Takut iPhone Kamu Barang BM Karena Imei Ga Tembus? Begini Caranya Cek Imei iPhone!

Permasalahan imei memang menjadi salah satu kekhawatiran pembeli iPhone. Agar tidak ditipu, yuk kita lihat caranya cek imei!

Featured-Image

EMPATPAGI.COM- Sobat EMPATPAGI tau ga, sih, IMEI itu apa? Jadi, IMEI atau MEID untuk ponsel kalian berfungsi sebagai pengenal unik untuk perangkat itu.

Tidak ada dua perangkat yang memiliki IMEI atau MEID yang sama, jadi IMEI ini berguna banget untuk melacak ponsel yang hilang atau dicuri, atau pun mengetahui iPhone kita ori atau palsu.

Kalian dapat dengan cepat mengetahui nomor IMEI atau MEID ponsel kalian dengan berbagai cara berbeda, bergantung pada perangkat yang kalian miliki, lalu gimana aja, nih, caranya?

Baca: Tantangan Sistim Kuliah Era Digital

Begini Caranya Cek Imei iPhone!

1. Dengan menggunakan Dial Code

Sobat EMPATPAGI dapat memperoleh kembali nomor IMEI / MEID di hampir semua ponsel dengan menekan kode universal.

  • Tekan * # 06 #. kalian biasanya tidak perlu menekan tombol Panggil atau Kirim, kok, karena nomor IMEI / MEID akan muncul segera setelah kalian selesai memasukkan kode.
  • Kemudian nomor IMEI / MEID sobat EMPATPAGI akan muncul di jendela baru di ponsel kalian. Catat nomornya karena tidak mungkin untuk menyalin dan menempelkannya dari layar ponsel kalian.
  • Sebagian besar ponsel akan memberi tahu sobat EMPATPAGI jika itu adalah nomor IMEI atau MEID. Jika ponsel kalian tidak dapat memverifikasi nomor itu dengan memeriksa lebih dulu operator apa yang kalian gunakan.

2. Khusus untuk pengguna iPhone

Khusus seri Iphone 5 atau 6 series lihat belakang iPhone kalian. Karena 5 dan 6 series yang asli memiliki nomor IMEI yang terukir di bagian belakang ponsel, di dekat bagian bawah.

Step by Step IMEI iPhone
Step by Step IMEI iPhone

Jika kalian memerlukan nomor MEID, ambil nomor yang sama tetapi abaikan digit terakhir (IMEI adalah 15 digit, MEID adalah 14 digit).

Dan khusus bagi sobat EMPATPAGI yang menggunakan iPhone versi lebih baru,

  • Step pertama kalian buka aplikasi Settings. Ini dapat ditemukan di layar Utama iPhone kalian. Langkah ini berfungsi untuk iPhone atau iPad seluler apa pun.
  • Kemudian tap ke bagian General, dan pilih About.
  • Tap IMEI / MEID. Ini akan menampilkan nomor IMEI / MEID sobat EMPATPAGI.
  • Jika Anda ingin menyalinnya ke clipboard iPhone kalian, tekan dan tahan tombol IMEI / MEID di menu “About”selama beberapa detik.

Sebuah pesan akan muncul memberi tahu kalian bahwa nomor tersebut telah disalin.

3. Pengguna iPhone bisa menggunakan iTunes

Temukan IMEI / MEID sobat EMPATPAGI menggunakan iTunes. Jika iPhone kalian tidak mau menyala, kalian dapat menghubungkannya ke komputer dan menggunakan iTunes untuk melihat dan menyalin nomor IMEI / MEID.

  • Colokkan iPhone ke komputer Anda dan buka iTunes.
  • Pilih “My iPhone”dari menu Device di sudut kanan atas iTunes, lalu klik Summary Tab.
  • Klik bagian "Phone Number" di samping gambar iPhone kalian. Ini akan memperlihatkan nomor ID untuk perangkat sobat EMPATPAGI.
  • Salin nomor IMEI / MEID. Jika keduanya ditampilkan, periksa operator apa yang kalian gunakan untuk mengetahui nomor mana yang kalian perlukan.

Sebagai contoh apabila kalian menggunakan GSM kalian membutuhkan IMEI, sementara untuk CDMA membutuhkan MEID.

Baca: Enggak Perlu Pakai iCloud, Berikut Cara Melacak HP iPhone yang Hilang

4. Cara Mudah bagi pengguna Android

  • Pertama-tama, sobat EMPATPAGI buka menu Pengaturan Android. kalian dapat melakukan ini dengan mengetuk aplikasi Pengaturan di kolom search atau dengan menggunakan tombol Menu pada Hp kalian.
  • Lalu tap “About Phone”biasanya lokasi berada paling bawah dari menu settings, kemudian kalian tap lagi pada bagian “Status.”
  • Scroll sampai bawah hingga kalian menemukan entri MEID atau IMEI. Ponsel sobat EMPATPAGI memiliki keduanya.

Jadi, verifikasi lah yang mana yang kira-kira kalian perlukan dengan memeriksa operator GSM atau CDMA yang kalian gunakan

5. Lihat Kardus Handphone.

Cara mudah mengetahui IMEI/MEID lainnya adalah dengan melihat kardus Hp sobat EMPATPAGI. Karena apabila kalian membeli Hp dari Official Store atau distributor yang terpercaya, pasti kardus yang kalian dapat akan mencantumkan IMEI/MEID Hp kalian.

Mudah bukan mengetahui IMEI/MEID sobat EMPATPAGI?! Jadi, ayo langsung cek Hp kalian, biar ketahuan tembus apa engga, nih.

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium