One Piece: 10 Fakta Menarik dari Bebatuan Poneglyph!

Poneglyph memang memegang seluruh rahasia dunia One Piece, tapi seberapa banyak kita mengetahui bebatuan itu?

Featured-Image
One Piece: 10 Fakta Menarik dari Bebatuan Poneglyph!

EMPATPAGI.COM-Poneglyph adalah sesuatu yang sangat langka di dunia One Piece. Batu-batu ini sangat berharga karena memiliki potongan sejarah dari One Piece yang terukir di dalamnya. Bahasa yang digunakan pada Poneglyph ini tidak diketahui oleh dunia dan hanya beberapa orang yang memiliki kemampuan untuk memahami tulisan yang terpahat pada batu itu.

Masih banyak misteri mengenai tulisan dari batu Poneglyph yang belum diungkapkan. Namun, kita semua tahu bahwa isi dari Poneglyph itu adalah untuk membimbing seseorang menuju takdir mereka dalam menemukan One Piece di pulau terakhir Grandline, Laugh Tale. Berikut adalah pembahasan mengenai 10 fakta menarik dari bebatuan Ponelyph pada seri manga One Piece!

10 Fakta Menarik dari Bebatuan Ponelyph

1. Pengenalan

Poneglyph adalah unsur yang paling penting dalam cerita One Piece. Eichiiro Oda pertama kali memperkenalkan Poneglyph kepada para fans di chapter 202 manga One Piece, yaitu pada Arc Alabasta, Sedangkan di anime, pengenalan bebatuan Poneglyph muncul di episode 123.

2. Intisari Dari Poneglyph

Eiichiro Oda, pencipta manga One Piece yang menciptakan kata “Poneglyph”. Dari yang kita ketahui, Poneglyph memiliki maksud seperti “Teks Sejarah”yang pada dasarnya adalah menceritakan kejadian-kejadian terdahulu.

Baca: One Piece: 10 Fakta Mengejutkan dari Shanks Sang Kaisar Laut!

Setiap Poneglyph memiliki sedikit penjelasan mengenai sejarah yang telah diukir, hanya dengan mempelajarinya maka sejarah yang sebenarnya dari dunia One Piece akan terungkap.

Sejauh ini, hanya segelintir bajak laut yang berhasil mempelajari Poneglyph, dan ada juga yang hanya memburu batu Poneglyph tersebut sebagai panduan untuk menguasai dunia.

3. Pencipta Poneglyph

Karena Poneglyph adalah sebuah catatan sejarah, jelas sekali bahwa Poneglyph diukir pada permukaan batu dengan usia yang sangat tua. Poneglyph diketahui sudah ada sejak zaman Void Century di dunia One Piece.

Selanjutnya, baru-baru ini terungkap kepada para fans bahwa orang-orang yang mengukir Poneglyph adalah anggota Klan Kozuki di Negara Wano.Poneglyph telah diwariskan sejak lama, semua berkat Klan Kozuki dan upaya mereka untuk melestarikan sejarah.

4. Mereka yang Paham dan Bisa Membaca

Mempelajari Poneglyph dianggap tindakan kriminal di dunia One Piece berdasarkan hukum Pemerintah Dunia. Mereka yang mempraktikkan seni mempelajariPoneglyph diburu dan diberantas. Pemerintah Dunia memastikan bahwa semua cendekiawan Ohara yang benar-benar bisa membaca teks-teks Poneglyph harus dibunuh.

Satu-satu nya orang yang diketahui mempunyai kemampuan membaca Poneglyph adalah Nico Robin dari Bajak Laut Topi Jerami. Dia berasal dari Ohara juga dan seperti yang kita tahu, dia diburu oleh Pemerintah Dunia.

5. Tidak Dapat Dihancurkan

Poneglyph terbuat dari bahan asing yang tidak dapat dihancurkan. Diketahui bahwa anggota keluarga Kozuki mengukirnya pada periode Void Century. Namun, kita semua tidak tahu bagaimana tepatnya mereka melakukan pengukiran jika batu itu sendiri saja tidak dapat dihancurkan.

Baca: One Piece: 10 Fakta Tersembunyi Trafalgar D. Water Law!

Karena sifatnya yang memang tidak bisa dihancurkan, Pemerintah Dunia pun juga tidak dapat menghancurkan batu-batu Poneglyph ini. Sebaliknya, mereka memilih untuk melarang mempelajari tentang Poneglyph ini dan mengancam seluruh dunia untuk tidak memiliki keterkaitan dengan Poneglyph, terutama menyembunyikan rahasia batu ini.

6. Tipe-tipe Poneglyph

Terdapat beberapa variasi Poneglyph yang telah kita lihat di manga One Piece sejauh ini. Poneglyph dapat diklasifikasikan menjadi tiga jenis yang berbeda. Tipe pertama adalah tipe “Sejarah”, yang memberi tahu pembaca pesan yang ditulis oleh orang-orang kuno di dunia One Piece.

Jenis Poneglyph kedua adalah “Instructional Poneglyph” dan batu-batu ini memberi tahu pengguna tentang lokasi Poneglyph lain. Jenis Poneglyph terakhir dikenal sebagai “Road Poneglyph”, batu ini sangat penting bagi mereka yang mencari lokasi pulau terakhir Grandline, Laugh Tale.

7. Road Poneglyph

Road Poneglyph sangat istimewa, dan mungkin sangat penting bagi para bajak laut yang mencari lokasi pulau Laugh Tale. Terdapat empat Road Poneglyph, dan jika seseorang menemukan keempatnya maka mereka akan mendapatkan lokasi pulau Laugh Tale.

8. Total Keseluruhan Jumlah

Selama Arc Whole Cake Island di One Piece, kita diberi tahu bahwa terdapat 30Poneglyph di dunia One Piece. Dari 30Poneglyph ini, 4 adalah Road Poneglyph.26 sisanya adalah Poneglyph Historis atau Poneglyph Instruksional.

9. Senjata Kuno

Dengan membaca Poneglyph sejarah, seseorang dapat mengetahui tentang lokasi Senjata Kuno One Piece. Poneglyph di Alabasta memberi tahu lokasi Senjata Kuno Pluton, sedangkan Poneglyph di Skypiea memberitahu lokasi Poseidon. Sejauh ini, lokasi Uranus masih belum diketahui.

10. Rio Poneglyph

Rio Poneglyph kemungkinan adalah Poneglyph yang paling penting di seluruh dunia One Piece. Menurut karakter Nico Robin, Rio Poneglyph berisi info seluruh sejarah dunia, karena membawa pesan dari semua Poneglyph yang telah melintasi seluruh lautan.

Baca: One Piece: 5 Karakter yang Mampu Mengalahkan Rocks D. Xebec!

Baca: One Piece: 10 Fakta Tentang Tenryuubito (Celestial Dragon) Musuh Para “D”

Baca: ONE PIECE: JOY BOY SI PENEMU “WILL OF D”SPOILER ALERT!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium