Rekomendasi

Hidden Gems yang Recommended, Ini 10 Tempat Makan Enak di Jogja Untuk Pecinta Kulineran

Nyari tempat makan di jogja yang jarang orang tahu? Yuk baca rekomendasi berikut ini.

Featured-Image
Rekomendasi Tempat Makan di Jogja

EMPATPAGI.COM - Yogyakarta atau biasa dibilang Jogja adalah kota pelajar dan tempat wisata ini juga dikenal dengan kulinernya yang sangat menggugah selera. Bicara soal makanan dan kuliner, yang terkenal dari kota ini adalah gudeg dan bakpia, namun ternyata banyak makanan lain yang enggak kalah enak dan legendaris banget lho.

Namun tempat makan enak di Jogja ini terselip di gang-gang kecil dan memang sedikit orang yang tahu. Penasaran apa saja? Yuk baca artikel ini sampai selesai!

10 Tempat Makan Enak di Jogja Untuk Pecinta Kulineran

1. Sate Ratu

View this post on Instagram

Lihat, betapa warna merah itu sungguh menggoda...⁣ ⁣ Aaahhh...pasti pedes banget !⁣ Salah, Sate Merah Sate Ratu nggak sepedes itu kok, ⁣ buktinya sampe sekarang nggak ada satupun bule, yang kepedesan dan nggak ngabisin satenya...⁣ ⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Simpan nomor kami 08155556666⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ anda akan memerlukannya beberapa bulan kedepan!!⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ @Sateratu, ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ kesukaan turis mancanegara dan Indonesia.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Hingga kini sudah dikunjungi tamu dari 85 NEGARA.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ JUARA NASIONAL ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Unilever Food Solution⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Ngulik Rasa 2019, ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Kategori Sate.⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ Travellers’Choice Award 2020 Trip Advisor⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ ⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣⁣ #sateratu⁣ #sateratujogja⁣ #videomakanan ⁣ #masakanharian ⁣ #laperbanget ⁣ #laperbener ⁣ #yukmakan ⁣ #makanannusantara ⁣ #indonesiafood ⁣ #doyanjajan ⁣ #lupadiet ⁣ #videomasakan ⁣ #ngemil ⁣ #lapar ⁣ #fotomasak ⁣ #jajanpasar ⁣ #kumpulanresepmasak ⁣ #infodiskon ⁣ #resepayam ⁣ #resepmakanannusantara⁣ #cemilanmalam ⁣ #menusehat ⁣ #masakanharian ⁣ #laperbanget ⁣ ⁣ I⁣ ⁣ ⁣ ⁣

A post shared by Sate Ratu:Kuliner-Food | Jogja (@sateratu) on

Menu andalannya adalah sate Merah, sate ini merupakan olahan sate ayam yang direndam bumbu merah hingga tiga jam lalu dibakar sampai caramelized. Bahkan sate ini pernah menjadi finalis kompetisi Bango dan BEKRAF, lho.

Sate yang rasanya pedas dan gurih ini harganya cukup terjangkau, yaitu Rp 23k untuk 6 tusuk sate yang potongan dagingnya besar.

Lokasi: Kawasan foodcourt Jogja Paradies, Jl Magelang, Yogyakarta.

2. Mangut Lele Mbah Marto

View this post on Instagram

A post shared by mangutlele_mbahmarto (@mangutlele_mbahmarto) on

Tempat makan ini memang suka membuat pengunjungnya tersesat karena lokasinya yang tersembunyi. Mangut lele ini mempunyai menu digoreng dan diasap, rasanya pedas gurih dan enak yang membuat semua orang bakalan kangen.

Baca: Sushi Lover Merapat! Ini 5 Rekomendasi Tempat Makan Sushi Yang Recommended di Jakarta dan Tangerang

Bagaimana enggak lezat, sebelum dimasak ikan lele dibumbui terlebih dahulu dan dimasak diatas tungku kayu bakar. Kebayang kan rasa autentiknya!

Lokasi: Jl. Sewon Indah, Ngireng-ireng, Panggungharjo, Kec. Sewon, Bantul, Yogyakarta.

3. Tengkleng Gajah Sleman

Warung ini dikenal dengan nama Tengkleng Gajah karena porsi tengklengnya disajikan cukup besar. Selain menu tengkleng gajah, diwarung ini juga mempunyai menu nasi goreng kambing, gulai kambing, tongseng kambing dan tongseng kepala kambing yang bisa dipilih untuk disajikan biasa atau digoreng terlebih dahulu.

Pengunjung pun bisa memilih rasa sesuai seleranya masing-masing, tergantung apakah mereka suka manis, pedas atau gurih. Harga mulai dari Rp 37k perporsi.

Lokasi: Jl. Kaliurang Km 9,3 Bulurejo, Minomartani, Ngaglik, Yogyakarta.

4. Bakmi Jawa Pak Gembel dan Kopi Lhiyud

View this post on Instagram

Tau sih kalo udah malem, tapi kayaknya nyetanin netijen sama BAKMI JAWA CAMPUR KAYAK GINI ASIQUE DEH!!! 🤤😍😂😜💦 . Dingin-dingin gini menghangatkan diri pakai bakmi jawa itu welly!!! Apa lagi pas laper... jadi enak banget pastiii 😍☺️ ________________________________ 🏠 Bakmi Jowo Pak Gembel 📍 Jl. Kabupaten, Yogyakarta (Jadi satu tempat sama Kopi Lhiyud) 💰 Idr 16.000 ____________ Lestarikan kuliner Indonesia yuk! 🇮🇩 . TAG TEMEN JAJAN KALIAN!!!!! •••••••••••••••••••#riderkulineran #teamrklrn #delicious #foodgram #foodstyle #foodstory #foodporn #foodpic #instafood #foodlover #foodgasm #foodblogger #foodblog #kuliner #kulinerjogja #makanjogja #foodphotography #foodpassion #kulineraddict #dietmulaibesok #wowkuliner #bakmijowo #kulinermurahjogja #kulineryogya #jogja #jogjaku #wonderfuljogja #explorejogja #bakmijawapakgembel #indonesianfood

A post shared by Kevinnn (@riderkulineran) on

Bosen dengan pilihan bakmi Jawa yang gitu-gitu aja? Mending kamu cobain deh ke Bakmi Jawa Pak Gembel. Tempat makan ini memiliki suasana tempo dulu yang rasanya berbeda karna memiliki bumbu rempah sendiri.

Oh iya, ada juga Kopi Tarik dan Teh Tarik khas Aceh yang wajib kamu coba. Harga perporsinya dimulai dari harga Rp 16k.

Lokasi: Jl. Kab Ngawean, Trihanggo, Gamping, Sleman, Yogyakarta.

5. Soto Sampah

Soto ini dinamai soto sampah karena penampilannhya yang acak-acakan, tapi rasanya enak banget. Warung yang sudah berdiri sejak tahun 1970 ini tetap mempertahankan ciri khas yaitu bumbu yang diulek dengan tangan.

Baca: Rindu Kampung Halaman? 5 Restoran Ini Sediakan Makanan Khas Jawa Tengah

Ohiya, warung makan ini buka 24 jam lho. Harga perporsinya dimulai dari harga Rp 7k aja, murah banget!

Lokasi: Jl. Kranggan No.2, Pasar Kranggan, Cokrodiningratan, Jetis, Yogyakarta.

6. JiwaJawi

View this post on Instagram

Makanan enak itu hanya ada dua kemungkinan;Pertama, karena memang mutlak enak dan mendapat pengakuan komunal. Kedua, yang lebih bersifat subyektif, karena menyangkut memori. Dulu, saat tanggal muda, Ibu sering masak makanan berbahan dasar sapi. Selain sup buntut, yang jadi favorit adalah iga bumbu rujak. Daging iga empuk berbalur bumbu asam-pedas-manis yang sangat legit, makin sedap oleh aroma asap bakaran. Cukup dinikmati dengan nasi hangat saja sudah bisa jadi pelipur kesuntukan rutinitas harian. Apa lagi kalau dilengkapi dengan acar kuning segar yang harum karena daun kari, sayur megono dan sambal bawang terasi. Betul-betul momen perayaan bagi indra pengecap yang dulu hanya bisa dinikmati sebulan sekali. Kini, Jiwajawi mencoba untuk berbagi pengalaman tersebut agar kalian tak sekadar mengimajinasikan rasanya, namun juga bisa mencecap betapa sedapnya hidangan ini. Tak hanya sebulan sekali, tapi tiap hari pun bisa dinikmati. Menu ini, dibuat sesuai resep Ibu. Semoga bisa mengembalikan lagi indahnya memori-memori itu. #JiwaJawi

A post shared by JIWAJAWI (@jiwajawijogja) on

Lokasinya emang enggak dekat sih dengan pusat kota, cocok buat kamu yang ingin makan dengan suasana tenang dan jauh dari hingar bingar suara kendaraan. Dan juga lokasinya memang beneran di desa dan sedikit masuk ke gang.

JiwaJawi ini menawarkan menu yang lumayan variatif, semuanya Indonesian food ala masakan rumahan. Minumannya juga tersedia berbagai macam minuman tradisional.

Kalau kamu kesini, kamu wajib sih cobain Ayam Suwir Kecombrang karena rasanya enak dan tasty banget!

Lokasi: Jl. Bangunjiwo Podo Asih, Salakan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul.

7. Uma Yumcha Dimsum

Dimsum ini dijual di Pasar Condonegaran dan dibanrol satu dimsumnya hanya Rp 3 ribuan aja lho. Dimsumnya beragam banget isinya, ada ayam, jamur, udang, daging asap dan kepiting.

Bertempatan di pasar tradisional dan hanya menggelar elsehan, enggak membuat tempat makan enak ini sepi pengunjung lho.

Lokasi: Jl. Kp. No.980, Gedongkiwo, Kec. Mantrijeron, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

8. Ayam Goreng Mbah Cemplung

View this post on Instagram

Open PO ingkung ala "Mbah Cemplung " Untuk hari Selasa tgl 12 Maret 2019 dm/wa ya gaes ....

A post shared by mbahcemplung (@mbahcemplungsembungan) on

Ayam goreng mbah Cemplung ini akan membuat kamu merasakan ayam yang gurih dan asin. Ayam kampungnya memang empuk banget, dan juga enak.

Banyak yang mendatangi tempat makan enak di Jogja ini walaupun ribet jalanannya untuk didatangi.

Lokasi: Jl. Sembungan No.05, Sembungan, Bangunjiwo, Kec. Kasihan, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta

9. Entok Slenget

Mencari entok untuk kulineran memang susah banget kamu temuin di Jojga. Nah, ada nih sebuah warung yang menyediakan masakan dengan bahan baku daging entok.

Letak tempat makan ini jauh dari kota, tapi ramai pengunjung karena rasanya yang enak dan menjadi buruan para penggila kuliner di Jojga.

Lokasi: Jl. Pakem - Turi, Pules Lor, Donokerto, Kec. Turi, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

10. Gudeg Pawon

Warung gudeg ini dinamakan Gudeg Pawon karena melayani pembelinya langsung didalam dapurnya alias pawon. Daging ayam kampungnya empuk banget, dan juga rasa gudegnya enggak terlalu manis dan legit banget.

Antrian ke gudeg Pawon ini selalu mengular panjang sampai lorong depan sampai ada tulisan peringatan untuk menuntun motor.

Lokasi: Jalan janturan UH/IV No.36, Warungboto, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta

Nah, berikut adalah rekomendasitempat makan di Jogja untuk pecinta kulineran. Jadi, tempat makan mana yang udah kamu masukin ke list kulineran?

Baca: Ini 15 Rekomendasi Kuliner Non Halal Legendaris di Bali, Nyesel Kalo Nggak Cobain!

Komentar

Trending

RegisterForgot Password
Ekstensium