5 Tips Desain Rumah Minimalis, Cocok dengan Milenials!

Tren hidup minimalis menjadi sangat populer belakangan ini, mulai dari gaya berpakaian, makanan, dekorasi, hingga arsitektur rumah minimalis.

Featured-Image
Ilustrasi Rumah Minimalis

Dianggap cocok dengan kebutuhan dan gaya hidup modern, rumah minimalis menjadi solusi bagi para milenials yang ingin memiliki rumah meski terhalang keterbatasan lahan.

Arsitektur rumah minimalis didasarkan pada filosofi tentang bagaimana memaksimalkan desain melalui kesedarhanaan bentuk, ruang, materialitas, detail, hingga warna. Dalam industri home decor, konsep-konsep yang diekspresikan untuk rumah minmalis melibatkan pemilihan cermat untuk setiap bagian dan barang-barang pengisi rumah.

Bagi kamu yang tertarik memiliki rumah bergaya minimalis, berikut beberapa poin yang harus diperhatikan agar filosofi minimalis tetap terjaga dari segi bangunan dan interior rumah.

Poin Yang Harus Diperhatikan Untuk Rumah Minimalis

Fungsi

ilustrasi desain zen
ilustrasi desain zen

Rumah minimalis dirancang dengan fungsi yang mengedepankan ketenangan pikiran. Hal ini berarti, rumah minimalis cenderung memprioritaskan desain interior dibanding tampilan luar rumah. 

Penghuni rumah minimalis akan membuat keterbatasan ruang menjadi efisien. Meski rumah cukup kecil, ingat kembali pada fungsi dan rancang prioritas dengan mengedapankan desain dari dalam menuju bagian luar rumah. Umumnya, rumah minimalis akan menerapkan filosofi Zen dari arsitektur bergaya Jepang.

Ruang Terbuka

Ilustrasi ruang terbuka
Ilustrasi ruang terbuka

Keinginan untuk memaksimalkan penggunaan ruangan, biasanya bisa diterapkan dengan adanya ruang terbuka di dalam rumah. Bentuk bangunan dengan ruang terbuka akan memungkinkan pergerakan lebih bebas dan mudah antar ruang, serta mengurangi waktu yang dihabiskan untuk menjaga kebersihan rumah.

Rumah minimalis biasanya dirancang untuk memiliki banyak jendela demi memastikan ada banyak cahaya yang masuk. Berdasarkan filosofinya, cahaya bisa membuat penghuni rumah merasakan aura positif. Selain itu, dengan memaksimalkan masuknya cahaya ke rumah, kita bisa menghemat penggunaan listrik.

Baca: Nongkrong di Tengah Pandemi, 5 Tempat Ngopi di Kemang Ini Miliki Ruang Terbuka

Finishing

ilustrasi rumah minimalis warna polos
ilustrasi rumah minimalis warna polos

Rumah minimalis rata-rata akan memiliki finishing yang sangat sederhana. Meski hampir semua kategori desain dapat digunakan, rumah minimalis cenderung menekankan penggunaan warna polos dan bentuk garis-garis sederhana.

Maka dari itu, kita tidak akan menemukan perabotan atau furnitur bergaya klasik yang dipenuhi warna dan pahatan di dalam rumah bergaya minimalis. Dinding pada rumah minimalis, biasanya berwarna polos dan tidak menonjolkan corak yang terlalu berani.

Dekorasi Minimal

ilustrasi rumah minimalis dekorasi minimal
ilustrasi rumah minimalis dekorasi minimal

Rumah minimalis menggunakan dekorasi seminimal mungkin dan lebih mengedapankan fungsi barang. Misalnya, desain tangga pada rumah minimalis akan diubah menjadi lebih fungsional sebagai tempat penyimpanan, dan bukan sekedar hiasan.

Perlu diingat kembali pada fungsinya, rumah minimalis tidak membutuhkan dekorasi dan perabotan yang terlalu banyak, karena hal itu cenderung memakan tempat dan mengurangi fungsi awal rumah minimalis.

Baca: 5 Cafe dengan Smoking Area di Grand Indonesia

Maksimalkan Visual

ilustrasi rumah minimalis visual
ilustrasi rumah minimalis visual

Dibanding meletakkan banyak dekorasi dan perabotan, rumah minimalis akan memaksimalkan letak dan bentuk alami rumah untuk menciptakan visual yang indah. Pemilihan dekorasi perlu disesuaikan dengan bentuk bangunan sehingga karakter dan filosofi minimalis dapat tercapai.

Elemen-elemen alam menjadi salah satu dekorasi terbaik untuk mempercantik rumah minimalis. Beberapa dekorasi yang bisa memaksimalkan bentuk dan fungsi rumah di antaranya, lukisan kontemporer, cermin, rak kayu, hingga tanaman hias.

Perlu diingat bahwa rumah minimalis harus didasarkan pada fungsinya lebih dulu, baru kemudian mencari dekorasi yang sesuai dengan fungsi awal rumah. 

Baca: Staycation Enak Nih! Ke 5 Hotel di Jakarta Ini Aja

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensi.xyz