang punya kulit sensitif, maka Sugaring merupakan cara yang tepat untuk mencabut bulu pada kulit tubuh kamu. Tak hanya itu, Sugaring pun dapat digunakan untuk mencabut bulu pada wajah sekalipun.

Nah, itu lah sejumlah perbedaan antara Waxing dan Sugaring yang perlu kamu ketahui sebelum melakukan pencabutan bulu pada badan. Semoga bermanfaat!

Baca:

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium